Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui

Enda · 29 Apr, 2021 21:00

Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui 01

Tampilan depan Honda BR-V

Low SUV pabrikan otomotif Jepang berlogokan ‘H’ tegak, Honda BR-V hadir dengan bentuk yang gagah dan stylish sebagai ciri khas kendaraan SUV masa kini. Sedikit melihat sejarahnya, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015.

Selang tiga tahun kemudian, BR-V kembali mendapat update pada sektor fitur yang diperkenalkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Satu tahun kemudian, masih dalam ajang yang sama, LSUV andalan Honda ini kembali mendapatkan penyegaran yang mana masuk dalam kategori facelift pertama.

Dengan mengusung konsep Brave New Worlds, salah satu model flagship dari PT Honda Prospect Motor (HPM) ini kini tampil semakin elegan dengan sentuhan kemewahan pada eksterior dan interior, sekaligus semakin nyaman berkat kehadiran fitur-fitur baru. Desain baru pada eksterior Honda BR-V menampilkan New Black Front Grille Design, New Front Bumper Design, dan New Front Under Spoiler pada bagian depan. Sementara New LED Daytime Running Light dan New Fog Lamp Garnish memberikan penerangan maksimal sekaligus menambah kesan mewah pada wajah mobil ini.

Bergeser ke bagian sampingnya, kesan SUV tangguh semakin kental dengan tambahan New Black Side Under Spoiler dan New 16” Alloy Wheels Design. Akses masuk ke dalam Honda BR-V juga semakin mudah dengan Smart Entry System untuk membuka atau mengunci kendaraan secara otomatis hanya dengan menekan tombol pada gagang pintu. Desain baru Honda BR-V juga tampak pada bagian buritan dengan perubahan pada desain bumper belakang dan penambahan Rear Under Spoiler.

Lantas apa sih keistimewaannya mobil ini? Daripada semakin membuat kalian penasaran, simak keistimewaan Honda BR-V yang wajib kalian ketahui.

Baca juga: Diantara 5 Mobil Low SUV Ini, Mana yang Paling Layak Dibeli?

1. Kenyamanan Berkendara Honda BR-V Tidak Bisa Disepelekan

Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui 02

Tampilan dashboard Honda BR-V

Diketahui Honda BR-V telah dilengkapi kaca dengan Heat Rejecting Tinted Glass untuk menghindari sinar serta panas terik matahari yang masuk secara berlebihan ke dalam kabin. Untuk menambah kenyamanan, Honda BR-V juga telah dilengkapi dengan New Driver Seat Height Adjuster pada bangku pengemudi, serta New Center Headrest dan jok yang lebih tebal di bangku baris kedua.

Selain itu, dengan adanya fitur baru yang dinamakan One Push Ignition System, pengguna dapat lebih mudah menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari. Di sisi lain, kenyamanan di dalam kabin semakin lengkap dengan head unit baru 8” Floating Capacitive Touchscreen Display Audio yang kompatibel dengan berbagai format musik seperti AM/FM Radio, MP3/WMA, Bluetooth, Smartphone Connection, Aux Input, dan USB Port.

Oh iya, head unit pada mobil ini juga dilengkapi fitur Smart Connectivity dengan Web Link yang dapat terhubung dengan smartphone dan menampilkan beberapa aplikasi tertentu yang dapat dikendalikan melalui Audio Steering Switch di lingkar kemudi. Sementara itu, adanya Tweeter Speakers baru semakin menambah kenikmatan mendengarkan musik selama perjalanan.

Sebagai tambahan, Honda BR-V juga didukung sistem Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System untuk kenyamanan dan keamanan lainnya.

2. Fitur Keselamatan Cukup Lengkap Dikelasnya Sebagai Ciri Khas Honda  

Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui 03

Sedari dulu, Honda selalu memperhatikan faktor keselamatan terhadap setiap penggunannya. Diketahui bahwa Honda BR-V berhasil dirancang dengan bangun struktur rangka G-CON + ACE with Side Impact Beam untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan. Mengenai fitur keselamatan lainnya, LSUV andalan Honda ini juga dibekali sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA) untuk menjaga stabilitas kendaraan, dan Hill Start Assist (HSA) untuk memudahkan akselerasi setelah berhenti di tanjakan.

3. Bagian Dalam Kabi Lebih Lega Dari Kompetitornya

Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui 04

Interior Honda BR-V

Mengetahui dimensinya, Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Secara spesifikasi data, LSUV andalan Honda ini nyatanya lebih besar dari pesaing utamanya, Toyota Rush maupun Daihatsu Terios. Dimana Rush-Terios sendiri mempunyai panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm.

Bagian lantainya juga dibuat lebih lapang untuk memberikan gaya bebas terhadap ruang kaki penumpang. Tidak hanya itu, leg room serta head room pada baris kedua dan ketiga juga terasa begitu lapang. Untuk memberikan kepraktisan, kursi baris ketiga bertipe 50:50 split yang dapat memberikan ruang bagasi lebih luas.

Baca juga: 7 Fakta Honda BR-V yang Sedikit Diketahui

4. Honda BR-V Dibenamkan Mesin dengan Tenaga Paling Besar Dikelasnya

Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui 05

Honda BR-V dibenamkan mesin dengan tenaga terbesar di kelasnya

Bicara jantung pacu, Honda BR-V dibenamkan mesin dengan tenaga paling besar di kelasnya. Menurut data di atas kertas, mesin 1.5L 4 Silinder Segaris 16 Katup i-VTEC +DBW yang digunakan dapat memuntahkan tenaga hingga 120 PS @6.600 rpm, serta torsi maksimal 145 Nm @4.600 rpm.

Tenaga yang dihasilkan tersebut diasalurkan melalui penggerak roda depan yang dihubungkan dengan transmisi manual 5-percepatan serta CVT. Di antara rival terdekatnya, BR-V merupakan LSUV satu-satunya yang menggunakan transmisi model CVT dengan perpindahan gigi yang terasa halus namun tetap responsif.

5. Konsumsi BBM BR-V Terbilang Irit

Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui 06

Tampilan samping Honda BR-V

Uji coba konsumsi BBM terhadap Honda BR-V pernah dilakukan. Diketahui penggunaan dalam kota menggunakan transmisi CVT, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 11 km/liter. Sedangkan ketika mobil diajak melaju dalam kecepatan konstan di jalu bebas hambatan, LSUV ini dapat mencetak konsumsi di angka 16,5 km/liter.

Angka konsumsi BBM yang diraihnya masih dalam kategori irit sebagai LSUV yang menawarkan fitur kenyamanan dan keselamatan cukup baik.

Kesimpulan

Beberapa parameter mengenai keistimewaan dari Honda BR-V berhasil kami jelaskan di atas. Melihat data penjualan selama Maret 2021, mobil ini berhasil mencatat peningkatan penjualan. Pencapaian penjualan Honda didukung berkat penyegaran beberapa produk dan program relaksasi pajak yang membuat permintaan konsumen meningkat.

Honda mencatat penjualan retail (diler ke konsumen) sebesar 10.048 unit pada bulan Maret lalu, meningkat sebesar 67% dibandingkan penjualan pada bulan sebelumnya. Dari besaran persen yang didapat diantaranya berhasil diraih Honda BR-V dengan penjualan retail sebesar mencapai sebesar 286 unit.

Animo masyarakat tehadap LSUV pabrikan Honda ini secara data memang meningkat, namun prestasinya tak segemilang rival terdekatnya. Bicara mengenai produk terbaru Honda, HPM akan melakukan digital world premier yang mana akan dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2021 mendatang.

Menurut prediksi kami melalui gambaran teaser yang tersebar di media sosial, ini merupakan varian teranyar dari Honda BR-V. Dimana wujud terbaru All New BR-V ini mendapatkan lampu DRL LED tepat di atas lampu utama yang tekesan begitu atraktif.

Semoga dalam world premier nanti merupakan penyegaran terbaru dari Honda BR-V ya… 

Baca juga: Yuk, Kita Intip 8 Kepraktisan dan Kelegaan Honda BR-V!

Komentar

Mobil Terbaru