Jangan Keburu Panik, Begini Cara Mengatasi Kabel Kopling Mobil Putus di Tengah Perjalanan

Enda · 14 Jan, 2022 11:30

Cara mengatasi kabel kopling putus

Ilustrasi mobil mogok akibat kabel kopling putus

Beberapa mobil dengan transmisi manual hingga kini masih menggunakan kabel yang terbuat dari seling baja untuk dapat menarik kopling. Kabel kopling yang jarang mendapatkan perawatan, tentunya bisa putus di tengah perjalanan.

Jika sudah seperti ini, tentunya kalian tidak bisa melanjutkan perjalanan dan diwajibkan melakukan perbaikan di tempat atau mencari bengkel terdekat.

Lantas cara apa yang harus dilakukan jika kabel kopling/clutch cable putus di tengah jalan? Berikut tips mudah mengatasi kabel kopling putus ala Auto2000.

Baca juga: Terlihat Keren Tapi Ada Bahaya pada Mobil Berwarna Hitam, Nomor 5 Bisa Mengancam Nyawa

Ciri-ciri Kabel Kopling Ingin Putus

Cara mengatasi kabel kopling putus

Ciri kabel kopling mobil ingin putus

Sebelum kami menginformasikan cara mudah mengatasi kabel kopling mobil yang putus, ada baiknya ketahui lebih dulu ciri-ciri kabel kopling ingin putus. Untuk dapat mengenali ciri dari kabel kopling yang mau putus atau sudah putus, setidaknya terdapat dua hal, yaitu:

  1. Saat kabel kopling putus, maka kalian bisa merasakan adanya hal yang berbeda ketika menginjak pedal kopling. Biasanya, tekanan ketika menginjak pedal kopling tersebut akan terasa lebih longgar atau kosong tanpa tekanan berat, sehingga dapat dipastikan bahwa terdapat masalah pada kabel kopling mobil.
     
  2. Selanjutnya ciri-ciri kabel kopling ingin putus terasa seret seperti ada yang menahan. Maka dari itu kalian diharuskan rajin melakukan pengecekan serta perawtan secara berkala.

Baca juga: 3 Cara Mudah Merawat Mobil di Musim Hujan, Kalau Mager Siap-siap Terima Efek Buruknya

Cara Mudah Mengatasi Kabel Kopling yang Putus

Cara mengatasi kabel kopling putus

Cara mengatasi kabel kopling putus

Guna mengatasi kabel kopling mobil yang putus ketika sedang berada di tengah jalan, kalian bisa melakukan beberapa cara di bawah ini

  1. Saat merasakan ada sesuatu yang berbeda ketika menginjak pedal kopling, maka segera berhenti di pinggir jalan dan matikan mesin terlebih dulu.
     
  2. Selanjutnya posisikan tuas gigi pada posisi 2, bukan posisi 1. Apabila kalian memposisikan tuas transmisi pada posisi 1, akibatnya mobil jadi sulit untuk dinyalakan.
     
  3. Selanjutnya, silakan coba untuk menyalakan mobil dan bawa mobil tersebut dengan kecepatan rendah hingga sedang dan jaga jarak dengan pengemudi lainnya. Dengan cara seperti ini, tentunya kalian diwajibkan harus lebih waspada ketika menjalankan mobil. Karena dengan kabel kopling yang putus karena dapat berpotensi menabrak kendaraan lainnya ketika sedang melakukan pengereman.
     
  4. Terakhir, arahkan mobil ke bengkel atau ke tempat yang ramai. Di tempat yang ramai, kalian akan merasa lebih aman ketika berencana meninggalkan mobil untuk mencari kabel kopling baru atau memanggil montir panggilan.

Baca juga: 5 Hal Ini Penyebab Pengemudi Ngebut di Jalan, Merasa Jago Nyetir Satu Diantaranya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru