window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jarang Ada yang Tahu, Ini Fungsi Cover Mesin di Mobil Mewah

Yongki Sanjaya · 18 Mar, 2023 10:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah, Kalau Dilanggar Bisa Bikin Mesin Jebol

Awas, Ada Bahaya Salah Pilih Oli Mesin Buat Motuba

Tentu kalian juga penasaran, apa sih fungsi dari cover mesin ini? Kenapa nggak semua mobil memasang atau memakai cover seperti ini? Jelas fungsinya tidak sekedar masalah estetika semata karena pasti ada hal lain yang tak kalah penting.

Ada dua macam engine cover, menutupi mesin di bagian atas yang terlihat begitu kap mesin dibuka (upper) dan engine cover di bagian bawah atau kolong mobil (low).  Engine cover bagian atas biasanya terbuat dari plastik tahan panas yang ringan. Selang ataupun kabel-kabel yang kelihatan jelas akan membuat tampilan ruang mesin berantakan.  Dengan engine cover, tak ada kabel-kabel yang terlihat berseliweran di atas head mesin. 

Cover Menutup Mesin Supaya Tidak Terlihat Jorok

Jarang Ada yang Tahu, Ini Fungsi Cover Mesin di Mobil Mewah 01

Mesin mobil tentu menghasilkan sisa jelaga oli setelah bertahun-tahun. 'Keringat' ini adalah rembesan oli melalui paking head atau celah tutup oli yang sealnya sudah getas. Nah cover mesin ini menutupi agar engine bay tidak terlihat jorok. 

Melindungi Elektrikal yang Ada di Head Mesin

Jarang Ada yang Tahu, Ini Fungsi Cover Mesin di Mobil Mewah 02

Engine cover membantu pengaturan kabel-kabel busi supaya rapi dan terhindar dari panas berlebih dari mesin. Akibat panas ini tak jarang bisa merusak kualitas hingga bikin kabel getas atau meleleh. 

Lebih lanjut, engine cover juga memberi fungsi perlindungan agar membuat air terhalang untuk masuk. Sehingga kemungkinan rembesan air mengenai soket, kabel, dan lain sebagainya akan lebih kecil. 

Meredam Suara Mesin Lebih Baik

Jarang Ada yang Tahu, Ini Fungsi Cover Mesin di Mobil Mewah 03

Fungsi cover juga sebagai peredam suara tambahan selain lapisan firewall dan peredam di kap mesin. Adanya cover ini membuat suara yang dihasilkan mesin akan terdengar lebih senyap di luar. 

Kadang di beberapa mobil suara knalpot kalah bising dengan suara mesin. Dengan cover, kebisingan tadi dapat lebih teredam karena gelombang suara hanya berkutat di dalam mesin. 

Melindungi Mesin dari Debu dan Kerikil di Jalan

Jarang Ada yang Tahu, Ini Fungsi Cover Mesin di Mobil Mewah 04

Selain itu, engine cover pada bagian kolong mobil melindungi mesin dari debu, kotoran hingga kerikil dan pasir yang mungkin menghantam mobil saat mobil melaju kencang. 

Cover mesin bagian bawah ini umumnya dibuat dengan material dasar baja atau sama seperti bahan body mobil. Material yang keras seperti ini melindungi secara maksimal area bawah mesin saat terhempas batu. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil