window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya!

Enda · 7 Okt, 2021 13:30

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya! 01

Hyundai menghadirkan Staria model blind van, yakni Hyundai Staria Load yang saat ini baru tersedia untuk pasar Filipina, Australia serta Eropa

Bukan hanya MPV premium, pabrikan otomotif asal Negeri Gingseng, Hyundai, nyatanya juga menghadirkan Staria dalam versi blind van yang dinamakan Hyundai Staria Load.

Masuk dalam kategori kendaraan niaga berwujud van, untuk saat ini Staria Load hanya disediakan untuk pasar Filipina, Australia serta Eropa. Jika nantinya mobil ini hadir di Tanah Air, tentunya Staria Load bakal menjadi suksesor Starex di Indonesia.

Baca juga: Test Drive Singkat Hyundai Staria 2021 : MPV Bongsor yang Fun To Drive

Meski Mobil Niaga, Tampilan Hyundai Staria Load Tetap Terkesan Mewah

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya! 02

Hyundai Staria Load memiliki tampilan yang atraktif. Foto: Carsales

Hyundai Staria Load memiliki tampilan modern dan punya desain eye-catching yang jauh lebih keren dari Daihatsu Gran Max sebagai blind van yang cukup banyak digunakan hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sama seperti varian MPV premiumnya, pada tampilan eksterior Hyundai Staria Load ini menampilkan siluet futuristik, kesan yang bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa dengan menganut gaya desain 'inside-out'. 

Menilik bagian fascianya, bentuknya terlihat sama dengan Staria versi penumpang. Hanya saja lampu utama Hyundai Staria Load ini menggunakan bohlamp halogen biasa yang sekaligus bertujuan untuk memangkas biaya produksi.

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya! 01

Bagian samping Hyundai Staria Load tidak dilengkapi jendela kaca. Foto: Carsales 

Bergeser ke bagian samping, Hyundai Staria Load terlihat seperti blind van pada umumnya, mobil ini tidak mendapatkan jendela di baris kedua dan ketiganya. Untuk lingkar rodanya sendiri juga terbilang sederhana yakni menggunakan velg kaleng.

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya! 02

Pintu bagasi Hyundai Staria Load dilengkapi dengan kaca guna memberikan visibilitas lebih baik kepada pengemudi. Foto: Carsales

Beranjak ke bagian belakang, Hyundai Staria Load tidak seperti Gran Max blind van. Dimana Staria Load ini tetap mendapatkan kaca pada pintu bagasinya guna memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap pengendara. Sama seperti lampu utama, mengenai sistem pencahayaan belakang mobil ini mengandalkan bohlamp halogen biasa.

Kokpit Hyundai Staria Load Membawa Kesan Prestisius Walaupun Statusnya Mobil Niaga

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya! 03

Tampilan interior Hyundai Staria Load

Tampaknya Hyundai ingin tetap menawarkan rasa berkendara yang nyaman dan aman meskipun Staria Load ini masuk dalam kategori kendaraan niaga. Seperti yang bisa dilihat, pada ruang kokpitnya mendapatkan sistem hiburan model floating sama seperti varian mobil penumpangnya yakni Head Unit layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, yang didukung dengan 2 speaker stereo with smart phone integration seperti Apple Carplay dan Android Auto.

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya! 04

Sistem infotaiment layar sentuh 8 inci Hyundai Staria Load. Foto: Carsales 

Selain itu agar terasa ergonomis, beberapa tombol pengaturannya dibuat menyatur pada center cluster namun masih model konvensional berbeda dengan MPV permiumnya yang sudah menggunakan model digital.

Masih sama seperti Staria model penumpang, Staria Load pada sisi pengemudinya telah tersematkan layar TFT LCD Instrument Cluster model floating berukuran 10,25 inci yang dapat menampilkan beragam informasi mengenai status pada kendaraan.

Oh iya, karena Hyundai Staria Load ini merupakan kendaraan niaga, maka nuansa interiornya didominasi dengan warna gelap yang bertujuan agar tidak mudah kotor serta mudah di bersihkan apabila terkena noda. Sebagai informasi juga, untuk sistem perpindahan percepatannya Staria Load masih konvensional tidak seperti Staria kendaraan berpenumpang yang telah mengaplikasikan tombol transmisi Shift- by-Wire.

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya! 05

Hyundai Staria Load memiliki volume 4.935 liter untuk kapasitas barangnya. Foto: Carsales

Mengenai kabin untuk muat barang, ruang kargo yang dimiliki mobil ini terbilang fleksibel dan mudah untuk dimuati barang. Selain menggunakan pintu geser di samping dan model jungkit di belakang, lantai kabin Staria Load juga dibuat rendah. Dengan begitu akomodasi dalam keluar masuk barang juga terasa lebih mudah.

Untuk ruang kapasitas muat barangnya sendiri diketahui secara data Staria Load ini memiliki volume 4.935 liter.

Baca juga: Komparasi KIA Carnival 2022 Vs Hyundai Staria, Adu Gengsi MPV Premium Negeri Gingseng

Sekelas Blind Van, Fitur Hyundai Staria Load Terbilang Mewah

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya! 06

Fitur Hyundai Staria Load terbilang mewah

Bicara fitur, untuk sekelas mobil niaga dengan wujud blind van Hyundai Staria Load tebilang mewah. Seperti yang diketahui selain sistem infotaiment layar sentuh serta meter cluster berpenampilan digital, mobil ini turut mendapatkan AC guna memberikan kenyaman pada setiap penggunananya.

Mengenai fitur keselamatan, seperti yang diketahui Staria Load berhasil tersematkan Dual, Side and Head Airbags, Crash Avoidance with Braking, Rear Cross Traffic Alert, ABS, TRC, Stability Control, Hill Holder & EBD, Lane Keep Assist, Blind Spot Detection, Front & Rear Parking Sensors, Front, Side and Rear Camera, Central Locking, Distance Cruise Control, Auto Headlights dan Electric Mirrors.

Jantung Pacu Hyundai Staria Load Sama Seperti Staria Mobil Penumpang

Jadi Blind Van, Hyundai Staria Load Bisa Bikin Daihatsu Gran Max Mati Gaya! 07

Hyundai Staria Load menggunakan mesin diesel 2.2L CRDi sama seperti Staria model MPV premiumnya

Bicara jantung pacu, Hyundai Staria Load dibenamkan dengan mesin yang sama seperti Staria yang belum lama ini secara resmi melantai di Tanah Air. Seperti yang dikeatahui mobil ini dibenamkan mesin diesel Commonrail Direct Injection Variable Geometry Turbocharger with Intercooler berkodekan D4HB R2.2 CRDi Inline-4 DOHC 16V 2.199 cc, yang dapat memeras tenaga hingga 177 PS 3.800 rpm serta torsi maksimal 430 Nm @1.500 – 2.500 rpm dengan standar Euro 4.

Mengetahui konsumsi bahan bakarnya, mesin dieselnya ini diyakini dapat lebih efisien karena telah menggunakan air-cooled turbocharger serta performa turbine wheel. Untuk membuatnya dapat berjalan, Staria Load hadir dengan pilihan transmisi otomatis 8-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depannya.

Perlu kalian ketahui, Staria Load ini setara dengan Starex yang diketahui merupakan varian kendaraan niaga dari Hyundai H-1. Bukan cuma bisa digunakan untuk muat barang, Hyundai Staria Load ini juga bisa dimanfaatkan sebagai mobil ambulance dan kereta jenazah.

Dimensi serta Kapasitas Hyundai Staria Load
Panjang 5.253 mm
Lebar 1.997 mm
Tinggi 1.990 mm
Kerb weight 2.002 kg
Payload 1.018 kg
Towing Capacity 2.500 kg

Baca juga: Punya Hyundai Staria 2021 Tiga Tahun Gak Keluar Duit Buat Servis

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Hyundai Staria Signature 9 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil