window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Intip Spesifikasi MG EP, Mobil Listrik Estate yang Turut Meramaikan GIIAS 2021?

Enda · 27 Okt, 2021 14:00

Intip Spesifikasi MG EP, Mobil Listrik Estate yang Turut Meramaikan GIIAS 2021? 01

Mobil listrik MG EP

Bicara kendaraan elektrifikasi, pabrikan otomotif campuran Inggris dan Tiongkok, MG, melalui MG Motor Indonesia pernah berencana untuk menghadirkan mobil listrik di Tanah Air. Diketahui sebelumnya pada GIIAS 2021 nanti pihaknya dikabarkan akan membawa 3 line up terbarunya yang mana prediksi kami salah satunya adalah MG EP yang merupakan kendaraan elektrik berpenampilan wagon.

Sebagai informasi, mobil listrik MG EP ini merupakan rebadge dari Roewe Ei5 yang dijual di Tiongkok oleh SAIC Motors. Oh iya, perlu kalian ketahui juga bahwa MG EP ini juga dipasarkan di Inggris dengan nama MG 5 EV, loh..

Baca juga: Selain MG5, Dua Line Up Terbaru MG Lainnya Akan Muncul di GIIAS 2021

Sebagai kendaraan bertenaga listrik, MG EP sebelumnya sudah lebih dulu diperkenalkan di Negeri Gajah Putih melalui ajang Thailand International Motor Expo 2020 yang berada di Impact Muang Thong Thani. Meskipun beberapa produk MG diproduksi di Thailand, status MG EP ini impor CBU dari China. Dan untuk harga di sana, menurut situs resminya kini MG EP ditawarkan 988.000 baht atau sekitar Rp421 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ingin tahu lebih dekat MG EP? Simak spesifikasinya berikut ini.

Dimensi MG EP Sedikit Lebih Kecil dari Mazda6 Estate

Intip Spesifikasi MG EP, Mobil Listrik Estate yang Turut Meramaikan GIIAS 2021? 01

Tampilan samping MG EP

Secara data, Mazda6 Estate memiliki panjang 4.800 mm, lebar 1.840 mm serta tinggi 1.480 mm. Untuk wheelbasenya sendiri tercatat 2.750 mm.

Bagaimana dengan MG EP? Menurut data spesifik, mobil listrik MG ini mempunyai panjang 4.544 mm, lebar 1.818 mm dan tinggi 1.521 mm serta jarak sumbu roda 2.665 mm.

Dengan begitu dapat sedikit ditarik kesimpulan bahwa secara dimensi MG EP ini sedikit lebih mungil dibandingkan Mazda6 Estate.

Dimensi Mazda6 Estate Vs MG EP
Keterangan Mazda6 Estate MG EP
Panjang 4.800 mm 4.544 mm
Lebar 1.840 mm 1.818 mm
Tinggi 1.480 mm 1.521 mm
Jarak sumbu roda 2.750 mm 2.665 mm

Sistem Pencahayaan MG EP Menggunakan Full LED

Intip Spesifikasi MG EP, Mobil Listrik Estate yang Turut Meramaikan GIIAS 2021? 02

MG EP menggunakan teknologi LED

Sudah sewajarnya apabila mobil listrik menggunakan sistem pencahayaan berteknologikan LED. Selain terlihat dinamis, modern dan futursitik, lampu dengan teknologi ini hanya membutuhkan voltase yang sedikit. Dengan begitu penggunaan listrik akan terasa efisien.

Intip Spesifikasi MG EP, Mobil Listrik Estate yang Turut Meramaikan GIIAS 2021? 03

Stoplamp MG EP turut disematkan teknologi LED

Mengenai sistem pencahayaan yang ada pada MG EP, mobil ini menggunakan projector headlights pada lampu utama yang dikombinasikan dengan Daytime Running Lights. Untuk teknologinya sendiri sudah memakai control system for on-off automatic headlight. Selain itu juga terdapat LED taillights dan LED 3rd brake light.

Untuk kalian ketahui, di bagian eksteriornya ini juga dilengkapi dengan folding and electrically adjustable side mirrors with turn signals automatic folding, delay-timed front wiper system, rear wiper system, rear window defroster dan rear spoiler.

Interior MG EP, Seberapa Keren Fiturnya? 

Intip Spesifikasi MG EP, Mobil Listrik Estate yang Turut Meramaikan GIIAS 2021? 04

Tampilan dashboard MG EP

Menyoal tampilan dalam, MG EP ini didominasi dengan warna hitam yang menampilkan perpaduan aura sporty dan dinamis. Jok sendiri diketahui menggunakan bahan kulit sintetis yang mana di beberapa bagian interiornya ini diselimuti dengan bahan soft touch.

Di bagian center clusternya, kalian bisa menjumpai adanya sistem hiburan berupa head unit 8-inch color touch screen yang terkoneksi mobile phone connection via Bluetooth, USB connection dan Apple CarPlay multimedia connectivity system.

Pada sistem kemudinya ini mengaplikasikan pengaturan tilt & telescopic yang mana dapat diatur jarak serta tinggi rendahnya menyesuaikan keinginan pengemudi dan juga terdapat multi-function steering wheel Audio control with answer-end button.

Disisi lain kalian juga akan menemukan fitur berupa 6-way adjustable driver's seat, 4-way adjustable front passenger seat, rear seat foldable backrest 60:40, 7-inch digital intelligent display screen, one touch up-down power window, driver side, dimming rear view mirror, digital air conditioning system, front armrest, rear armrest with 2 cup holders, 12V power socket, remote key system, map light, serta kompartemen dokumen di belakang kursi depan.

Baca juga: Mengenal MG5, Calon Pesaing Toyota Vios yang Bakal Muncul di GIIAS 2021

MG EP Belum Dilengkapi dengan MG Pilot

Intip Spesifikasi MG EP, Mobil Listrik Estate yang Turut Meramaikan GIIAS 2021? 05

MG EP tidak dilengkapi MG Pilot

Bicara sistem keselamatan, MG EP ini belum dilengkapi dengan MG Pilot seperti beberapa produk terbarunya. Meski demikian, mobil ini berhasil tersematkan Anti-lock braking system ABS with brake force distribution EBD, EPB (Electronic Parking Brake), (Auto Vehicle Hold), Electronic brake assist EBA (Electronic Brake Assist), Stability Control System SCS (Stability Control System).

Hadir juga Brake control system while cornering CBC (Curve Brake Control), Free wheel protection system and traction control TCS (Traction Control System) dan HSA (Hill Start Assist System).

Selain itu, kalian juga bisa menemukan navigation light after turning off the engine (Follow Me Home Light), ESS (Emergency Stop Signal), TPMS (Tire Pressure Monitor System), Cruise Control, ISOFIX child seat mounting points, retractable front seat belts with automatic load relief, 3-point seat belt in the back, 3 positions, dual front airbags, rear view camera, reverse alarm, immobilizer key system dan juga emergency tire repair kit.

Mengenai sistem pengeremannya, di bagian depan mobil ini menggunakan ventilated disc brakes dan solid disc brake pada roda belakangnya.

Sebagai informasi tambahan, MG EP memakai suspensi berjeniskan Independent McPherson Strut with stabilizer bar di depan dan Torsion Beam di bagian belakang.

Baterai MG EP Mampu Menempuh Jarak 380 Km

Intip Spesifikasi MG EP, Mobil Listrik Estate yang Turut Meramaikan GIIAS 2021? 06

MG EP disematkan motor elektrik Permanent Magnet Synchronous

Agar membuat mobil bisa bergerak, MG menyematkan motor elektrik Permanent Magnet Synchronous pada MG EP yang dibekali fitur mode KERS dengan tiga level kekuatan, tiga mode berkendara (Sport, Normal, Eco) dan selanjutnya digerakan oleh kedua roda didepannya (FWD). Secara data, motor elektrik yang disematkan mampu memeras tenaga 120 kW atau 163 dk dan torsi maksimum 260 Nm yang dialiri energi listrik dari baterai lithium-ion dengan kapasitas 50,3 kW.

Sesuai dengan standar New European Driving Cycle (NEDC), MG EP diklaim mampu menempuh jarak hingga 380 km dari kondisi baterai terisi full dan akselerasi dari posisi diam hingga mencapai kecepatan 100 km/jam dapat ditempuh dalam kurun waktu 8,8 detik serta top speed mencapai 185 km/jam.

Untuk pengisian daya melalui listrik rumah, mobil ini membutuhkan wkatu 7 jam 15 menit dari posisi kosong hingga 100%. Sedangkan untuk pengisian cepat di statsiun pengisian umum dengan 50kW DC, mobil ini akan mengisi ulang baterai kosong sampai dengan 80% hanya butuh waktu 40 menit.

Baca juga: MG ZS 2022 Rilis di Eropa Tapi Berbentuk EV, Sekali Cas Bisa Tembus 440 Kilometer

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil