Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya?

Adit · 25 Nov, 2021 19:09

Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya? 01

Pabrikan asal China, Wuling Motors tengah bersiap menyongsong era kendaraan berbasis elektrifikasi di Indonesia. Jenama Tiongkok itu akan meramaikan pasar dengan menghadirkan mobil listrik berupa  Wuling Mini EV pada tahun depan. 

Modelnya dibangun dari platform Wuling GSEV atau Global Small Electric Vehicle. Pabrikan telah mengenalkannya beberapa waktu lalu, dan terakhir memamerkannya lagi ke hadapan publik pada pameran IEMS 2021 di Puspiptek, Tangerang Selatan. 

Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya? 02

Baca Juga: Sebelum Mulai Jualan Tahun Depan, Wuling GSEV Pamer Lagi di IEMS 2021

"Wuling kembali berpartisipasi sebagai bentuk langkah nyata komitmen kami untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam hal percepatan elektrifikasi, dan kali ini fokus untuk memperkenalkan GSEV sebelum nantinya memasarkan kendaraan listrik di Indonesia tahun depan," terang Vice President Wuling Motors, Han Dehong. 

Platform Wuling GSEV di negara asalnya telah menjadi berbagai basis mobil listrik sejak 2018 lalu. Modelnya meliputi Wuling E100, E200, juga Mini EV yang mendapat respons luar biasa positif. Secara total, pabrikan telah mencatat 650 ribu unit penjualan untuk model yang menggunakan GSEV. 

Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya? 01

Lalu bagaimana dengan produk yang akan dijual di Indonesia? Bakal seperti apa bentuknya? Sejauh ini pabrikan belum memberikan penjelasan resmi. Tapi yang jelas bakal pakai generasi terbaru GSEV. Namun akan menarik apabila bentuk dan spesifikasinya akan sama seperti yang telah dijual di China. 

Coba saja tengok Wuling Mini EV yang dipamerkan di IEMS 2021. Tampilannya begitu menggoda dengan permainan warna yang ciamik, dimensi mungil yang cocok digunakan di perkotaan, serta konfigurasi kursi yang muat 4-penumpang. 

Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya? 02

Hanya saja setelah ditelisik lagi, jok belakangnya akan ideal bila konfigurasinya 2+2. Jadi cuma cocok diduduki oleh penumpang anak kecil, sebab tak dilengkapi sandaran kepala. Bila ingat, modelnya hanya gundukan seperti yang ada di mobil Low Cost Green car (LCGC). 

Bagi siapa saja yang duduk di baris belakang juga tak perlu khawatir. Sebab jok depannya dilengkapi pengaturan sliding, sehingga ruang kabin belakang sedikit lebih leluasa, khususnya untuk ruang kakinya.

Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya? 03

Adapun dashboard Wuling Mini EV terkesan sederhana cenderung simpel. Desainnya ala-ala open bar yang mengingatkan dashboard Honda Freed. Namun sebenarnya jauh dari kata futuristik. Tak seperti Honda e yang punya panel monitor memanjang pada dashboard-nya. 

Baca Juga: Gallery Foto: Wuling Mini EV Macaron yang Siap Dipasarkan di Indonesia

Untuk model yang satu ini layar monitor cuma ada pada bagian panel instrumen mobil. Lingkar kemudi juga tanpa tombol pengaturan. Layar AC juga digital kalkulator, membuatnya mampu memadukan unsur lawas sekaligus modern. 

Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya? 04

Tak lupa untuk desain transmisinya menggunakan tombol putar yang diletakkan di konsol tengah. Di sana ada juga tuas electric power window. Oh iya tak lupa supaya bisa mengurangi biaya produksi, jok depannya pakai sandaran kepala menyambung. 

Baojun E300 yang Lebih Futuristik

Platform GSEV juga digunakan untuk membangun model Baojun E300. Khusus yang ini bisa dibilang Wuling Mini EV yang dibuat lebih mewah dan futuristik, tapi sekaligus nyeleneh melihat wajahnya. Seperti ada 4 mata yang melotot. 

Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya? 05

Lanjut ke interior, pabrikan membuatnya lebih berkelas. Panel dashboard-nya lebih tebal. Kemudian setirnya dibuat lebih condong mendekat ke pengemudi. Selain itu setirnya ada banyak tombol pengaturan layaknya mobil mewah.

Tak ada konsol tengah pada jok depannya. Sebagai gantinya pabrikan meletakkan tuas transmisi dipindah ke tangkai sein, ya seperti mobil Mercedes-Benz kekinian. Secara umum desain yang satu ini lebih mampu menonjolkan sisi futuristiknya. 

Jajal Wuling Mini EV di Indonesia, Mungil dan Gak Butuh Bensin, Tapi Berapa Harganya? 06

Harganya Bisa Rp150 Jutaan?

Wuling Mini EV di negara asalnya dilabeli harga Rp60 jutaan. Lalu untuk Indonesia, lagi-lagi belum ada keterangan resmi dari Wuling Motors. Namun salah satu tenaga pemasaran saat ditemui di IEMS 2021 menuturkan kisarannya di Rp150 jutaan. Masih bocoran kasar lho ya dan harga perkiraan. Tapi dengan harga segitu, kira-kira mau beli nggak?

Baca Juga: Wuling Indonesia Sebar Teaser Baru, Tanda Mini EV Segera Meluncur?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Wuling Mini EV Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru