window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Abaikan Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Kalau Kelamaan Bisa Turun Mesin

Adit · 21 Jun, 2022 15:09

Jangan Abaikan Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Kalau Kelamaan Bisa Turun Mesin 01

  • Jika mobil keluar asap putih dari knalpot jangan dianggap remeh.
  • Bisa jadi ada kebocoran seal oli mesin atau ring seher.
  • Akibatnya oli mesin mobil bisa berkurang drastis

Pemilik mobil sudah sewajarnya mengecek kondisi komponen kendaraan, baik yang bersifat teknikal maupun fluida atau carian. Salah satunya oli mesin, yang patut diperiksa secara berkala baik volume dan kualitasnya. Mudahnya tinggal cek lewat dipstick, pastikan level oli tidak kurang dari batas minimum.

Bila tidak, maka bisa-bisa komponen mesin cepat aus. Ini karena oli akan mengalami penguapan karena panas. Bila oli berkurang atau sampai tiris, maka gesekan antar komponen mesin makin besar, sehingga bisa mengikis dan membuat jeroan mesin rusak. 

Jangan Abaikan Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Kalau Kelamaan Bisa Turun Mesin 02

Periksa juga kolong mobil, cek apakah ada rembesan oli atau tidak

Baca Juga: Mencampur Oli Mesin Beda Merek Bisa Menimbulkan Masalah Besar?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Berkurangnya volume oli mesin karena pemakaian adalah wajar. Ada beberapa penyebab terjadinya pengurangan oli mesin saat digunakan, yaitu oli mesin yang kualitasnya kurang bagus dan juga tidak sesuai," ungkap Aftersales Support PT Astra International-Peugeot, Samsudin dalam keterangan resmi. 

Tambahnya, oli mesin yang bagus dan sesuai akan mengurangi penguapan oli saat digunakan. Ini menjadi pengurangan oli berlebihan bisa diatasi. Kemudian, ada hal lain yang jadi biang keladi pengurangan oli secara drastis, yakni kebocoran oli dari seal atau packing di mesin. 

@autofun.indonesia Bahan Pikiran Sebelum Pilih HR-V#mobilbekas #reviewmobil #mobilseken ♬ Cinderamata - Karimata

Masih ada lagi, Samsudin menjelaskan, oli yang tiba-tiba berkurang dan rembes lantaran ring piston dan seal klep yang sudah rusak kondisinya, sehingga oli mesin ikut terbakar. Serta adanya kerusakan seperti goresan pada dinding silinder mesin yang membuat oli mesin berkurang. 

Baca Juga: Mobil Sering Terjebak Macet Parah, Bikin Oli Mesin Cepat Menguap?

Ada Tanda Asap Putih Keluar dari Knalpot

Lebih lanjut ketika terjadi oli mesin berkurang, beberapa kasus tidak mengindikasikan keluar asap putih pada knalpot, sebab gejalanya masih ringan dan bisa diperbaiki segera. Maka ada baiknya cek sekala berkala sisa oli yang ada di ruang mesin. Sebaliknya jika sudah parah kerusakannya, kemungkinan akan ada asap putih yang ngebul. 

Jangan Abaikan Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Kalau Kelamaan Bisa Turun Mesin 01

Oli mesin yang berkurang tiba-tiba dan keluar asap dari knalpot jadi tanda ada kebocoran

"Sangat penting untuk memeriksa level oli setiap mobil yang akan digunakan, agar terhindar dari kerusakan mesi yang lebih parah. Jika sudah ada indikasi berkurangnya oli mesin yang berlebihan, segera konsultasikan ke bengkel resmi," pungkasnya. 

Beberapa solusi yang dilakukan tentunya pengecekan seal, ring seher, juga analisa oli. Bila diperlukan, semuanya harus ganti dengan yang baru. Sebab idealnya bila menggunakan oli berkualitas bagus, pengurangannya sekitar 10 persen dari volume total saat penggantian oli. 

Baca Juga: Jangan Tunggu Nanti, Ini Tanda Filter Oli Mesin Mobil Harus Diganti Sesegera Mungkin

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil