Jadi yang Paling Murah, Toyota Avanza 1.3 E M/T Ternyata Cuma Buat Konsumen Khusus

Adit · 6 Jan, 2022 09:02

Jadi yang Paling Murah, Toyota Avanza 1.3 E M/T Ternyata Cuma Buat Konsumen Khusus 01

Toyota Avanza 1.3 E M/T rupanya bukan untuk konsumen perorangan.
  • Toyota Avanza 1.3 E M/T bukan buat konsumen perorangan
  • Buat pembeli individu yang mau Avanza tipe manual, wajib beli tipe G

Penjualan varian Toyota Avanza 1.3 E M/T rupanya tidak ditujukan untuk konsumen individu. Ini berarti bagi yang hendak memiliki Avanza baru tipe manual, minimal harus beli tipe 1.5 G M/T yang harganya Rp253,1 juta. Ini merupakan harga terbaru yang sudah dikenakan PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah). 

Toyota-Astra Motor (TAM) menjual tipe yang satu ini cuma untuk konsumen fleet atau atas nama perusahaan/badan usaha. Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy yang menuturkan hal ini. "Toyota Avanza 1.3 E M/T kebetulan banyak diorder fleet dan jumlahnya terbatas," katanya kepada AutoFun Indonesia, Selasa (4/1). 

Jadi yang Paling Murah, Toyota Avanza 1.3 E M/T Ternyata Cuma Buat Konsumen Khusus 02

Tampilan belakang Toyota Avanza tipe E

Baca Juga: Jadi Model Terpisah, Ini Beda Toyota Avanza 2022 dan Veloz 2022

Informasi ini juga diamini dari salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta. Ia menerangkan bahwa Toyota Avanza 1.3 E M/T menyasar pasar khusus. Tidak dijual bebas, konsumen retail atau individu tidak dapat membelinya. 

Dirinya juga menjelaskan, perintah tersebut harus dilaksanakan bagi setiap wiraniaga Toyota. Disebutkan dalam percakapannya, tipe tersebut hanya boleh dijual kepada kustomer atas nama badan usaha dan faktur kendaraan atas nama badan usaha, tidak boleh dijual ke kustomer retail apapun kondisinya. 

"Untuk varian Toyota Avanza 1.3 E hanya dijual ke pembeli yang badan usaha, tidak dijual ke perorangan. Ada sanksi khusus dari TAM terkait hal ini, dan sudah ada diler non yang terkena sanksi tersebut," katanya.

Jadi yang Paling Murah, Toyota Avanza 1.3 E M/T Ternyata Cuma Buat Konsumen Khusus 01

Toyota Avanza tipe E menyasar segmen fleet

Umumnya para konsumen fleet atau badan usaha ini biasanya membeli mobil dalam jumlah banyak sebagai armada operasional kantor. Tak sedikit konsumennya dari perbankan, perusahaan rental, media, lembaga pembiayaan, asuransi, dan sektor lainnya. Beda dengan Transmover yang umumnya jadi armada taksi.

Selain itu perlu diketahui, khusus Toyota Avanza varian E CVT status penjualannya juga berubah. Bagi yang tertarik, harus memesannya terlebih dahulu di jaringan penjualan Toyota, kemudian ada waktu tunggu atau inden sampai unit sampai ke rumah, alias tidak ready stock. 

Jadi yang Paling Murah, Toyota Avanza 1.3 E M/T Ternyata Cuma Buat Konsumen Khusus 02

Interior Toyota Avanza tipe E

Baca Juga: Baru Meluncur, Toyota Avanza dan Veloz 2022 Sudah Didiskon

Beda Toyota Avanza tipe E dan G

Secara tampilan, tipe E tidak terlalu jauh dengan tipe G. Yang jadi pembeda dan paling kentara adalah absennya lampu kabut di tipe E. Antena juga berupa tangkai, sedangkan varian di atasnya sudah pakai model shark fin. Kemudian peleknya 15 inci, single tone model kipas. 

Dari interiornya, untuk Toyota Avanza tipe E dipasangkan head unit layar sentuh 7 inci. Pengaturan spion sudah elektrik namun tanpa pelipat otomatis. Pandangan pengemudi ke depan dihiasi panel instrumen kombinasi analog dan digital yang lebih informatif dari sebelumnya. 

Jadi yang Paling Murah, Toyota Avanza 1.3 E M/T Ternyata Cuma Buat Konsumen Khusus 03

Pelek Toyota Avanza tipe E berkelir silver dan berdiameter 15 inci

Pengaturan AC sudah model pencetan dengan layar digital. Terdapat pula indikator seatbelt 7-titik seperti Toyota Rush. Kemudian spion tengah sudah model day/night view. Dan terbaru sudah ditambahkan cup holder model lipat di bawah kisi-kisi AC sebelah kiri. Tak lupa, sudah disematkan juga port USB dan power outlet di baris depan. 

Paling menarik adalah fitur Toyota Avanza 1.3 E dan G, yang telah dilengkapi Vehicle Stability Control dan juga Hill Start Assist. Jumlah airbag tetap dua di sisi depan mobil, serta jok belakang sudah dilengkapi ISOFIX. Sayangnya khusus tipe E minus sensor parkir. 

Jadi yang Paling Murah, Toyota Avanza 1.3 E M/T Ternyata Cuma Buat Konsumen Khusus 04

Kabin Toyota Avanza generasi terbaru

Selebihnya untuk tipe G tertinggi telah dilengkapi Toyota Safety Sense, yang ditambahkan Pre Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring. Terbaru, Toyota juga mengaplikasikan T-Intouch sebagai fitur koneksi mobil ke pengguna melalui ponsel pintar. 

Toyota Avanza generasi ketiga kini semuanya berubah format. Dari awalnya RWD menjadi FWD. Transmisi matiknya juga berubah dari AT konvensional ke CVT. Harga Toyota Avanza M/T Rp228,3 juta dan CVT Rp242,8 juta. Adapun tipe G M/T Rp253,1 juta, G CVT Rp267,7 juta, dan G CVT TSS Rp293,4 juta. 

Baca Juga: Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru