Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V?

Yongki Sanjaya · 21 Okt, 2020 16:00

Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V? 01

MG HS menjadi SUV kedua MG yang diluncurkan di Indonesia, dengan harga mulai dari Rp369 jutaan. SUV medium ini hadir dengan mesin kecil yang bertenaga besar. Dengan posisi di atas ZS dan MG HS akan berhadapan dengan compact SUV di Indonesia semisal Nissan X-Trail atau Honda CR-V.

MG HS telah memakai teknologi turbo untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. SUV ini mendapatkan mesin yang bertenaga besar, yaitu 1.5L 4-silinder 16 katup DOHC TGI dengan turbocharged.

Tenaga yang diproduksi cukup besar, 162 PS pada putaran 5.600 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 1.700 dan 4.400 rpm. Mesin berkubikasi 1.490 cc tersebut konon memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Namun belum ada klaim yang pasti dari pabrik atau dari pengujian. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Hasil Pengujian Konsumsi BBM MG HS di Indonesia

Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V? 01

Baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu, MG Indonesia belum mengungkapkan catatan resmi konsumsi bahan bakar MG HS di Indonesia. Padahal untuk sekelas mobil perkotaan, efisiensi bahan bakar bisa menjadi pertimbangan paling masuk akal bagi konsumen. 

Jika tidak ada perbedaan yang ditawarkan pada model yang dipasarkan di Indonesia, efisiensi bahan bakar HS bisa dilihat dari model yang sudah lebih dulu dipasarkan di negara lain atau berdasarkan hasil pengujian beberapa media lokal. 

Konsumsi BBM MG-HS 2020 dari pengujian media lokal tak jauh dari kompetitornya yang tak lain adalah Honda CR-V. Konsumsi rata-ratanya menghabiskan 9,8 km/liter. 

Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V? 02

Melalui laman resmi MG, kedua varian HS dengan transmisi manual mampu menghasilkan efisiensi gabungan sekitar 13 km/liter pada transmisi manual. Namun, ketika menggunakan transmisi otomatis, konsumsinya menjadi 12.8 km/liter.

Dengan mesin yang memiliki performa tinggi, angka tersebut sudah dikatakan cukup irit. Beberapa fitur MG HS yang ditawarkan termasuk paddle shift control system serta cruise control yang bisa membantu pengendalian sekaligus cukup menghemat bahan bakar.

Karakter Mesin dengan Turbo Lebih Boros?

Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V? 03

Mesin yang digunakan memang terkesan cukup minimalis (atau bisa dibilang standar) bagi segmen yang ingin dijajal HS. Namun, respons mesin MG HS terbilang cepat dengan perpindahan gigi terasa enak, bahkan pada putaran bawah. 

Lag yang biasanya terjadi pada model SUV lainnya pada putaran bawah tidak terlalu terasa. Dibantu perpindahan transmisi yang cepat dan halus.

Tenaga turbo cukup memberikan pengendaraan yang menyenangkan di jalanan. Mesin MG HS cukup bekerja keras untuk memberikan tenaga terbesar, mengingat daya puncaknya mencapai 5.600 rpm. Tapi perlu diingat, mesin turbo cukup menguras bahan bakar mobil ini.

Berbeda dengan beberapa pasar, MG HS Indonesia juga sudah mendapatkan tombol Super Sport Button. Tombol yang bisa ditemukan pada bagian tengah kanan setir ini akan menghadirkan rasa berkendara yang mengesankan bagi HS ketika diaktifkan.

Kapasitas Mesin Sama, Konsumsi BBM Honda CR-V Bisa Lebih Irit

Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V? 04

Sejak Honda CR-V diperkenalkan di Tanah Air, mobil yang satu ini langsung mendapat respon yang positif dari para pecinta otomotif. Honda CRV tersedia dalam 3 varian, berkisar dari Rp463 jutaan hingga Rp539 jutaan.

Dan untuk sektor jantung mekanisnya, mobil CR-V ini mengandalkan beberapa pilihan mesin bensin dan mesin hybrid. Untuk pilihan mesin bensinnya ada mesin empat silinder segaris L15B7 VTEC Turbo DOHC berkapasitas 1,5 liter. Sama-sama bermesin 1,5 liter, apakah Honda CR-V bisa lebih irit dan bertenaga?

Honda CR-V dengan mesin 1.5 liter turbo menghasilkan tenaga 190 PS dengan torsi puncak 240 Nm. Dari outputnya sudah lebih unggul dibandingkan MG HS yang 'cuma' 162 ps. 

Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V? 05

Ternyata, Honda CR-V ini bisa menempuh jarak 13,8 km sampai 17,1 km hanya dengan satu liter bensin. Boros iritnya tergantung dengan kecepatannya ketika berkendara.

Konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan oleh Honda CR-V ini memang terbilang cukup irit bila dibandingkan MG HS. Terlebih jika mengingat bodi mobilnya yang cukup berat. 

Sebagai informasi, bobot Honda CR-V mencapai 1.649 kg. Bobot mobil generasi terbaru dari Honda HR-V ini memang sedikit lebih berat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Kesimpulan

Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V? 06

MG HS merupakan mobil SUV dengan performa tinggi yang dikemas dalam tampilan yang modern, sporty dan menawan. SUV pendatang baru ini diklaim sangat cocok untuk Anda yang menekankan performa berkendara saat mengemudi.

Sayangnya, konsumsi BBM MG HS masih termasuk boros dan tenaganya juga kalah dibandingkan Honda CR-V yang sama-sama bermesin 1.5 liter. Sekalipun posturnya sedikit lebih besar dan berat, Honda CR-V bisa lebih efisien dengan mesin lebih bertenaga. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2020 MG HS 1.5L Turbo Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru