window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Salah Kaprah, Ini Tanda Transmisi Matic Mobil Mulai Rusak

Enda · 17 Des, 2021 08:00

Ciri-ciri transmisi matic bermasalah

Tanda transmisi matic mobil mulai rusak

Dibandingkan manual, transmisi matic mobil memiliki kompononen yang lebih rumit. Dengan begitu kalian diharuskan mengoperasikannya secara lebih halus dan rajin melakukan perawatan seperti mengganti pelumas secara berkala.

Kerusakan pada transmisi matic tentunya bisa terjadi kapan saja. Khususnya untuk mobil yang memang jarang melakukan servis. Berikut adalah tanda-tanda transmisi matic mobil mulai bermasalah.

Baca juga: Ketahui Ciri-ciri Ball Joint Rusak, Bisa Bikin Mobil Jadi Liar

1. Akselerasi Mobil Terasa Lemot

Ciri-ciri transmisi matic bermasalah

Akselerasi mobil terasa lemot jadi penyebab transmisi matic bermasalah

Jika kalian menginjak pedal gas dan terdengar suara menderu tetapi mobil tidak bisa melaju seperti biasa, kemungkinan besar terdapat masalah pada bagian transmisi. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Penyebab masalah ini timbul dan mengakibatkan akselerasi mobil menjadi telat disaat merespons injakan pedal gas. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan drive plat kopling mobil sudah tipis. Untuk transmisi matic sendiri, bisa juga karena kinerja body valve yang mulai melemah. 

2. Muncul Suara Dengung

Disaat berkendara dan mendengar suara seperti dengung yang bukan berasal dari mesin, bisa disebabkan dari transmisi matic yang mulai rusak.

Suara seperti itu biasanya muncul dari beberapa komponen transmisi yang memang saling berbenturan. Hal ini terjadi karena mekanisme pergerakannya terhambat akibat kekurangan dorongan oli transmisi.

Baca juga: Mobil Terendam Banjir Rob? Tenang Masih Bisa Bersih Lagi Kok Kalau Lakukan 10 Hal Ini

3. Tercium Aroma Seperti Ada yang Terbakar

Ciri-ciri transmisi matic bermasalah

Timbul bau seperti ada yang terbakar bisa jadi penyebab transmisi matic mobil rusak

Ciri-ciri transmisi matic bermasalah lainnya terium aroma bau terbakar. Hal ini disebabkan karena gearbox mengalami overheating. Ketika kondisi transmisi sudah seperti itu, maka harus diberikan pelumas.

Fungsi pelumas sendiri tidak hanya melancarkan pergerakan komponen transmisi, namun juga menjaga stabilitas suhunya. Selain berkurangnya pelumas transmisi, bisa juga ada kebocoran atau pelumas telah kotor sehingga perlu melakukan penggantian. 

4. Kebocoran Cairan Transmisi

Demi menjaga kapabilitas pertukaran gear, transmisi matic membutuhkan cairan atau pelumas. Apabila ditemukan kebocoran, tentunya dapat menimbulkan masalah serius yang berujung kerusakan.

Untuk mengetahui adanya kebocoran atau tidak, kalian bisa melakukan pengecekan dengan melihat bagian kolong kendaraan serta mengangkat dipstick oli matic.

5. Timbul Rasa Getar yang Tak Biasa

Ciri-ciri transmisi matic bermasalah

Transmisi matic mulai rusak juga bisa timbul rasa bergetar

Mobil terasa bergetar dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Namun untuk mobil dengan transmisi matic, getaran timbul bisa disebabkan karena kampas kopling mulai aus sehingga membuat permukaannya tidak merata yang akan terasa bergetar ketika sedang berjalan.

Kondisi normal, kendaraan dengan transmisi matic tidak menimbulkan gertaran yang berlebih. Apabila muncul getaran yang membuat rasa berkendara tidak nyaman, bisa dipastikan terdapat komponen yang bermasalah pada transmisi matic mobil.

Baca juga: Sudah Tahu Belum, Ini Alasannya Sehabis Makan Kemudian Mengemudi Malah Ngantuk

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil