Jadwal Rilis Toyota Noah dan Voxy 2022 Mundur, Tapi Perubahannya Layak Dinanti

Prasetyo · 13 Okt, 2021 12:07

Toyota Noah Voxy 2022

Toyota Noah 2022 terbaru telah dikonfirmasi akan mengalami kemunduran jadwal perilisannya. Hal ini akibat kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Sebelumnya dikabarkan Toyota Noah dan Voxy terbaru ini akan muncul pada Januari tahun depan. Namun akhirnya jadwal peluncurannya mundur jadi April 2022. Padahal sebelumnya juga kencang beredar kabar kalau Toyota Voxy 2022 akan dirilis Desember 2021.

Selain kapasitas produksi Toyota yang belum sepenuhnya normal akibat pandemi kesehatan, masalah krisis chip global yang tak kunjung usai juga mengganggu aktifitas pabrik. Sehingga mobil ini juga kabarnya baru bisa terdistribusi ke seluruh jaringan dealer Toyota di Jepang sebulan setelah launching resminya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Demikian informasi terbaru yang dikutip dari Bestcarweb. Tetapi menurut media lokal di Jepang itu, pihak dealer Toyota sudah mulai bersiap untuk kedatangan MPV premium ini.

Toyota Noah Voxy 2022 -1

Voxy dan Esquier akan melebur jadi Noah

Noah, Voxy, dan Esquire juga dipastikan akan melebur jadi satu produk yang sama. Karenanya Esquire akan dihentikan penjualannya mulai 23 September 2021. Setelah tanggal itu, semua pesanan akan dialihkan ke model terbaru.

Lantas bagaimana dengan Toyota Voxy? Apakah Voxy diputuskan juga dilebur jadi Noah? Atau sebaliknya nama Noah tidak dipakai lagi tapi diganti Toyota Voxy 2022? Ok mari kita rangkum sedikit berdasarkan info terbaru dari pihak Toyota Jepang.

Baca juga : Toyota Voxy 2022 Dikabarkan akan Hadir Desember 2021 di Jepang

Toyota Noah dan Voxy Sebelumnya Harus Segera Discontinue

Toyota Noah Voxy 2022 -2

Toyota Voxy yang saat ini dijual di Indonesia

Pihak dealer Toyota di Jepang memberikan informasi kalau Noah dan Voxy serta Esquier harus segera dihentikan produksinya. Ini supaya pabrik bisa mulai mencetak model terbaru. Karenanya tenggat waktu pemesanan terakhir untuk Noah, Voxy, dan Esquier 2021 akan dilakukan bulan ini.

Yang tersisa dari lini produk MPV premium Toyota adalah Alphard dan Vellfire. Mengingat Toyota juga telah mengumumkan Vellfire bakal melebur dengan Alphard, maka keran permintaan Toyota Alphard 2021 juga akan berakhir di penghujung tahun ini.

Toyota Noah Voxy 2022 -3

Apakah akan seperti wajah Noah generasi terbaru?

Beruntung tak senasib seperti Vellfire, nama Toyota Voxy diyakini akan tetap ada. Ini karena penjualan Voxy baik di Jepang maupun di negara lainnya ternyata lebih tinggi dari penjualan Noah. Hal tersebut berbeda dengan Vellfire yang tidak lebih banyak populasinya dari Alphard.

Toyota Voxy 2022 Akan Jadi Noah Versi Sporty

Toyota Noah Voxy 2022 -4

Lihat perbedaan wajah keduanya

Berdasarkan penuturan beberapa pihak dari Toyota, Noah Voxy akan melebur jadi satu kesatuan. Tapi bukan seperti Vellfire yang bakal ditiadakan. Noah akan hadir dengan sejumlah tipe varian, yakni X, G, Si, dan terakhir VOXY.

Tipe X merupakan varian terendah yang harganya akan sangat menarik. Sementara tipe G berorientasi pada mereka yang cari kendaraan keluarga menengah. Kemudia tipe Si akan datang sebagai versi mewah yang sebenarnya perwujudan dari Esquire.

Sedangkan tipe VOXY akan menjadi varian dengan tampilan lebih sporty. Bagian eksteriornya akan ditambah sejumlah bodykit khusus. Sementara interiornya juga diyakini akan pakai aksen-aksen bernuansa sporty.

Baca juga : Toyota Voxy 2022 Tampil Makin Sporty, Bakal Makin Disuka Konsumen Indonesia

Akan Ada Varian Hybrid dan Mesin Bensin

Toyota Noah Voxy 2022 -5

Pakai TNGA yang diadopsi Corolla

Informasi berikutnya yang juga mencuat adalah soal varian hybrid dari Noah terbaru. Model ini diyakini akan memakai baterai nikel-logam bipolar yang lebih powerful tapi juga sekaligus berukuran lebih kompak. Baterai ini sudah diterapkan pula pada Toyota Aqua yang terbukti memiliki daya jelajah lebih jauh ketimbang Prius.

Meski belum bisa diyakini 100%, namun sejumlah sumber menyebutkan kalau Toyota akan menggunakan mesin hybrid 2.0L. Tentunya ini untuk menghasilkan torsi yang lebih baik. Mengingat kompetitornya Honda Step WGN juga memakai hybrid 2.0-liter.

Toyota Noah Voxy 2022 -5

Mesin bensin 2.0L yang akan dipakai Noah 2022

Namun yang jelas, varian mesin bensin 2.0-liter Dynamic Force M20A-FKS bertenaga 173 PS dan torsi puncak 205 Nm dari Noah dan Voxy sebelumnya akan tetap dipertahankan.

Tapi informasi lain menyebut jika Noah terbaru akan pakai platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang sudah diadopsi dari beberapa model Corolla termasuk Corolla Cross. Sehingga kemungkinan untuk varian hybrid akan dipasang mesin 2ZR-FXE 1.8L yang dilengkapi motor dan baterai listrik. Mesin ini juga sudah terpasang pada Corolla Cross hybrid.

Fiturnya Semakin Lengkap dan Ada TSS Versi Terbaru

Toyota Noah Voxy 2022 -7

Interiornya bakal makin mewah

Kemudian Toyota Noah 2022 juga akan semakin menarik berkat suntikan fitur-fitur baru. Mulai dari keyless entry, handsfree sliding door function, dan electric power tailgate. Semua itu untuk memudahkan akses buka tutup seluruh pintu mobil mulai dari pintu pengemudi dan penumpang depan, pintu geser penumpang belakang, dan pintu bagasi belakang yang dapat dioperasikan secara otomatis.

Selanjutnya juga akan ada headunit 10,5 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, Panoramic View Monitor, sampai Toyota Safety Sense (TSS) versi terbaru. Sebagian besar fitur-fitur ini akan menjadi kelengkapan standar diseluruh varian Noah.

Nah, sepertinya meskipun jadwalnya terus molor, Toyota Noah 2022 memang layak untuk ditunggu ya!

Baca juga : Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru