Jadi Model Langka, BMW 3-Series Touring Nyaris Ludes Diborong Orang Indonesia

Yongki Sanjaya · 18 Agu, 2021 17:15

Jadi Model Langka, BMW 3-Series Touring Nyaris Ludes Diborong Orang Indonesia 01

Fenomena mobil touring atau estate cukup booming di Indonesia, dengan basis penggemarnya yang cukup kuat. Hal ini yang melandasi BMW Group Indonesia kembali merilis 320i Touring ke Tanah Air. Seperti yang sudah diprediksi, unit 3-Series Touring ini hampir ludes dibeli sebelum seremonial peluncurannya hari ini, Rabu (18/7).

Untuk edisi 2021, BMW 320i Touring mendapatkan beberapa update yang makin istimewa seperti velg ring 19” model M light alloy wheels Double-spoke style 791 M Bicolour, Jet Black, burnished dan ukuran ban yang berbeda di depan dan belakang. Model ini gabungkan atribut inti dari BMW Seri 3 Sedan dengan tata ruang interior lapang, prakstis dan fleksibel pada touring atau estate. 

"Satu tahun lalu, BMW secara resmi untuk pertama kalinya di Indonesia meluncurkan model body Touring untuk BMW Seri 3 dan diikuti dengan animo yang sangat tinggi dari para fans dan pelanggan BMW di Indonesia. Tahun ini BMW 320i Touring M Sport hadir dengan perubahan eksterior profile yang lebih modern dan sporty, interior BMW M interior trim finishers ‘Carbon Fibre’, dan teknologi baru berupa Remote Engine Start dan Parking Assistant Plus," ucap Jodie O'tania, Director of Communications BMW Group Indonesia. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jadi Model Langka, BMW 3-Series Touring Nyaris Ludes Diborong Orang Indonesia 01

Tidak cuma merilis 320i Touring, BMW Group Indonesia juga meluncurkan varian 330i Sedan dengan karakter sporty yang khas.330i Sedan menggunakan ring 19” dari yang sebelumnya ring 18” model M light alloy wheels Double-spoke style 791 M Bicolour, Jet Black, burnished.

Ukuran ban memakai dimensi yang berbeda yaitu 225/40 R19 di depan dan 255/35 R19 di belakang. Kendaraan ini juga memiliki rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang. Kaliper yang berwarna biru ini diembos dengan logo BMW M, semakin memperkuat kesan subtle dan sporty.

Dukungan sistem audio Harman Kardon surround sound dengan 16 speakers, berkekuatan 464 W amplifier, dan 9 channels membuat berkendara di 330i Sedan kian menyenangkan.

Spesifikasi dan BMW 3-Series Touring, Lebih Fun To Drive

Jadi Model Langka, BMW 3-Series Touring Nyaris Ludes Diborong Orang Indonesia 02

Untuk 320i Touring ini mengalami beberapa ubahan fisik yang sedikit membesar demi keleluasaan kabin dan aspek handling yang semakin baik. Panjang mobil meningkat 76 mm, dibandingkan dengan pendahulunya, menjadi 4.709 mm, lebar bertambah 16 mm menjadi 1.827 mm, dan penambahan tinggi 8 mm menjadi 1.470 mm. 

Jarak sumbu roda lebih panjang 41 mm menjadi 2.851 mm dan tracks lebar berkontribusi pada pengendalian yang sporty dan lincah. Lantas bagaimana dengan mesinnya? 

Dapur pacu 320i Touring masih sama seperti versi sebelumnya yaitu 4 silinder 1.998 cc dengan output 184 hp dan torsi 300 Nm. Transmisinya memakai 8-Speed Sport Steptronic yang membuat berkendara cukup praktis dan perpindahan giginya bisa diatur otomatis atau manual. 

"Kita lihat waktu luncurkan tahun lalu responnya sangat bagus dan komunitas touring sangat banyak di Indonesia. Itulah alasan mengapa kami membawa lagi 320i Touring ke sini. Harganya cukup menarik karena hanya beda sedikit dari yang sebelumnya, tapi dengan penambahan fitur signifikan," jelas Jodie. 

Fitur Fungsional di 320i Touring, Manjakan Untuk Aktivitas Harian

Jadi Model Langka, BMW 3-Series Touring Nyaris Ludes Diborong Orang Indonesia 03

Sementara itu untuk fiturnya, 3-Series Touring hadir sebagai dengan operasi tailgate otomatis, sehingga memungkinkan pembukaan dan penutupan pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan. 

Jendela belakang dengan bukaan lebih lebar 20 mm dibandingkan model sebelumnya. Dengan begini, pengguna dapat memasukkan barang-barang berukuran besar semakin mudah. 

Fitur multimedia didukung BMW Operating System 7.0. Instrument clusternya memakai BMW Live Cockpit Professional berukuran 12,3 inci yang terdiri dari display yang dirancang secara konsisten, sesuai kebutuhan. 

Display Control 10.25 inci berfungsi sebagai infotainment yang pengoperasiannya dapat memilih dari fungsionalitas layar sentuh Control Display, iDrive Controller, tombol roda kemudi, kontrol suara atau kontrol isyarat (Gesture Control). 

Jadi Model Langka, BMW 3-Series Touring Nyaris Ludes Diborong Orang Indonesia 04

The BMW 320i Touring M Sport tersedia dalam jumlah terbatas mulai hari ini dengan harga Rp. 1.329.000.000,- off-the-road. 

"Unit touring sisa yang tersedia enggak terlalu banyak, Sisanya tinggal 1-2 unit di dealer, 95 persen alokasi yang ada sudah laku terjual. 3-Series Touring ini adalah tahun yg terakhir dan tahun depan nggak dibawa," jelas Bayu Riyanto, Vice President of Sales, BMW Indonesia.

BMW 330i Sedan, Berkarakter Sporty yang Kuat

Jadi Model Langka, BMW 3-Series Touring Nyaris Ludes Diborong Orang Indonesia 05

Apabila pengguna 320i Touring biasanya mencari mobil yang fun to drive dengan akomodasi yang baik, maka untuk 330i Sedan ditujukan pada pengguna yang mencari sedan berkarakter sporty dengan performa jempolan. 

Meesin 2.0 liter, empat-silinder ini menghasilkan output maksimum 258 hp, sementara torsi puncak adalah 400 Nm. Sistem High Precision Injection menghasilkan tekanan maksimum 350 bar. Hasilnya, dapat melesatkan mobil ini dibawah 6 detik saja, tepatnya 5,8 detik untuk 0-100 km/jam. 

Demi sensasi fun to drive, kini telah dilengkapi dengan sistem audio surround Harman Kardon dengan 16 speakers, berkekuatan 464 W amplifier, dan 9 channels.

Jadi Model Langka, BMW 3-Series Touring Nyaris Ludes Diborong Orang Indonesia 06

BMW 330i M Sport juga telah dilengkapi dengan opsi automatic tailgate yang tergabung dalam Comfort Access 2.0. Ini memungkinkan buka dan tutup pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan. 

BMW 330i M Sport akan tersedia mulai hari ini dengan harga Rp. 1.009.000.000,- off-the-road.  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

BMW 3 Series Sedan 320i Sport

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru