Jadi Fitur 'Mahal', Ini Segelintir Mobil Toyota di Indonesia yang Punya Sunroof

Yongki Sanjaya · 29 Jul, 2021 17:00

Jadi Fitur 'Mahal', Ini Segelintir Mobil Toyota di Indonesia yang Punya Sunroof 01

Fitur sunroof hingga saat ini menjadi suatu barang yang cukup mewah, pasalnya hanya sedikit mobil yang memakai fitur 'jendela atap terbuka' ini. Bahkan untuk merek sekaliber Toyota, hanya sedikit mobilnya yang menyediakan fitur sunroof di Indonesia. Bahkan mobil semahal Toyota Venturer atau Toyota Fortuner belum memilikinya.

Faktanya, mobil sunroof masih dianggap sebagai kendaraan premium. Ini membuat banyak orang yang rela melakukan modifikasi dengan memasang kaca pada atap mobilnya. Padahal, MG HS dan Kia Sonet atau bahkan Kia Rio dengan harga di bawah Rp300 juta sudah memiliki fitur tersebut.

Artinya sunroof bukan monopoli mobil mahal semata, namun tergantung dari target konsumen yang dibidik oleh setiap brand. Adanya sunroof pun bisa menjadi nilai tambah, yang membuat suatu mobil terkesan mahal dan canggih.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mobil yang memiliki sunroof sangat cocok untuk menikmati perjalanan terutama di kawasan pantai atau pegunungan yang lengang. Dengan adanya sunroof pada mobil, kamu bisa lebih leluasa menikmati pemandangan selama perjalanan dengan udara segar.

Sirkulasi udara juga semakin lancar, sehingga kamu tidak perlu khawatir merasa kepanasan saat melakukan perjalanan jauh. Fungsi lain dari sunroof ini bisa untuk membuang hawa panas saat mobil lama terjemur di parkiran. Kita bisa menjalankan mobil sambil membuka sedikit sunroof untuk mendapat hembusan udara segar.

Lantas, apa saja mobil Toyota yang sudah pakai sunroof? Berikut ini ulasannya. 

Toyota Corolla Cross, Crossover yang Dapat Fitur Moonroof

Jadi Fitur 'Mahal', Ini Segelintir Mobil Toyota di Indonesia yang Punya Sunroof 01

Untuk model pertama kita mulai dari harga yang 'paling murah' yaitu Corolla Cross. Mobil ini hadir bagi kamu yang lebih menyukai tipe SUV dibanding MPV. 

Tak kalah keren, Toyota menghadirkan teknologi moonroof pada bagian atapnya. Apa itu moonroof?

Jika dilihat sekilas, moonroof memang serupa dengan sunroof. Namun, ternyata cara kerja keduanya sedikit berbeda. Sunroof bekerja dengan mengangkat panel kaca atap, sedangkan moonroof justru memasukkan panel kaca ke dalam atap. 

Kaca ini biasa digerakkan secara otomatis dengan tombol. Dengan cara kerja demikian, aliran udara dan cahaya yang masuk pun lebih lancar. Jenis atap kaca seperti ini kelemahannya terkadang rawan macet. Apabila macet, maka sulit untuk diperbaiki. 

Toyota Voxy, MPV Boxy dengan Sunroof dan Panoramic Roof

Jadi Fitur 'Mahal', Ini Segelintir Mobil Toyota di Indonesia yang Punya Sunroof 02

Adanya fitur sunroof di interior Voxy tentu menambah kesan mewah dan spesial pada mobil ini. Pasalnya di atap Toyota Voxy bukan cuma terdapat satu bagian sunroof saja.

Sebab di bagian atas penumpang belakang tersedia moonroof yang ukurannya cukup besar. Dengan adanya fitur bernama Exquisite Double Moonroof ini tentu penumpang dengan mudah menikmati panorama alam dan kesejukan udara pagi pegunungan atau gemerlap bintang saat malam hari.

Toyota Alphard 2.5 G A/T, MPV Premium dengan Sunroof

Jadi Fitur 'Mahal', Ini Segelintir Mobil Toyota di Indonesia yang Punya Sunroof 03

Karena menjadi 'fitur mahal', maka hanya sedikit model Toyota yang memakai sunroof atau moonroof. Berbicara soal mobil yang ada sunroof, tidak akan lengkap tanpa menyebut seri Alphard. 

Sebagai seri Multi-purposed vehicle (MPV) premium besutan Toyota, Alphard tentu tidak akan melewatkan fitur sunroof pada setiap seri yang telah hadir, termasuk tipe 2.5 G A/T.

New Alphard 2.5 G A/T memiliki sunroof yang lebar sehingga dapat mencakup hampir keseluruhan atap mobil. Selain itu seluruh pengaturannya pun bekerja secara otomatis, sehingga mudah dioperasikan. 

Komponen penyusun sunroof pada Toyota Alphard terbuat dari material terbaik sehingga tidak hanya menghadirkan kesan elegan, tetapi juga kokoh dan aman.

Vellfire 2.5 G A/T, MPV Premium Bergaya Sporty

Jadi Fitur 'Mahal', Ini Segelintir Mobil Toyota di Indonesia yang Punya Sunroof 04

Selain Alphard, Toyota juga punya tipe Vellfire 2.5 G A/T sebagai seri MPV premium yang juga mendapat fitur sunroof. Vellfire diluncurkan pertama kali pada 2008 dan memang selalu hadir dengan fitur terbaik, termasuk sunroof. 

Sunroof pada New Vellfire 2.5 G A/T dapat dioperasikan slide in and out. Dengan begitu, aliran udara yang masuk maupun keluar tidak akan terhambat. Jika hanya ingin melihat pemandangan langit, tersedia panel opaque (plafon) yang dapat digeser sehingga panel kaca dapat terlihat. 

Pengoperasian sunroof seluruhnya dapat dilakukan otomatis. Khusus untuk panel opaque, kamu bisa menggesernya secara manual.

Toyota Alphard 3.5 Q A/T, Tipe Termewah dengan Fitur Terlengkap

Jadi Fitur 'Mahal', Ini Segelintir Mobil Toyota di Indonesia yang Punya Sunroof 05

Mobil yang ada sunroof selanjutnya masih datang dari Toyota seri Alphard, yaitu tipe 3.5 Q A/T. Mobil ini adalah tipe Alphard tertinggi saat ini yang memiliki kapasitas mesin 3.500 cc. Fiturnya pun paling lengkap di antara keluarga Alphard dan Vellfire. 

Sunroof pada Toyota New Alphard 3.5 Q A/T dapat dikendalikan secara otomatis. Fiturnya pun sangat lengkap, dimana kamu dapat memilih untuk membuka atap mobil secara keseluruhan atau mengganti atap dengan kaca transparan untuk mendapat pencahayaan alami dari sinar matahari. 

Alasan Banyak Mobil Toyota Belum Pakai Sunroof

Kamu mungkin heran kenapa Toyota hanya sedikit modelnya yang memakai sunroof. Bahkan model tertentu yang harganya sudah tembus Rp500 juta seperti Venturer atau Fortuner belum memakainya.

Padahal, SUV rivalnya dari merek lain seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Honda CR-V sudah memakainya. Sebenarnya bukan hanya karena jadi fitur di mobil mewahnya Toyota, tapi karena struktur desain atapnya yang belum memungkinkan pasang sunroof.

Sebagaimana kita ketahui, baik Fortuner atau Venturer memakai basis platform yang sama. Desain atapnya digunakan sebagai blower AC baris kedua yang model gantung. Hal ini jelas berbeda dibandingkan CR-V yang blowernya ada di belakang sunroof atau Pajero Sport yang ada di sisi samping. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru