window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jalan Tol Cisumdawu Sudah Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Cipali Nggak Lewat Cipularang Lagi

Herdi · 17 Apr, 2023 19:03

Jalan Tol Cisumdawu Sudah Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Cipali Nggak Lewat Cipularang Lagi 01

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu akhirnya dibuka fungsional guna menunjang arus mudik Lebaran 2023. Kehadiran yang membentang sepanjang 60,47 Km dapat mempercepat masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Seperti diketahui, sebelum ada jalan tol Cisumdawu, masyarakat Bandung atau sekitarnya yang ingin pergi ke arah barat Pulau Jawa harus melewati jalur alternatif atau non tol yang berkelok dan tentunya memakan waktu karena kondisi jalanan tidak semulus jalan tol. 

Baca juga: Kehabisan Bensin di Tol Cisumdawu? Tenang, Pertamina Siapkan Layanan Ini

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jalan Tol Cisumdawu Sudah Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Cipali Nggak Lewat Cipularang Lagi 01

Dari Bandung ke Cipali

Selain itu, jika harus lewat jalan tol mereka harus berputar terlebih dahulu menggunakan jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang. Kemudian lanjut memasuki jalan tol Cikampek-Palimanan atau Cipali. 

Tentu saja dengan menggunakan jalur alternatif maupun Cipularang, hal itu akan memakan waktu lama. Lain halnya dengan adanya tol Cisumdawu perjalanan jadi lebih singkat. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Tol Cisumdawu Seksi 4-6 secara struktur sudah selesai semua dan fokus pada kerapihannya saja.

Baca juga: Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa? Catat, Tidak Semua Rest Area Ada SPBU

Bagi warga Bandung, Keberadaan tol Cisumdawu tak perlu lagi lewat  Cipularang

Bagi warga Bandung yang ingin ke arah Timur Pulau Jawa atau sebaliknya, Keberadaan tol Cisumdawu tak perlu lagi lewat  Cipularang

"Dari segi prasarana, untuk Tol Cisumdawu saya sampaikan sudah siap dimanfaatkan secara fungsional," kata Basuki dalam keterangannya seperti dilansir situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. 

Tol Cisumdawu Memangkas Waktu Tempuh

Basuki juga mengatakan, saat musim mudik Lebaran 2023 arus dari Cimalaka sampai Dawuan akan dibuka dua lajur, dan tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja, jalan tol ini hanya akan beroperasi terbatas, yaitu dari siang sampai sore hari sekitar pukul 15.00 WIB. 

Baca juga: Daftar 11 Jalan Tol Fungsional yang Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023, Masih Gratis!

Jalan Tol Cisumdawu Sudah Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Cipali Nggak Lewat Cipularang Lagi 03

Fasilitasnya belum lengkap

Diketahui, keberadaan jalan tol ini membuat perjalanan dari Bandung ke Kertajati yang awalnya bisa mencapai 2 jam 30 menit, kini menjadi 1 jam 30 menit. Bahkan dari Cileunyi ke Sumedang cukup menghabiskan waktu 25 menit.  Sedangkan dari Cileunyi Cimalaka sendiri dengan kecepatan 80 km per jam bisa memakan waktu 25 menit. 

Oia, di jalan tol Cisumdawu dibuka fungsional dengan mengikuti arahan Korlantas Polri. Termasuk rencana adanya system contra flow, one way dan juga buka tutup sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan. 

Tol Cisumdawu Ada Terowongan 

Ketika melewati tol Cisumdawu, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan asri, mulai dari perkebunan hingga hutan yang memanjakan mata. Tidak hanya itu, Anda juga bisa merasakan sensasi unik, karena di jalan tol ini yang berlokasi di desa Rancakalong, Sumedang ada terowongan kembar dengan panjang 472 meter dan diameter 14 meter. 

Perlu dicatat, meski masuk terowongan pengelola tentunya memberikan penerangan. Satu hal yang perlu Anda tahu keberadaan terowongan di tol Cisumdawu ini jadi yang terpanjang pertama di Indonesia. 

Karena jalan tol Cisumdawu saat ini statusnya masih fungsional,  namun nantinya jalan tol ini akan dilengkapi rest area sementara di KM 194+400 Seksi 4B . Dengan keberadaan rest area ini dapat membantu masyarakat jika ingin beristirahat sejenak. 

Rest area yang dibangun ini diperkirakan bisa menampung sekitar 200 kendaraan, dan sudah dilengkapi fasilitas toilet, pom bensin, dan minimarket. Diketahui juga di tol Cisumdawu ini ada beberapa pintu tol keluar, seperti di Jatinangor, Pamulihan, dan juga Cileunyi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil