window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Keliru, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil Berdasarkan Bahannya

Yongki Sanjaya · 23 Mei, 2022 14:00

Jangan Keliru, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil Berdasarkan Bahannya 01

Jok mobil layaknya sofa atau kursi keluarga di rumah, menjadi titik kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang. Setelah bepergian jauh seperti mudik Lebaran, tak jarang jok mobil kotor, yang membuatnya terlihat jorok tapi juga mengganggu dan bikin risih. Untuk itu, kalian perlu tahu cara membersihkan jok mobil berdasarkan bahannya.

Perlu kalian ketahui, kondisi interior mobil bisa memperlihatkan karakter orang yang memiliki mobil tersebut. Kondisi jok mobil dan interior yang kotor juga bisa menjadi penilaian bila pemilik atau penggunanya adalah orang yang jorok dan malas bebersih.

Sangat penting untuk mengetahui jenis jok mobil Anda serta bahan apa yang dipakai. Bahan yang berbeda tentu saja harus mendapatkan perlakuan yang berbeda pula.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jenis bahan kulit tentu saja tidak bisa disamakan dengan fabric, bahan untuk membersihkannya. Bahkan setiap jenis bahan ini memerlukan cairan pembersih yang berbeda. 

Bahan kulit baik itu asli atau sintetis tidak bisa dengan cara yang kasar atau dengan bahan yang keras. Adapun bahan fabric yang lembut tentu saja tidak bisa digosok dengan begitu kencang dan keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada bahannya.

Gunakan Bahan Yang Tepat Saat Membersihkan Jok Mobil

Jangan Keliru, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil Berdasarkan Bahannya 01

Ada banyak sekali jenis cairan pembersih yang di jual di supermarket atau toko aksesoris yang menjual perlengkapan mobil. Anda dapat membeli pembersih yang sesuai setelah mengenali jenis jok mobil milikmu.

Cairan pembersih ini terdiri dari beberapa tingkatan. Maka dari itu pilihlah pembersih yang sesuai dengan bahan jok mobil, dengan aroma yang dapat mengurangi bau-bauan yang menempel pada jok.

Untuk bahan kulit, hindari pemakaian minyak kayu putih atau cairan pembersih yang bersifat melunturkan warna. Lebih ideal, memakai shampo rambut yang mengandung conditioner. Sedangkan untuk bahan kain atau fabric bisa memakai bahan detergen untuk mencuci baju bayi.

Cara Membersihkan Noda Membandel di Jok Mobil

Jangan Keliru, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil Berdasarkan Bahannya 02

Adapun untuk bahan fabric, kita bisa meneteskan cairan deterjen baju bayi di titik noda. Pertama, bersihkan jok menggunakan vacum cleaner untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.

Setelah itu, gosok memakai sikat gigi bekas dengan bulu halus secara hati-hati hingga kotorannya luntur. Cara ini bertujuan supaya struktur kain jok mobil juga tidak rusak.

Bila sudah selesai, seka dengan lap bersih yang agak basah supaya bekas sabunnya hilang. Untuk mengeringkannya, hindari memakai hair dryer dan sebaiknya dikeringkan alami dengan diangin-anginkan.

Gunakan Shampo Bayi Sebagai Cairan Pembersih Bahan Kulit

Jangan Keliru, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil Berdasarkan Bahannya 03

Material kulit termasuk bahan sintetis sebenarnya minim perawatan. Cukup di lap saja dengan kain halus lalu ditambah air hangat. Bisa juga kita memakai kain berbahan microfiber yang bersih supaya hasil lebih maksimal.

Bila menghadapi noda yang membandel, kita bisa membersihkannya dengan sampo bayi. Cukup disikat dengan lembut dan kemudian diseka dengan lap halus yang agak basah untuk membersihkan sisa busa shampo.

Cara Membersihkan Noda Tinta di Jok Mobil, Pakai Hand Sanitizer

Jangan Keliru, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil Berdasarkan Bahannya 04

Saat jok mobil terkena tinta, maka ada satu hal yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan noda tinta tersebut. Gunakanlah cairan pembersih yang memiliki kandungan alkohol. Jika Anda bingung dengan cairan pembersih yang mengandung alkohol yang aman untuk bahan jok, maka kamu dapat menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan noda tersebut.

Gosok secara perlahan di titik yang ketumpahan tinta sampai luntur. Untuk melunturkan tinta yang sudah kering, butuh beberapa tahap dan dilakukan secara hati-hati supaya lapisan warna jok di kulit tidak ikut luntur.

Membersihkan Noda Minyak dan Lemak, Tidak Bisa Sembarangan

Kadang kita menjumpai sisa noda minyak atau lemak, entah karena tumpahan sisa makanan atau mungki juga sisa pelumas setelah kita selesai servis mobil. Apabila noda masih baru, mungkin masih bisa dibersihkan dengan hand sanitizer, tapi kalau nodanya sudah cukup lama maka perlu perlakuan khusus.

Ada satu cara yang dapat dilakukan ketika jok mobil Anda mengalami masalah ketumpahan minyak atau noda oli. Caranya adalah dengan menggunakan pembersih cat kuku alias aseton.

Pemakaian cairan aseton ini harus sangat hati-hati karena sangat keras dan bisa melunturkan cat dengan mudah. Sebaiknya, aseton hanya digunakan pada permukaan jok berbahan fabric saja.

Oleskan aseton ini sedikit demi sedikit ke bagian yang terkena oli atau minyak dengan menggosokkan secara perlahan menggunakan kain. Setelah itu taburkan garam ke atas noda tersebut sampai semalaman. Keesokannya bersihkanlah bagian yang telah diberi garam dan Anda akan melihat hasil akhir yang bersih.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil