window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jakarta Segera Berlakukan ETLE Mobile, Tilang Manual Bakal Dihapus

Prasetyo · 23 Sep, 2022 08:06

Jakarta Segera Berlakukan ETLE Mobile, Tilang Manual Bakal Dihapus 01

  • Kamera ETLE Mobile akan dipasang di unit kendaraan petugas Polantas.
  • Gunanya merekam gambar para pelanggar peraturan lalu lintas.
  • Tilang elektronik mencegah terjadinya pungli di jalan raya.

Korlantas Polri rencananya akan mulai menerapkan kamera tilang elektronik dinamis alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile di DKI Jakarta. Penerapan ETLE berjalan tersebut digadang-gadang bakal lebih bisa mendisiplinkan para pengguna jalan agar lebih tertib berlalu lintas tanpa perlu ada sistem tilang manual.

Hal ini diungkapkan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. Menurut dia, nantinya semua ruas jalan di wilayah DKI Jakarta akan diawasi dengan kamera ETLE, baik ETLE statis maupun ETLE Mobile.

Jakarta Segera Berlakukan ETLE Mobile, Tilang Manual Bakal Dihapus 02

Petugas akan dibekali kamera ETLE

"Ini yang diharapkan oleh Kapolri dan mudah-mudahan di Jakarta bisa terwujud segera. Jadi di seluruh ruas jalan bisa diawasi penegakan hukumnya melalui ETLE yang ada," ucap Latif dikutip dari laman NTMCPolri, Jumat (23/09/2022).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Awas Kena Tilang, Ganjil Genap Juga Berlaku di 28 Gerbang Tol Jakarta

Tilang Manual Dihapus

Lebih lanjut Latif menjelaskan, keberadaan sistem tilang elektronik atau ETLE diharapkan bisa terus meningkatkan kedispilinan para pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas. Sehingga di kemudian hari tidak perlu lagi ada tilang manual di jalan raya yang dilakukan petugas kepolisian.

Jakarta Segera Berlakukan ETLE Mobile, Tilang Manual Bakal Dihapus 01

Unit ETLE Mobile akan berlaku di seluruh ruas jalan Jakarta

"Tentunya kami juga akan menerima kebijakan Korlantas, khususnya dalam ETLE mobile yang akan dikembangkan karena diharapkan secara keseluruhan nanti tidak ada lagi penilangan secara manual," katanya.

Baca juga: Surat Tilang Mobil Ada 5 Warna, Ketahui Arti dari Masing-masing Warna

Kamera ETLE Statis Akan Terus Ditambah

Selain mempersiapkan ETLE Mobile, Latif juga menyebut di jalanan Jakarta targetnya terpasang 150 kamera CCTV untuk ETLE hingga tahun 2023. Karena saat ini sudah ada 77 kamera ETLE statis yang terpasang, untuk kemudian ditambah 73 kamera lagi di titik berbeda tahun depan.

Jakarta Segera Berlakukan ETLE Mobile, Tilang Manual Bakal Dihapus 02

Keberadaan kamera ETLE diharapkan bisa membuat pengguna jalan lebih disiplin

Ia berharap, dengan banyaknya kamera ETLE yang terpasang, para aparat kepolisian yang bertugas di lapangan bisa bekerja secara transparan. "Ini yang diharapkan oleh Kapolri, jadi tidak terjadi penyalahgunaan wewenang dan transparansi dalam penegakan hukum betul-betul bisa terwujud," tukasnya.

Baca juga: Ini Dia Orang Pertama di Dunia yang Kena Tilang! Dikejar Polisi Sampai 5 Km

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil