window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Iritnya Kebangetan, Mercy Boxer Ini Tempuh Jarak 100 Km Hanya Habiskan Biaya Rp20 Ribu!

Enda · 21 Mei, 2023 08:30

Mercy Boxer EV

Nama captain Vincent cukup dikenal banyak oleh masyarakat Indonesia. Pria yang berprofesi sebagai pilot sekaligus naravlog Youtuber tersebut bukan cuma jatuh cinta pada dunia penerbangan, namun juga menyukai otomotif.

Ketertarikan pada dunia otomotif khususnya roda empat membuat dirinya melakukan banyak eksplorasi. Salah satunya memodifikasi Mercy Boxer miliknya menggunakan tenaga listrik.  

“Mercy Boxer bertenaga listrik ini model kedua saya yang dikonversi dari mesin ICE (Internal Combustion Engine) menjadi listrik. Sebelum ini saya sudah melakukannya pada Honda Civic (Spesifikasi | Berita) Wonder,” ujar pria bernama lengkap Vincent Raditya kepada Autofun Indonesia di acara PEVS 2023.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dirinya mengatakan, untuk pengerjaan dilakukan di garasi rumahnya bersama mekanik. “Untuk konversi semua dilakukan di garasi rumah melibatkan saya dan tukang bubut. Saya buat asritekturnya, dan dia yang eksekusi. Kalau saya lebih ke kabel, kelistrikan, semua saya yang mengerjakan,” tambahnya.

Baca juga: 3 Kelemahan Mercy Boxer yang Jarang Diketahui, Kadang Bikin Kikuk Pengemudi

Mercy Boxer EV

Captain Vincent di dalam Mercy Boxer listrik miliknya

Disebutkan juga lama waktu pengerjaan dari mesin konvensional hingga menjadi listrik tidak sampai satu bulan.

“Pengerjaan dari copot mesin lama, kemudian masuk motor listrik, perakitan lain hingga siap jalan sekitar 3 minggu. Yang lama restorasi body, pengecetan, pemasangan kulit jok dan lain-lain secara total jadi 3 bulan,” serunya.

Digunakan untuk mendukung aktifitas sehari-hari, dirinya menyebutkan dalam sekali pengecasan hanya mengeluarkan uang Rp20 ribu.

“Untuk lama pengecasan dari 0 sampai 100 persen butuh waktu 7 jam di rumah dengan model normal wall charging. Sekali ngecas cuma habis Rp20 ribu untuk penggunaan 100 kilometer, dan saya pakai sehari-hari cuma sekitaran PIK (Pantai Indah Kapuk) dan Muara Karang. Kuat sampai 5 hari dan baru ngecas lagi,” terangnya.

Baca juga: Terbukti Bukan Sedan Ecek-Ecek, Mercy Boxer Tembus 1,5 Juta Kilometer Jadi Taksi di Albania

Mercy Boxer Listrik Captain Vincent Bisa Berlari Hingga 110 Km/Jam

Mercy Boxer EV

Tampilan belakang Mercy Listrik Milik Captain Vincent

Dibekali beterai berkapasitas 17,9 kWh dengan motor listrik tunggal, untuk kecepatan maksimalnya Mercy Boxer listrik ini dapat berlari hingg 110 km/jam.

“Mobil ini bukan saya setting untuk mencari akselerasi tinggi. Tapi keawetan mobil dan jalan santai, jadi saya setting throttlenya linear. Untuk kecepatan maksimal di tol gigi tiga saya tes bisa lari sampai 110 km/jam,” imbuhnya.

Dikatakan juga bahwa untuk tingkat percepatan mobil ini bisa digunakan secara hybrid, baik manual maupun matic.

Mercy Boxer EV

Baterai Mercy Boxer listrik

“Ini basicnya pakai transmisi manual. Untuk menjalankan mobil kondisi dalam kota langsung masukan gigi 2 tanpa harus menginjak kopling terus injak gas mobil jalan. Tapi kalau di tol bisa dari gigi 2 kemudian masuk ke gigi 3 injak pedal kopling, karena ini masih pakai roda gila dan kampas kopling bawaan mobil,” tutupnya.

Baca juga: 3 Motuba Badak Era 90-an yang Perkasa dan Masih Eksis, Mulai Dari Isuzu Panther Sampai Mercy Boxer

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mercedes-Benz E-Class E 200 Avantgarde Line

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia