Jadi SUV 7-Seater, Kursi Baris Ketiga Toyota Rush 2021 Cuma Pas Buat Bocah?

Yongki Sanjaya · 28 Des 2020 16:29

Saat awal kemunculannya, Toyota Rush masih menganut konfigurasi kursi dua baris, sedangkan Daihatsu Terios sudah tiga baris. Namun pada generasi kedua, Toyota Rush 2021 sudah memakai konfigurasi 7-seater seperti Terios. Lantas seperti apa sih kenyamanan duduk di kursi baris belakangnya untuk orang dewasa?

Salah satu kelebihan yang dimiliki Toyota Rush terbaru yaitu soal dimensi yang lebih besar dibandingkan genersi pertama. Perubahan dimensi ini dimaksudkan supaya Rush menjadi sebuah SUV terjangkau untuk keluarga. 

Toyota pun membuat kursi baris ketiga ini tidak lagi sebagai opsional. Jadi, kita bisa bepergian bersama sekaligus. Barang bawaan pun bisa tetap terangkut di bagasi. 

Generasi terbaru dari Rush kini lebih panjang 230 mm, alhasil berpengaruh terhadap ruang kabin yang lebih panjang. Ruang di jok baris kedua kini bertambah 45 mm, namun bagaimana ruang di baris ketiganya?

Akses masuk ke baris ketiga melalui mekanisme pelipatan kursi baris kedua sudah one touch tumble. Ini berarti , membuatnya tetap mudah untuk masuk ke baris ketiga.

Sensasi Duduk di Kursi Baris Ketiga Toyota Rush 2021, Dengkul Mepet Sudah Biasa

Rasanya duduk di baris ketiga jelas sempit. itu yang sering dirasakan saat mencoba duduk di baris ketiga. Parahnya lagi, kondisi terluasnya ini sudah mengorbankan kursi baris kedua. 

Untuk kondisi penuh orang dewasa, kondisinya kurang layak apabila kursi baris kedua dimundurkan paling mentok. Tidak ada ruang, dengkul sudah mentok dengan sisi belakang sandaran kursi baris kedua untuk penumpang yang berpostur 170 cm.

Terpaksa kursi depannya harus dimajukan. Dengan begini lutut akhirnya bisa leluasa bergerak dengan jarak ke depansekitar tiga jari. Untuk baris ketiga all new Rush ini kami sarankan untuk anak-anak saja.

Keluhannya masih sama saja seperti Rush generasi pertama, tetap sempit. duduk di baris paling belakang Toyota Rush untuk orang dewasa sulit untuk dikatakan nyaman! Busanya tipis dan kaki cenderung jongkok, paha bagian bawah tidak tertopang dengan baik oleh jok membuat cepat pegal.

Alhasil, baris paling belakang tidak direkomendasikan bagi penumpang dewasa. Dimensinya lebih tepat untuk anak anak atau penumpang dengan tinggi tubuh tidak lebih dari 158cm.

Cari Nyaman, Baris Ketiga di Toyota Kijang Innova dan Mitsubishi Xpander Cross Lebih Manusiawi

Jok paling belakang di Kijang Innova bisa sampai tiga penumpang.

Bicara soal kenyamanan, kita harus banyak maklum dengan sosok Toyota Rush 2021 yang masuk generasi kedua ini. Memang secara dimensi membesar, tapi ternyata ruang di baris ketiga tak banyak perbedaan.

Untuk urusan kelegaan ruang, Toyota Rush 2021 sudah kalah jauh dari Kijang Innova. Padahal, perbedaan dimensinya tidak begitu jauh. Bahkan disebutkan kalau Kijang Innova 2021 bisa menampung hingga 8 penumpang.

Apakah itu berlebihan? Tidak juga karena memang kursi di baris ketiga cukup lebar. Ruangnya cukup untuk duduk tiga orang dewasa. Apabila cuma untuk dua orang, maka kursinya jelas lega.

Memang sih, karena memakai platform dari Toyota Avanza, Rush juga ikutan sempit. Untuk kelas MPV murah, ada Mitsubishi Xpander series yang lebih manusiawi. Berarti, Mitsubishi Xpander Cross ruang baris ketiganya lebih baik daripada Toyota Rush.

Ruang di Baris Ketiga Mitsubishi Xpander Cross

Memang sih tidak selega Kijang Innova, namun setidaknya rival pendatang baru seperti Xpander Cross bisa lebih baik. Ruang penumpangnya cukup untuk postur rata-rata orang Indonesia dengan tinggi 170-180 cm. Konsekuensinya, kita cukup berbagi ruang dengan baris kedua supaya ruangannya sama-sama pas.

Banyaknya tempat penyimpanan di dalam Xpander Cross, membuat penumpang bisa meletakkan barang di mana saja. Hal ini sangat cocok dengan kondisi normal baru seperti sekarang ini yang mengharuskan kita untuk membawa berbagai peralatan pribadi.

Kesimpulan

Sekalipun sudah memakai desain yang berubah total, namun keluhan dari Toyota Rush ini masih tetap sama. Untuk platform yang digunakan sekarang masih saja sempit di baris ketiganya. Ruangannya cuma memanjakan kursi baris kedua secara maksimal.

Bahkan bila berbagi ruang dengan baris ketiga pun, masih saja kursi paling belakangnya tetap sempit. Hal ini membuat kursi baris ketiga tidak proporsional untuk orang dewasa. Duduk berlama-lama di kursi paling belakangnya akan menyiksa karena kaki terlalu menekuk.

Jadi, para pendatang baru yang kini semakin meramaikan segmen low SUV ini berusaha menghadirkan fitur dan kenyamanan yang tidak ada pada Toyota Rush.  

Komentar

Mobil Terbaru