window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Bingung Memilih, Ini Perbandingan Fortuner Vs Pajero Sport

Alex · 2 Okt, 2020 10:00

Jangan Bingung Memilih, Ini Perbandingan Fortuner Vs Pajero Sport 01

Toyota Fortuner merupakan salah satu SUV ladder frame yang sangat populer di Indonesia. Mobil ini masuk dalam kategori SUV menengah atas yang cukup sukses di Tanah Air. Bila dibandingkan, Pajero vs Fortuner ini punya basis penggemar yang kuat. 

Eksistensinya di tanah air kini masuk generasi kedua. Bahkan mungkin saking sukses dan larisnya penjualan mobil ini, Toyota Indonesia sampai melakukan perakitannya di dalam negeri.

Paham akan kelas yang dihuni Fortuner sangat diminati konsumen, Mitsubishi tak tinggal diam. Dengan produk SUV ladder frame yang secara kualitas sangat kompetitif, Fortuner pun tak bisa melenggang sendirian.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fortuner vs Pajero Sport

Pajero Sport datang untuk melawan Fortuner

Mitsubishi Pajero Sport hadir dengan menawarkan keistimewaan dan kehebatan yang tak kalah keren dari Toyota Fortuner. Bahkan kedua SUV keren ini juga tersedia dalam opsi mesin diesel dan bensin.

Saking kompetitifnya, keduanya pun kerap susul-menyusul dalam mengukir angka penjualan bulanan. Bahkan kadang bikin konsumen bingung juga, hendak pilih Fortuner atau Pajero Sport?

Ini karena harga Fortuner vs Pajero Sport cukup mirip. Nah, supaya Anda tak ikutan bingung juga, dalam kesempatan kali ini mari kita lakukan perbandingan antara Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang keduanya bermesin diesel.

Baca juga : Mengintip Keunggulan Toyota Fortuner Legender

Perbandingan Eksterior Pajero vs Fortuner

Secara desain, keduanya punya desain keren dan tangguh. Masing-masing punya karakter kuat dengan bahasa desain berbeda. Agak sulit menyebut mana yang lebih keren dan sporty karena soal desain memang urusan selera atau subyektif.

Jangan Bingung Memilih, Ini Perbandingan Fortuner Vs Pajero Sport 02

Untuk fitur di eksterior keduanya saling bersaing memukau konsumen. Mulai dari lampu depan LED yang dimiliki Fortuner dan tipe proyektor milik Pajero Sport, hingga kaca spion retracable yang memiliki lampu sein LED sama-sama dimiliki keduanya.

Namun di eksterior, ada beberapa hal yang cukup menarik dalam perbandingan. Jika Anda menebus Fortuner diesel tipe tertinggi sekalipun, jangan kaget jika tak mendapati sunroof. Karena memang Toyota tak menyediakannya. Lain halnya pada Pajero Sport. Pada varian Dakar, sunroof sudah menjadi kelengkapan standar. 

Jangan Bingung Memilih, Ini Perbandingan Fortuner Vs Pajero Sport 03

Selain itu salah satu keunggulan pada eksterior Pajero Sport adalah adanya fitur washer lampu depan. Namun ada fitur keren yang hanya dimiliki Fortuner.

Fitur tersebut adalah Power Back Door. Dengan fitur ini Anda dapat membuka pintu bagasi hanya dengan sensor ayunan kaki saja. Fitur ini dapat ditemukan pada Fortuner tipe TRD, VRZ dan SRZ.

Baca juga : Sering Kali Dibandingkan, Segini Biaya Servis Toyota Fortuner Vs Mitsubishi Pajero

Interior Pajero vs Fortuner Mana Paling Mewah?

Pajero Sport dan Fortuner sama-sama menawarkan jok yang empuk dan dibungkus dengan bahan kulit yang nyaman. Untuk hiburan keduanya sama-sama menggunakan layar sentuh untuk di bagian depan.

Pada beberapa tipe juga tersedia layar monitor di plafon yang siap menghibur penumpang di jok belakang. Untuk penyetelan bangku pengemudi, juga sudah menggunakan fitur power seat adjuster. Fitur tersebut sudah dimiliki baik Fortuner dan Pajero Sport.

Jangan Bingung Memilih, Ini Perbandingan Fortuner Vs Pajero Sport 04

Untuk fitur penunjang keselamatan, keduanya juga saling bersaing. Pajero Sport memiliki Hill Descent Control, Forward Collision Mitigation, Acceleration Mitigation System, Active Stability Control, Hill Start Assist dan kantung udara sampai 7 titik.

Lantas bagaimana dengan Fortuner? Toyota membekali mobil ini dengan Down Hill Assist Control, Hill Assist Control, Vehicle Stability Control, Dual + Knee + Side + Curtain shield airbags dan Emergency Brake Signal.

Oya, satu hal yang membuat kabin Pajero Sport lebih unggul adalah di bagian rem parkir. Jika di Pajero Sport pengemudi dimanjakan dengan electronic parking brake, tidak dengan di Fortuner. Masih ditemukan rem tangan dengan tuas konvensional di kabin Fortuner.

Baca juga : Fuel Pump Bermasalah, Toyota Recall Kijang Innova & Fortuner

Mesin Pajero vs Fortuner Lebih Kuat yang Mana?

Sebagai jantung pacu berbahan bakar solar, Fortuner dan Pajero menggunakan unit yang memang terkenal tangguh. Fortuner menggunakan mesin turbo diesel berkode 2GD-FTV sedangkan Pajero Sport berkode 4D56.

Kapasitas bersih mesin Fortuner adalah 2.393 cc, sedangkan Pajero Sport berkapasitas bersih 2.477 cc. Keduanya pun menganut konfigurasi mesin yang sama-sama empat silinder segaris.

Bagaimana tenaganya? Ternyata mesin racikan Toyota lebih unggul sedikit dari sisi tenaga. Angka 149,6 PS dan torsi mencapai 242 Nm dapat diukir mesin 2GD-FTV.

Sedangkan dapur pacu Pajero Sport hanya bertenaga 136 PS dengan torsi yang lebih unggul. Mesin 4D56 tersebut dapat mengukit torsi mencapai 324 Nm.

Kesimpulan

Kedua SUV ini memang sangat ketat persaingannya. Keduanya menawarkan keistimewaan dan keunggulan masing-masing demi memikat hati konsumen. 

Namun dapat dikerucutkan, jika concern Anda adalah SUV yang kaya akan fitur dan pemanja penumpang, sepertinya Mitsubishi Pajero Sport merupakan pilihan yang lebih baik dibanding Fortuner.

Baca juga : Efisiensi BBM Mitsubishi Pajero Sport 2020 Masih Kalah Dengan Toyota New Fortuner 2020

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil