Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda

Prasetyo · 11 Mei, 2022 10:07

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 01

  • Ini adalah BYD Denza D9 yang diposisikan sebagai MPV besar premium.
  • Mesinnya ada hybrid plug-in dan EV.
  • Interior mewah dan teknologinya kekinian.

Ketika membicarakan sebuah mobil jenis MPV namun di kelas premium, biasanya orang akan langsung menyebut nama Toyota Alphard. Walaupun sebenarnya Toyota punya model yang setingkat di atasnya yaitu Lexus LM.

Nama Toyota Alphard memang sudah begitu melekat sebagai pilihan mobil keluarga ekonomi mapan. Kemewahan, kenyamanan di dalam kabin buat seluruh penumpang, serta tersemat berbagai teknologi kekinian jadi andalannya.

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 02

MPV premium berpintu geser elektrik

Tapi kalau melihat mobil yang ada di di artikel ini, mungkin Anda akan menganggap Alphard kalah mewah dan kalah canggih. Namanya Denza D9, ini adalah MPV luxury buatan BYD, perusahaan otomotis asal Cina. Dan rencananya BYD Denza D9 bakal resmi dirilis 16 Mei 2022 mendatang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Meski belum resmi dijual, namun foto-foto ekasterior dan interior, serta spesifikasi teknisnya sudah diumumkan. Dan diprediksi banderol dari Denza D9 akan lebih murah dari harga Toyota Alphard.

Baca juga : Rival Baru Toyota Alphard Debut April 2022, Fiturnya Lebih Canggih Mesin Full Elektrik

Ada Versi Hybrid Plug-in dan Full Electric

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 01

Tampilan belakang BYD Denza D9

Keunggulan Denza D9 yang pertama dibanding Alphard adalah dari sisi sumber tenaga. BYD menawarkan dua versi mode penggerak, yakni hybrid plug-in dan full electric (EV). Keduanya diklaim akan pakai teknologi ultra-high thermal efficiency engine dan EHS electric hybrid system.

Meski tidak dijelaskan seperti apa teknologi ini, namun BYD menjanjikan baterai yang terpasang di D9 menyajikan tingkat kekuatan baru dari lini produk elektrik yang selama ini sudah dimiliki perusahaan. Bocorannya, menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive, MPV ini memiliki torsi lebih dari 600 Nm.

Desainnya Mirip Toyota Alphard

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 02

Interior BYD Denza D9

Tidak bisa dipungkiri jika D9 masih ada sedikit "nuansa" Alphard. Ini terlihat dari bentuk grill depan yang super besar hingga ke area bemper bagian bawah. Tidak seperti mobil listrik pada umumnya, grill ini tetap diberi rongga-rongga untuk asupan udara.

Kedua lampu utamanya juga terlihat tajam, kemudian di bagian bawah ada rongga foglamp cukup besar yang lampunya sendiri model LED yang diposisikan horizontal. Di area ini juga diberi aksen chrome sehingga terlihat mewah.

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 03

Pola jahitan pada jok menunjang kemewahan

Nuansa chrome juga menjalar ke bagian bodi samping. Antara lain sebagai body cladding, serta ditepian bingkai kaca jendela. Siluet bodinya terlihat ramping dengan atap berdesain rata. Sementara pintu penumpang belakang pakai model geser elektrik.

Dibagian belakang kesan mewah juga tetap terasa kental. Ada spoiler di atas kaca, aksen chrome pada bemper bagian bawah, serta bentuk lampu yang dibuat menyatu antara kiri dan kanan. Ketika lampu menyala pun terlihat pola yang sangat unik.

Baca juga : Toyota Alphard Makin Tak Terjangkau? Ada Refine L6 MAX 2022 dengan Harga Setengahnya

Tawarkan Kabin Mewah High Tech

 

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 04

Jok baris kedua ada arm rest dengan wireless charging

Dari sisi interior, konsumen akan disajikan tema warna putih dan hitam. Pola jahitan pada jok turut menawbah kesan lux. Berkonfigurasi 2+2+3, jok penumpang baris kedua dilengkapi arm rest yang masing-masing tersedia fitur wireless charging. 

Tak ketinggalan masing-masing penumpang di baris ini juga disediakan monitor multimedia yang bis amenyajikan tampilan berbeda. Jangan khawatir untuk membawa minuman, majalah, atau gadget lain selama perjalanan. Karena sangat banyak ruang penyimpanan di kursi tengah.

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 05

Ada layar infotainment individual

Untuk jok baris ketiga memang tanpa arm rest, namun posisi sandaran punggung masih bisa sedikit dimiringkan. Kalau bawa banyak koper, jok ini pun dapat dilipat untuk menghasilkan ruang bagasi yang lapang.

Kokpit Full Digital

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 06

Memiliki BYD Denza D9 bukan berarti cuma nikmat duduk di kursi penumpang belakang. Karena area pengemudi juga tak luput dimanjakan beragam teknologi kekinian. Misalnya di balik kemudi ada panel instrument LCD 10,25 inci yang semua menunya bisa diakses dari tombol pada setir.

Lantas pada dasboard ada monitor besar ukuran 15,6 inci. Dilengkapi sistem interaksi cerdas bernama Denza Link, semua keutuhan berkendara ada di perangkat ini termasuk peta navigasi dengan tampilan 3D. Pengoperasiannya pun sanggup lewat perintah suara.

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 07

Tombol-tombolnya model sentuh

Dikonsol tengah ada tuas transmisi berbentuk sangat futuristik. Dibagian sisinya terdapat beberapa tombol sentuh untuk memfungsikan sejumlah fitur di mobil tersebut. Antara lain Electric Parking Brake, membuka atau menutup kaca jendela, serta memilih mode berkendara.

Harganya Gak Sampai Rp1 Miliar

Intip Saingan Baru Toyota Alphard yang Lebih Mewah, Harganya Juga Menggoda 08

Alternatif MPV mewah selain Alphard

Terakhir bocoran harganya, dikutip dari Autohome, Rabu (11/05/2022), mobil ini diperkirakan bakal dipatok di harga mulai dari 450.000 yuan atau kira-kira Rp973,3 juta.

Kalau membandingkan dengan harga Toyota Alphard terbaru di Indonesia MPV mewah itu ada di rentang Rp1,14 miliar - Rp1,57 miliar. Sementara harga Toyota Vellfire Rp1,31 miliar dan Rp1,32 miliar. Untuk harga Lexus LM lebih mahal lagi, yakni Rp3,06 miliar yang varian 4 seater, dan Rp2,42 miliar yang tipe 7 seater.

Baca juga : DFSK Voyah MPV 2022 Dirilis, Tawarkan Kemewahan yang Bikin Toyota Alphard Hingga Lexus LM Terlihat Biasa Saja

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru