window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Salah Pilih, Pastikan Dongkrak Sesuai dengan Mobil Anda

Dhoni · 10 Feb, 2021 09:00

Dongkrak atau alat bantu untuk mengangkat mobil saat mengganti ban menjadi hal yang wajib tersedia pada mobil. Memang setiap Anda membeli mobil baru atau bekas, biasanya dongkrak dan kunci pembuka roda telah tersedia. Namun apakah dongkrak yang tersedia telah sesuai dengan mobil Anda?

Jangan Salah Pilih, Pastikan Dongkrak Sesuai dengan Mobil Anda 01

Tanpa disadari melakukan ubahan pada ukuran roda, velg hingga mengatur suspensi, ternyata dongkrak harus berubah. Paling tidak ukurannya menyesuaikan dengan kebutuhan untuk membantu mengangkat bodi mobil saat melakukan penggantian roda atau komponen lainnya yang berada di bawah bodi mobil.

Jadi fungsi dongkrak pada dasarnya adalah untuk memperingan pekerjaan dalam melakukan penggantian hingga perbaikan pada mobil. Dongkrak juga terkadang disebut Car Jack, memiliki pasangan jack stand yang bertugas menggantikan dongkrak dalam jangka panjang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jangan Salah Pilih, Pastikan Dongkrak Sesuai dengan Mobil Anda 01

Memilih dongkrak mobil yang sesuai

Jenis-jenis Dongkrak mobil

Pada dasarnya dongkrak terbagi dalam dua jenis yang sesuai dengan sistem kerjanya, yaitu:

Dongkrak mobil mekanik

Dengan penjelasan mekanik tentu anda telah mengetahui sistem kerjanya. Dongkrak mekanis menggunakan bantuan roda gigi dan sebuah ulir panjang untuk menggerakan bagian tuas.

Dongkrak mekanis dianggap lebih kuat dibanding model lainnya karena dapat menahan beban dalam waktu yang lebih lama. Berbeda dengan sistem hidrolik yang terkadang terkendala dengan tabung udaranya hingga ketahanan seal karetnya.

Dongkrak mobil hidrolik

Dengan bantuan cairan ataupun udara pada tabung, dongkrak hidrolik dianggap lebih mudah digunakan karena tidak membutuhkan tenaga besar. Hanya cukup menggerakan tuas ketika memompa untuk agar bagian titik penahan bergerak ke atas.

Namun kekurangannya, dongkrak ini tidak dapat menahan beban dalam jangka waktu panjang. Biasanya setelah menggunakan dongkrak hidrolik maka akan digantikan posisinya dengan jack stand.

Setelah mengetahui sistem kerja hingga jenis sistem kerja dari hidrolik, selanjutnya kita cari tahu dongkrak apa yang cocok untuk mobil anda. Paling tidak dengan mengetahui berbagai macam dongkrak dan fungsinya, dapat membuat anda lebih mudah memilihnya.

Macam - macam dongkrak mobil

Dongkrak Gunting

Mungkin karena bentuknya seperti gunting, dongkrak ini sebenarnya bentuknya menyerupai segi empat atau ketupat. Model cukup banyak digunakan pada berbagai mobil. Tetapi untuk memfungsikan dongkrak gunting sangat membutuhkan tenaga besar.

Jangan Salah Pilih, Pastikan Dongkrak Sesuai dengan Mobil Anda 02

Dongkrak mobil model Gunting

Sistem kerja dari dongkrak gunting adalah dengan memutar poros ulir yang berada di tengah. Tetapi karena harga yang murah membuat banyak produsen menyertakan dongkrak gunting dalam setiap pembelian mobil.

Keuntungan dari dongkrak gunting adalah daya tahannya tergolong kuat, mudah dirawat dan dimensinya cukup kecil.

Dongkrak botol

Dongkrak yang menyerupai bentuk botol ini menggunakan sistem kerja hidrolik sehingga tergolong praktis digunakan dan dimensinya cukup kecil untuk disimpan di dalam mobil.

Jangan Salah Pilih, Pastikan Dongkrak Sesuai dengan Mobil Anda 03

Dongkrak mobil model botol

Dongkrak botol hanya butuh menggerakan tuas sehingga mobil dapat terangkat, untuk menurunkan anda tinggal memutar knob yang tersedia. Dongkrak ini juga tersedia dalam berbagai kemampuan dalam mengangkat beban mulai dari 2 ton, 5 ton, 15 ton hingga lebih besar. Namun semakin besar kemampuannya maka dimensinya juga akan semakin besar. Jadi sesuaikan dengan berat mobil agar tidak merugi karena menyita ruang di dalam mobil.

Kekurangan dari dongkrak botol yang harganya cukup mahal adalah daya tahannya dibanding dongkrak gunting. Seal pada dongkrak kerap bocor dan tak banyak yang dapat memperbaiki dongkrak model botol.

Dongkrak mobil Buaya

Dengan bentuk yang seperti mulut buaya merupakan dongkrak yang dianggap paling besar kapasitas dalam mengangkat beban. Dongkrak Buaya mengunakan sistem hidrolik. Saat ini telah tersedia dongkrak buaya dengan ukuran yang kecil dengan dimensi yang juga kompak.

Jangan Salah Pilih, Pastikan Dongkrak Sesuai dengan Mobil Anda 04

Dongkrak mobil model buaya

Dongkrak Buaya terdapat roda di bawahnya sehingga sedikit riskan digunakan pada medan yang tidak rata. Mungkin anda dapat mengganjalnya tetapi tetap ada resiko. Tetapi dengan dimensi yang rendah, dongkrak ini dapat menjangkau bagian bawah mobil jenis sedan. Variasi kapasitasnya juga tergolong banyak seperti pada dongkrak botol.

Kekurangan dongkrak buaya adalah harga lebih tinggi dibanding dongkrak botol maupun gunting. Terlebih lagi dengan dimensi yang lebih besar sehingga diaggap tidak praktis untuk disimpan di dalam mobil.

Dongkrak Hi-Lift

Bagi offroader, dongkrak ini menjadi bagian wajib yang dibawa. Kemampuannya sangat bisa diandalkan dalam mengangkat mobil 4x4 yang tergolong lebih berat dibanding mobil standar.

Jangan Salah Pilih, Pastikan Dongkrak Sesuai dengan Mobil Anda 05

Hi-lift Jack

Sistem kerja dongkrak  Hi-lift masih mekanik sehingga tidak khawatir digunakan dalam berbagai medan dan cuaca. Bahkan terkadang juga digunakan untuk memindahkan batu maupun batang pohon yang tumbang.

Namun ukurannya menjadi kekurangannya dalam pemakaian dongkrak model ini. Biasanya dongkrak Hi-Lift disimpan di bagian belakang mobil, tergantung diluar.

Titik Untuk Mendongkrak mobil

Untuk menggunakan dongkrak pada mobil anda harus memastikan posisi yang tepat agar body mobil dapat terangkat dan tidak merusak chasis atau rangka mobil. Letak yang paling biasa digunakan pada bagian depan berada di dua titik pada bagian chasis di belakang roda depan. Sedangkan untuk posisi belakang berada di chasis yang terletak di depan roda belakang.

Jangan Salah Pilih, Pastikan Dongkrak Sesuai dengan Mobil Anda 06

Posisi atau titik meletakan dongkrak yang aman

Selain empat titik di atas, juga ada yang sering menempatkan dongkrak pada bagian tengah suspensi depan & belakang, bagian arm suspensi, sub-frame depan maupun gardan depan dan belakang. Namun bagian tersebut kurang dianjurkan, lebih aman menempatkan dongkrak pada chasis mobil. terlebih lagi untuk mengganti ban mobil.

Merawat dongkrak mobil

Seperti halnya komponen mobil, dongkrak juga membutuhkan perawatan. Caranya cukup mudah, selalu bersihkan setelah pemakaian dan usahakan selalu menyimpan dalam keadaan terlipat rapi. Terlebih pada dongkrak hidrolik, semakin lama oli dipompa dalam tabung maka seal akan mudah rusak.

Menyimpan dongkrak di dalam mobil

Untuk menyimpan dongkrak di dalam mobil, biasanya produsen mobil telah menyediakan ruang di area bagasi atau dengan dengan ban cadangan. Bebarapa mobil seperti MPV hingga SUV telah menyediakan ruang di balik lantai kabin di area belakang. Namun jika anda akan membawa barang bawaan cukup banyak, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan dan meletakan di area yang mudah dijangkau.

Dengan berbagai jenis dan model dongkrak mobil, kini anda dapat menentukan yang tepat untuk menyesuaikan kebutuhan mobil. Jangan ragu untuk sesekali mencoba menggunakan dongkrak agar mengetahui kondisinya. Selain itu anda juga dapat mengetahui kondisi ban maupun kaki – kaki pada mobil kesayangan anda.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil