window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Main-main, Toyota Fortuner Ini Anti Peluru!

Prasetyo · 6 Mei, 2022 11:03

Jangan Main-main, Toyota Fortuner Ini Anti Peluru! 01

  • Toyota Fortuner anti peluru ini berbasis Fortuner Legender 2.8.
  • Semua kacanya memiliki ketebalan 3 inci.
  • Bodinya berlapis serat dan logam anti peluru.

Sepintas sosok Toyota Fortuner ini tidak ada yang spesial kecuali tampilannya seperti model Fortuner Legender yang sudah dirilis di beberapa negara tertangga. Namun ternyata Toyota Fortuner Legender berkelir putih tersebut punya kemampuan khusus, yakni tahan terhadap serangan peluru!

Sebuah kendaraan lapis baja yang anti peluru memang sering kali dibuat untuk kebutuhan orang-orang dari golongan tertentu. Misalnya kepala negara, para diplomat, tampi VVIP negara sahabat, atau para pengusaha yang ingin proteksi ganda pada kendaraannya.

Jangan Main-main, Toyota Fortuner Ini Anti Peluru! 02

Mobil anti peluru sering kali berupa kendaraan mewah

Namun umumnya kendaraan tahan serangan peluru ini diterapkan pada mobil-mobil premium. Semisal Mercedes-Maybach, Mercedes-Benz S-Class, Mercedes-Benz G-Class, BMW Seri 7, Rolls-Royce, Cadillac, dan sebagainya. Tapi ada satu Toyota Fortuner di India yang punya kemampuan istimewa ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner 2.8, Si Buas yang Minim Fitur Keselamatan

Menggunakan Basis Toyota Fortuner 2.8

Jangan Main-main, Toyota Fortuner Ini Anti Peluru! 01

Eksterior dan interiornya tampak biasa saja

Dikutip dari Rushlane, Jumat (06//04/2022), ada satu unit Toyota Fortuner yang sudah dilengkapi perangkat anti peluru. Mobil ini menggunakan jenis Fortuner Legender bermesin diesel 2.8-liter yang memang jadi varian tertinggi Fortuner di India.

Secara ekstetika eksterior dan interior tidak terlihat perbedaan dari mobil ini, Bahkan mobil juga diklaim masih bisa menampung tujuh penumpang layaknya Fortuner normal. Sayangnya tak ada informasi apakah bagian mesin juga ikut diubah. Mengingat bobot mobil pasti telah bertambah dengan adanya proteksi material anti peluru.

Baca juga : Perbandingan Fitur Keselamatan di Toyota Fortuner 2.8 vs Wuling Almaz RS, Mobil China Bisa Lebih Royal

Tahan Serangan Peluru dari Segala Arah

Jangan Main-main, Toyota Fortuner Ini Anti Peluru! 02

Semua kaca punya ketebalan 2-3 inci

Beberapa fitur yang sudah diterapkan pada SUV ladder frame tersebut antara lain kaca tebal anti peluru di bagain depan, samping, dan belakang. Kabarnya kaca yang digunakan memiliki ketebalan 2-3 inci. Kemudian ada bantalan karet tambahan disetiap bingkai jendelanya. Dan semua kaca jendela ini tidak bisa dibuka demi alasan keamanan.

Lantas pada bagian pintu juga dilapis serat anti peluru di area dalamnya. Pilihan material ini dianggap lebih ringan dibanding mengunakan lapis baja tambahan. Manfaat lainnya, bahan serat mampu menahan kekuatan peluru secara optimal dan menghancurkannya berkeping-keping. Tentu ini lebih baik ketimbang pakai material logam untuk menahan laju peluru tajam.

Jangan Main-main, Toyota Fortuner Ini Anti Peluru! 03

Dari balik bagasi juga ada pelindung

Dibagian belakang mobil juga tampak standar. Padahal ketika pintu bagasi dibuka, maka dibaliknya ada lembaran logam tambahan untuk penahan serangan senapan api. Tetapi dinding dari logam ini memiliki dua buah baut yang dapat dicopot pasang di bagian bawahnya jika si pemilik mobil butuh ruang bagasi. 

Bagian bawah juga tak luput dari perlindungan. Karena lantai mobil pun telah dilapis logam tambahan untuk menahan adanya kemungkinan serangan granat atau melintasi ranjau bom. Sayangnya proteksi tidak dilakukan di bagian atap, sehingga di bagain atas mobil masih sama sperti Fortuner Legender biasa. 

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil