window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Cuma Mobilnya, Ini 3 Hal yang Harus Disiapkan Supaya Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman

Prasetyo · 26 Mar, 2023 08:49

Jangan Cuma Mobilnya, Ini 3 Hal yang Harus Disiapkan Supaya Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman 01

Saat datang bulan Ramadan, maka momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia adalah mudik Lebaran. Perjalanan dari kota menuju kampung halaman ini begitu dirindukan lantaran jadi momen berkumpulnya kembali seluruh keluarga.

Terlebih lagi, tahun ini pemerintah tak memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seiring pandemi Covid-19 yang kian mereda. Alhasil, mudik Lebaran 2023 diprediksi oleh pemerintah bakal mengalami peningkatan cukup besar dibanding Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

Jangan Cuma Mobilnya, Ini 3 Hal yang Harus Disiapkan Supaya Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman 02

Jumlah pemudik tahun ini diprediksi akan meningkat cukup besar

Nah kalau Anda juga di Lebaran tahun ini sudah siap-siap mau berangkat mudik, tentunya wajib melakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Pasalnya, dengan perjalanan jauh yang akan ditempuh, ditambah potensi kepadatan yang akan terjadi, pemudik harus memerhatikan segala aspek untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama menjalani mudik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berikut ini tiga hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Supaya selama perjalanan tetap fun dan bisa tiba di tempat tujuan dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran, Nissan Kasih Diskon Servis Sampai 25%

1. Pastikan Kondisi Mobil Prima

Jangan Cuma Mobilnya, Ini 3 Hal yang Harus Disiapkan Supaya Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman 01

Lakukan pengecekan menyeluruh minimal 2 hari sebelum keberangkatan

Pertama-tama sebelum melakukan perjalanan jauh, Anda harus pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan yang optimal. Lakukanlah pengecekan rutin di bengkel resmi atau bengkel kepercayaan Anda sebelum memulai perjalanan.

Cek seluruh aspek pada kendaraan hingga ke hal-hal sederhana seperti tekanan angin ban, lampu-lampu, sampai air wiper. Jika ada komponen yang sudah seharusnya diganti, maka jangan tunda lagi untuk dilakukan subtitusi dengan komponen baru. Supaya perjalanan bisa dilakukan tanpa kendala teknis.

2. Bawa Perbekalan yang Cukup

Jangan Cuma Mobilnya, Ini 3 Hal yang Harus Disiapkan Supaya Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman 02

Jangan lupa bawa P3K dan obat-obatan

Panjang dan lamanya perjalanan mudik juga mengharuskan kita untuk membekali diri dengan logistik yang memadai. Pastikan Anda bawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk mengisi tenaga selama di jalan.
Meskipun tengah menjalani puasa, namun bekal ini akan berguna jika harus berbuka diperjalanan.

Pertimbangkan juga untuk bawa beberapa bantal yang dapat meningkatkan kenyamanan. Jika membawa anak, pastikan kita mempersiapkan seluruh perlengkapannya agar ia bisa merasa nyaman selama perjalanan mudik. Jangan lupa juga bawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi seperti obat pusing, obat mabuk perjalanan darat dan laut, obat sakit perut, dan sebagainya.

Baca juga: Biar Aman Saat Perjalanan Mudik Lebaran, Goodyear Tawarkan Program Tukar Ban Lama dengan yang Baru

3. Jaga Kondisi Fisik Pengemudi dan Penumpang

Jangan Cuma Mobilnya, Ini 3 Hal yang Harus Disiapkan Supaya Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman 03

Konsumsi makanan bergizi dan buah

Saat mudik, kita bisa menempuh jarak ribuan kilometer yang akan memakan waktu berjam-jam. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan fisik sebaik mungkin, baik itu untuk pengemudi maupun seluruh penumpang. 

Anda bisa jaga tubuh tetap prima diperjalanan dengan makan makanan bergizi minum vitamin, dan tidur yang cukup sebelum memulai perjalanan. Penting juga untuk mengetahui titik-titik rest area dan posko mudik yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat. Guna menjaga mood selama berkendara, siapkan playlist lagu kesukaan yang fun. Mengobrol juga boleh dilakukan sesekali agar tidak mudah mengantuk selama perjalanan.

Tahun Ini Bisa Mudik Gratis Pakai Hyundai Stargazer

Jangan Cuma Mobilnya, Ini 3 Hal yang Harus Disiapkan Supaya Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman 04

Mudik pakai Hyundai Stargazer dan diberi THR Rp20 juta

Nah yang paling menarik, HMID di musim mudik Lebaran 2023 menggelar kampanye #DiantarSangBintang. Ini adalah program mudik gratis menggunakan Hyundai Stargazer untuk Anda sekeluarga. Bahkan bukan cuma itu, Hyundai juga menyiapkan uang saku berupa THR senilai Rp20 juta untuk setiap pemenang.

Ada 10 orang pemenag yang akan terpilih untuk mudik gratis #DiantarSangBintang. Buat tau cara ikutannya, tinggal follow dan lihat akun Instagram @hyundaimotorindonesia.

Baca juga: Hyundai Gelar Program #DiantarSangBintang, Bisa Mudik Pakai Stargazer Plus Diberi Uang Saku Rp20 Juta!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil