window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu

Enda · 25 Jun, 2021 17:00

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu 01

Waspada sebelum membeli, spare part palsu kini banyak dijumpai di pasaran

Seiring dengan terus bertambahnya jumlah kendaraan, maka ketersediaan spare part juga terus ditingkatkan guna memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Melihat kebutuhan pengunaan suku cadang yang semakin meningkat, membuat beberapa oknum nakal melakukan pemalsuan spare part guna meraup untuk yang besar.

Dengan begitu, kalian diwajibkan lebih waspada ketika ingin membeli spare part. Pasalnya, di pasaran baik offline maupun online, banyak sekali beredar spare part palsu yang dijajakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Spare part tiruan ini sekilas akan terlihat sama seperti aslinya. Hal ini bertujuan agar konsumen mempercayai bahwa spare part yang dibeli adalah asli.

Melihat kejadiaan tersebut, kami akan memberikan tips mudah untuk mengetahui mana spare part yang asli atau palsu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Rekomendasi 5 Oli yang Cocok untuk mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, Awas Jangan Asal Isi!

1. Nomor Seri Spare Part Palsu Terlihat Mencurigakan

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu 01

Nomor seri spare part palsu lebih mencurigakan dan tidak rapih dalam cetakan

Pada umunya, setiap spare part asli memiliki nomor seri atau part's number sebagai identifikasinya. Apabila terdapat spare part yang dijual namun nomor serinya tidak sesuai, mudah pudar, cetakan nomornya tidak pas, bahkan tidak ada nomor serinya, bisa dipastikan produk yang dijualnya tersebut adalah palsu.

2. Warna Kemasan Spare Part Palsu Lebih Pucat dan Terlihat Jelek

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu 02

Warna kemasan spare part palsu lebih pucat dan terlihat jelek

Spare part palsu biasanya memiliki warna kemasan yang lebih pucat dan jelek. Jika sudah seperti itu, kalian wajib mencurigai sebelum membelinya.

Sebab yang namanya spare part asli, selalu dalam keadaan terbungkus rapih dan warna kemasannya lebih cerah. Tentunya kalian jangan langsung percaya apabila penjual beralasan bahwa kemasannya yang pudar, jelek atau rusak karena terlalu lama disimpan di gudang.

3. Harga Jual Spare Part Palsu Lebih Murah

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu 03

Kalian jangan pernah sesekali tergiur dengan harga spare part yang murah. Pasalnya, harga spare part yang lebih murah dari pasaran ini dimanfaatkan oleh oknum untuk menarik minat konsumen agar membeli spare part palsu.

Dijual dengan harga yang lebih murah, oknum tersebut menginginkan barang dagangannya tersebut cepat laku. Jadi, kalian harus lebih waspada dengan harga sparepart yang tidak masuk akal.

4. Spare Part Palsu Tidak Pernah Memiliki Garansi

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu 04

Produsen atau pembuat spare part asli biasanya akan memberikan garansi apabila terdapat cacat produk. Berbeda dengan produsen dan penjual spare part palsu, oknum tersebut tidak akan memberikan garansi terhadap barang yang dijualnya.

Maka kalian harus lebih teliti dan jangan mudah tertarik membeli sparepart yang tidak memberikan garansi dengan iming-iming harga yang murah.

Baca juga: Tanpa Disadari, Berikut Kejadian yang Bisa Menyebabkan Garansi Mobil Hangus

5. Spare Part Palsu Tidak Dilengkapi Stiker Barcode

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu 05

Biasanya spare part asli kini sudah dilengkapi dengan stiker barcode yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian produk. Stiker barcode yang tertera pada kemasan spare part asli ini ketika proses scan barcode akan memunculkan informasi bahwa suku cadang yang dibeli ini asli dan sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.

Apabila kalian menemukan kemasan pada spare part yang tidak dilengkapi stiker barcode, baiknya jangan melanjutkan transaksi. Karena bisa dipastikan spare part yang dijualnya tersebut palsu.

6. Label Hologram Pada Kemasan Pudar dan Tidak Berdimensi

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu 06

Bukan hanya stiker barcode, spare part asli juga memiliki label hologram yang terlihat sangat jelas. Apabila label hologram pada kemasan pudar dan tidak berdimensi, baiknya kalian harus curiga. Karena bisa dipastikan spare part yang dijualnya tersebut palsu.

7. Periksa Kondisi Fisik Spare Part yang Hendak Dibeli 

Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu 07

Ketika ingin membeli spare part, kalian juga harus lebih teliti dalam memeriksa kondisi fisik dari barang yang ingin dibeli. Meski spare part palsu dibuat semirip mungkin, umumnya suku cadang KW ini memiliki bentuk yang tidak rapih.

Bukan cuma itu saja, bahan material yang digunakan dalam pembuatan spare part palsu juga berbeda. Tentunya secara fisik kalian bisa melihat perbedaan antara mana spare part yang asli atau palsu.

Membeli spare part palsu tentunya dapat merugikan konsumen. Tidak hanya mengeluarkan uang yang percuma, penggunaan spare part palsu juga dapat merusak bagian mobil lainnya.

Disisi lain, penggunaan spare part palsu juga dapat membahayakan penggunanya karena tidak tahu berapa besar angka tingkat durabilitas yang dimiliki.

Baca juga: Siapa Sangka, Fitur di Toyota Avanza Ini Ternyata Sering Tak Disadari

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil