Jangan Keburu Panik, Ini 5 Hal Penyebab Lampu Indikator Check Engine Terus Menyala

Enda · 23 Jun, 2022 13:30

Penyebab indikator check engine menyala

Mobil keluaran tahun 2000-an ke atas pada umumnya sudah menggunakan teknologi komputer sebagai sistem kelistrikannya. Ciri mengetahui mobil dengan sistem kombusi injeksi yang diatur menggunakan Electronic Control Unit (ECU) ialah muncul simbol mesin yang menyala saat kontak dihidupkan.

Perlu diketahui, dalam kondisi kelistrikan mobil normal, simbol berupa mesin yang menyala tadi akan padam setelah beberapa detik mesin dinyalakan. Apabila menemui kasus berupa indikator simbol check engine terus menyala setelah mesin dihidupkan, tentu terdapat permasalahan. Dan berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan check engine terus menyala setelah mesin dihidupkan.

1. Sensor Oksigen Tidak Berkerja Secara Normal

Penyebab indikator check engine menyala

Sensor oksigen yang rusak bisa menyebabkan check engine menyala
 

Hal yang bisa menyebabkan lampu indikator check engine terus menyala saat mesin dihidupkan yakni adanya kerusakan pada sensor oksigen. Sebagaimana fungsinya, sensor ini berguna untuk memantau oksigen pada sistem knalpot mobil dan juga menentukan seberapa banyak bahan bakar yang terpakai.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Untuk itu apabila kalian mengganti header, sebaiknya sensor oksigen juga tetap terpasang dan bekerja secara normal. Apabila sensor oksigen ini rusak dan tidak terpasang, bukan cuma lampu check engine menyala tapi juga bisa mengakibatkan performa mesin serta dapat merusak komponen catalytic converter. 

Oh iya, sensor oksigen ini juga bisa rusak apabila tertutupi oli dari sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna.

Baca juga: Mirip Mobil Listrik, Ada Mode B di Transmisi Daihatsu Sirion 2022, Apa Fungsinya?

2. Catalytic Converter Rusak

Penyebab indikator check engine menyala

Catalytic converter

Kerusakan sensor oksigen yang menyebabkan indikator check engine menyala bisa berbuntut panjang ke catalytic converter. Jika sensor oksigen sudah diganti dengan yang baru namun simbol mesin tetap menyala, maka diprediksi kuat catalytic converter juga ikut rusak.

Catalytic converter yang rusak berakibat pada konsumsi bahan bakar yang cenderung terasa lebih boros serta menurunnya performa mesin. Rusaknya catalytic converter ini juga dapat menghasilkan zat berbahaya seperti karbon monoksida tidak bisa dikonversi menjadi senyawa yang ramah lingkungan.

3. Filter Udara Kotor, Penyebab Rusaknya Mass Air Flow (MAF)

Penyebab indikator check engine menyala

Mass Air Flow (MAF) rusak

Sebagaimana fungsinya, filter udara berguna untuk menyaring debu yang terbawa bersama udara menuju ruang mesin untuk melakukan pembakaran. Filter udara yang kotor sendiri dapat menghambat udara masuk dan mengganggu cara kerja sensor Mass Air Flow (MAF), yang memiliki fungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang harus digunakan berdasarkan suplai udara yang masuk ke dalam mesin mobil.

Jika suplai udara yang masuk ke ruang bahan bakar menurun, maka akan menyebabkan kerusakan pada sensor MAF. Kerusakan MAF sendiri dapat menimbulkan gejala lampu indikator check engine yang terus menyala saat mesin hidup. Hal terparah selain check engine menyala, sensor MAF yang eror tidak bisa membaca volume udara yang masuk menuju mesin sehingga mengakibatkan idle mobil menjadi brebet.

Baca juga: Waspadai Overheat, Kenali Penyebab Temperatur Mobil Naik Secara Tiba-Tiba

4. Aki Bermasalah

Penyebab indikator check engine menyala

Kerusakan pada aki

Aki yang bermasalah juga dapat mengakibatkan lampu indikator check engine menyala. Ini terjadi di mobil yang tidak terdapat indikator aki di dashboard. Saat indikator check engine menyala, guna mengetahui aki yang bermasalah kalian bisa melepas salah satu kutub dan memasangnya kembali.

5. Penutup Tangki Bahan Bakar Kurang Rapat

Penyebab indikator check engine menyala

Tutup bensin tidak rapat

Beberapa mobil saat ini memiliki sinyal yang akan mengirim ke pusat control kendaraan untuk mendeteksi tutup tangki bahan bakar yang menutup kurang kencang. Sinyal tersebut berupa indikator check engine yang menyala secara terus menerus.

Untuk memastikan check engine menyala akibat tutup tangki bahan bakar yang tidak tertutup rapat, kalian bisa meminggirkan kendaraan di tempat yang aman lalu menutupnya secara rapat.

Baca juga: Jangan Abaikan Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Kalau Kelamaan Bisa Turun Mesin

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Honda City Hatchback RS 1.5 M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru