window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Sembarangan Wiper Mobil Diangkat Saat Parkir, Malah Bisa Rusak Lho!

Prasetyo · 15 Jul, 2021 19:45

Wiper Mobil Diangkat

Anda pasti pernah mendengar saran dari seseorang jika ketika parkir untuk waktu lama, sebaiknya wiper mobil diangkat atau ditegakkan. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini kegiatan lebih banyak di rumah, jadi mobil Anda lebih sering nganggur di garasi.

Saran untuk mengangkat wiper mobil ini sudah terjadi bertahun-tahun. Alasannya supaya karet wiper lebih awet dan tidak cepat getas. Apalagi jika mobil di parkir pada lokasi tanpa penutup sehingga terkena sinar matahari langsung.

Tapi sebenarnya betul gak sih saran untuk angkat wiper mobil ketika parkir dalam waktu cukup lama? Apa manfaat wiper mobil diangkat saat parkir? Yuk kita bahas sedikit kebenarannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Betul Ada Risiko karet Wiper Bisa Getas

Wiper Mobil Diangkat -1

Karet wiper mudah getas jika terkena panas dalam waktu lama

Baca juga : Saat Musim Hujan, Perhatikan Cara Memilih Wiper Terbaik Untuk Menembus Derasnya Air

Saran untuk mengangkat wiper ketika mobil terparkir apalagi di lokasi outdoor sebenarnya bukan suatu hal yang salah. Karet wiper memang akan mudah rusak, lengket, atau getas apabila terkena panas matahari dalam waktu lama.

Sementara pada saat mobil terparkir di bawah sinar matahari langsung, kaca depan adalah bagian yang terpapar sinar cukup banyak. Apabila karet wiper dibiarkan menempel di kaca, maka sifat elastis karet tersebut jadi mudah rusak. Jika sudah demikian, ketika digunakan, karet wiper bukannya membasuh air dengan sempurna pada waktu hujan, tapi malah menimbulkan baret di kaca.

Wiper Mobil Diangkat -2

Kaca bisa baret kalau karet wiper sudah mengeras

Tapi sebenarnya wiper mobil tak perlu ditegakkan apabila mobil terparkir di ruangan yang terlindung dari sinar matahari langsung. Atau mislanya Anda hanya parkir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Ada Risiko Per Wiper Mobil Rusak

Sebenarnya ada satu risiko yang lebih buruk jika kebiasaan angkat wiper mobil saat parkir. Sebab pada sebuah konstruksi wiper di mobil, pada batang wiper terdapat pegas. Pegas ini akan ikut tertarik jika wiper diangkat atau ditegakkan.

Wiper Mobil Diangkat -3

Saat wiper ditegakkan, per di batang wiper ikut tertarik

Bayangkan kalau wiper diangkat dalam waktu lama hingga berhari-hari atau berbulan-bulan, maka pegas akan selalu dalam kondisi tertarik. Jika demikian, konstruksi dan kekuatan pegas akhirnya menurun dan tidak kuat lagi menekan wiper. Padahal pegas ini membantu saat wiper bergerak menyapu air hujan.

Dan jika pegas wiper ini rusak, proses penggantiannya sedikit lebih merepotkan dibanding sekedar ganti karet wiper. Bahkan pada kondisi tertentu, tak semua toko suku cadang dan aksesoris mobil menyediakan pegas wiper walaupun sebenarnya ahrag komponen ini cukup murah.

Baca juga : Perhatikan Penyebab Kerusakan Suspensi Mobil Ini, Agar Anda Tetap Nyaman

Bagaimana Sebaiknya Menjaga Wiper Mobil?

Wiper Mobil Diangkat -4

Jangan lupa selalu isi air reservoir

Dari kedua fakta tadi, lalu bagaimana yang harus kita lakukan untuk menjaga kondisi wiper mobil biar kinerjanya tetap prima dalam waktu lama?

Sebenarnya Anda bisa gunakan alat penyangga wiper ketika hendak parkir di lokasi terbuka yang kena sinar matahari langsung alam waktu lama. Jika mau yang sederhana cukup menggunakan potongan kertas atau karton, atau gunakan lap microfiber. Ini hanya sekedar untuk memastikan karet wiper tak bersentuhan langsung dengan kaca mobil sementara pegas wiper juga tetap tidak terangkat.

Perhatikan pula air reservoir. Sebaiknya gunakan cairan khusus wiper bukan sekedar air rumah atau air yang ditambahkan sabun. Air wiper ini banyak kok dijual di toko aksesoris otomotif dan harganya sangat terjangkau. Dengan menyemprot washer reservoir ini kinerja wiper akan sedikit terbantu saat membersihkan kaca namun tak meninggalkan bekas atau baret.

Baca juga : Jangan Langsung ke Bengkel Cat, Ini Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Mudah dan Murah

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil