window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport

Yongki Sanjaya · 17 Sep, 2021 16:00

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 01

Segmen SUV medium pilihannya cukup beragam, mulai dari monokok atau ladder frame. Untuk SUV ladder frame, perhatian masyarakat cenderung tertuju pada Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport. Padahal, Isuzu MU-X 2022 yang akan meluncur di Indonesia di penghujung tahun ini punya spesifikasi tak kalah menarik.

Nah, produk yang satu ini kerap terlupakan, padahal selama ini harganya ditawarkan lebih murah dari kedua kompetitornya. Bahkan, tingginya animo masyarakat terhadap Fortuner dan Pajero Sport membuat nasib Nissan Terra yang muncul belakangan hanya bertahan seumur jagung.

Menurut kabar, PT Isuzu Astra Motor Indonesia akan membawa MU-X sebagai produk CBU dari Thailand. Sebagai informasi, Isuzu MU-X debut perdana di Thailand pada 28 Oktober 2020 lalu. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 01

Saat ini, harga Isuzu MU-X facelift 2022 tipe Elegant dan Ultimate di Thailand dibanderol Rp 587 hingga 624,7 juta. Untuk Isuzu MU-X tanpa ADAS harganya mulai Rp 483 hingga 568 jutaan.

Di negara asalnya, Isuzu MU-X tersedia dalam dua pilihan mesin, pertama 3.000 cc (4JJ3-TCX) turbo diesel yang menghasilkan tenaga 188 dk dan torsi 450 Nm. Opsi kedua yaitu mesin diesel RZ4E-TC 1.900 cc bertenaga 147 dk dengan torsi 350 Nm. Kami rasa mesin 1.900 cc agaknya lebih berpeluang masuk menggantikan mesin turbo diesel lawas 2.500 cc (4JK1-TC) karena berkaitan dengan pajak dan harga supaya tetap terjangkau.

Baca juga:

FAQ Isuzu MU-X i-Series, SUV Termurah Jepang Lawan Beratnya Mitsubishi Pajero Sport

Ini Ternyata Alasan yang Bikin Mitsubishi Pajero Sport Lebih Banyak Dipilih Walau Tanpa Diskon PPnBM

Isuzu MU-X Facelift 2022 Tetap Meluncur Akhir Tahun di Indonesia, Fiturnya Bikin Fortuner Minder

Lantas dengan fitur dan mesin baru, apakah Isuzu MU-X 2022 mampu menghadapi dominasi Pajero Sport di segmen SUV ladder frame? Mari kita bandingkan kelebihan dari dua model tersebut.

Isuzu MU-X 2022, Pakai Bahasa Desain yang Radikal dan Tegas

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 02

Isuzu selama ini seringkali dianggap punya desain yang cukup membosankan karena gayanya yang cukup kaku. Namun pada edisi Isuzu MU-X 2022 ini ubahannya cukup signifikan dengan bergaya radikal dan tegas. Tujuannya, supaya bisa menyesuaikan selera konsumen masa kini mengikuti gaya modis di Pajero Sport atau Fortuner.

Kesan tegas dan 'jadul' masih dipertahankan Isuzu melalui pemasangan emblem bertuliskan 'ISUZU' ketimbang logo pabrikan. Bandingkan dengan kedua kompetitornya yang setia memakai emblem logo, baik itu tiga berlian atau trioval.

Terlepas dari masalah emblem tadi, Isuzu kini memakao gril World Cross Flow pada MU-X 2022. Desain headlamp lebih ramping serta bemper dan lampu kabut yang mendapat revisi. Bagian belakang juga diubah, antara lain pada lampu, bemper serta lekuk pintu bagasi yang membuatnya stylish.

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 03

Desain belakangnya ini yang kami rasa sedikit aneh, karena posisi panel plat nomor berada pada lekukan. Seolah, seperti mobil yang habis ditabrak dan penyok. Padahal kalau melihat guratan garisnya punya style agresif. 

Soal rancangan desain, tidak disebutkan adanya fitur sunroof yang jadi nilai jual pada Pajero Sport. Ini membuat Isuzu MU-X lebih pas menjadi rival Toyota Fortuner yang juga belum memakai sunroof. Namun demikian, MU-X punya banyak fitur dalam kabin, sebagai kompensasi yang membuatnya tetap value for money. 

Fitur Baru di Isuzu MU-X, Makin Lengkap dan Premium

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 04

Beberapa fitur baru hadir pada interior MU-X termasuk ventilasi udara pada baris kedua dan ketiga. Sistem hiburan pada All New MU-X dilengkapi dengan sistem Isuzu Ultimate Entertainment. Fitur hiburannya dibekali head unit layar sentuh 7 atau 9 inci, informasi berkendara bisa kita akses dari layar TFT 4.2 inci pada panel instrument cluster di sisi pengemudi. 

Head unitnya mendukung mendukung Apple CarPlay dan Android Auto dengan dukungan delapan speaker yang menyediakan suara surround. Fitur kenyamanan lainnya berupa pengaturan kursi pengemudi 6 arah, keyless entry, dan dual zone climate control untuk memberikan rasa nyaman bagi penumpang di belakang. 

Fitur yang tak kalah menarik yaitu filter debu PM 2.5, charger, USB support, AC Power Socket 220V dan konektor Power Tailgate DC 12V. Selain itu, All-New Isuzu MU-X 2022 juga dibekali Remote Engine Start untuk menghidupkan mesin. 

Fitur ADAS Hanya Ada Pada Tipe Tertinggi Isuzu MU-X 2022

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 05

Terdapat beberapa fitur baru yang hanya diberikan pada varian tertinggi, termasuk sistem keselamatan pintar Advanced Driver Assitance System (ADAS). Fitur yang tercakup dalam teknologi ADAS ini berupa Autonomous Emergency Warning, Forward Collision Warning, Speed Limiter, Automatic High Beam, Multi-Collision Brake, Lane Departure Warning, dan Pedal Misapplication System.

Bagaimana bila dibandingkan dengan Pajero Sport? 

Mitsubishi Pajero Sport 2021, SUV Ladder Frame Kelas 'Premium'

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 06

Pajero Sport kini harga kian melambung tinggi, seperti misalnya Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 ini 
yang dijual Rp639.700.000. Dengan harga yang lebih mahal ketimbang MU-X tipe tertinggi di Thailand, harus ada value menarik. 

Harga Pajero Sport yang tinggi bagusnya telah diimbangi dengan built quality yang baik supaya membuat suatu mobil jadi terkesan premium. 

Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 hadir dengan nuansa interior yang cozy. Tipe ini dipercantik dengan aksen warna beige dan juga roof monitor.

Akses informasi berkendara didukung 8 inch color LCD untuk panel instrumen yang membuat panel speedometer jadi menganut sistem virtual. Kita bisa mengubah tampilan indikator speedometer dan yang lainnya dengan memencet tombol pada setir. 

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 07

Kemudian untuk fitur multimedia didukung New Head Unit 8” dengan Smartphone-Link Display Audio (SDA). Fitur lainnya yang terdapat pada New Pajero Sport yaitu, Multi Around View Monitor, New Design Dual Zone Climate Control AC, New Auto Dimming Rear-view Mirror, New Hand Free Steering Switch, New Floor Console, dan New AC Power Outlet. 

Mitsubishi Pajero Sport 2021 diketahui mendapatkan fitur Power Tail Gate dengan Kick sensor. Jadi, membuka pintu belakang tidak perlu repot. Cukup menggoyangkan kaki di bawah bumper belakang, dengan sendirinya pintu bagasi dapat terbuka secara otomatis. 

Fitur Keselamatan Aktif di Mitsubishi Pajero Sport, Seberapa Canggih?

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 08

Mitsubishi Pajero Sport kian canggih karena telah memiliki fitur keselamatan aktif antara lain: Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH)2. Tidak hanya itu, fitur keselamatannya turut didukung 7 SRS Airbags, Active Stability & Traction Control (ASTC), Anti-lock Braking System, dan Electronic Brake Distribution, Brake Assist. 

Rancangan bodyshell juga didukung oleh teknologi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body, dan Rigid Lightweight body.

Mesin Pajero Sport Tak Berubah

Isuzu MU-X 2022 Meluncur di Indonesia Akhir Tahun, Jadi Opsi Ekonomis Daripada Mitsubishi Pajero Sport 09

Keunggulan lain Mitsubishi Pajero Sport ada di jantung pacu. Varian menengah ke atas tetap memakai dapur pacu diesel 4N15 MIVEC 2.4L yang juga bersemayam di Dakar Ultimate 4x2 AT. Dukungan Variable Geometry Turbo (VGT) dan intercooler memproduksi daya 181 PS pada 3.500 rpm dengan torsi 429 Nm di 2.500 rpm. Produksi tenaga disalurkan transmisi otomatis 8-speed ke roda belakang.

Kesimpulan

Pajero Sport terbukti lebih unggul dari banyak faktor, mulai dari tenaga dan fitur kenyamanan karena memiliki sunroof dan instrument cluster digital. Sementara itu untuk fitur keselamatan aktif yang dimiliki keduanya cukup berimbang. 

Jadi bisa kami bilang kalau MU-X ini layak jadi 'budget SUV ladder frame' karena kelengkapan fiturnya yang hampir mirip dengan harga yang lebih terjangkau. Harga yang ekonomis ini dikompensasi dengan opsi mesin yang lebih kecil tenaganya dan tak memiliki beberapa fitur kemewahan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Isuzu MU-X 4X4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil