Jeep Grand Commander Versi 7-seater Siap Tantang Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Dhoni · 17 Mei, 2021 20:00

Jeep Grand Commander 2021 versi 7-seater mulai menampakkan diri di China. Kendaraan ini mengisi segmen SUV yang serupa dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Grand Commander rencananya akan diperkenalkan dalam waktu dekat, sehingga bocoran spesifikasinya mulai terungkap.

Jeep Grand Commander Versi 7-seater Siap Tantang Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner 01

Jeep Hadirkan SUV 7-seater Penantang Mitsubishi Pajero Sport & Toyota Fortuner

Baca juga: Jeep Compass Facelift 2021 Segera Mengaspal di Tanah Air. Line-up Jeep Lainnya Akan Menyusul

Jika diperhatikan, Jeep Grand Commander 2021 7-seater yang hadir di China masih mengusung desain tidak berbeda jauh dari versi Jeep Compass sebagai SUV yang cukup popular. Jeep Grand Commander 2021 7-seater juga akan hadir dalam varian Plug-in Hybrid. Opsi ini melengkapi mesin berbahan bakar bensin dan diesel yang sudah ada.

Penampilan Jeep Grand Commander 2021 7-seater memang mengunakan desain dari Jeep Compass 5-seater. Namun perbedaan terdapat pada bumper depan dan belakang sehingga tampilannya lebih elegan. Khusus di China, Jeep Grand Commander 2021 7-seater mengunakan gril maupun fog lamp (lampu kabut) yang berbeda.

Jeep Grand Commander Versi 7-seater Siap Tantang Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner 02

Untuk grill Jeep Grand Commander 2021 7-seater terdiri dari bilah yang terpasang vertikal dengan logo Jeep dibagian kap mesin. Untuk foglamp dikelilingi dengan bingkai berwarna hitam. Seluruh lampu Jeep Grand Commander 2021 7-seater telah mengunakan teknologi LED.

Dimensi Jeep Grand Commander 2021 7-seater memiliki panjang 4.895 mm, lebar 1.896 mm, dan tinggi 1.754 mm. Sedangkan Jeep Compass 2021 5-seater yang telah hadir di Indonesia memiliki dimensi yang lebih kecil, berikut perbandingan antara keduanya:

Perbandingan Jeep Compass 5-seater & Jeep Grand Commander 7-seater
Model Jeep Compass 1.4P DCT 
Jeep Grand Commander 7-seater
Panjang (mm) 4.394 4.895
Lebar (mm) 1.819 1.896
Tinggi (mm) 1.635 1.754
Kapasitas 5 orang 7 orang

Dengan perbedaan daya tampung, tentu membuat eksterior Jeep Grand Commander 2021 7-seater berbeda. Perubahan yang mendasar dari versi Jeep Compass 5-seater terdapat bagian samping hingga belakang bodi.

Pada bagian belakang Jeep Grand Commander 2021 7-seater telah mengusung desain terbaru. Hal tersebut dapat dilihat dari model lampu LED yang tampil minimalis namun tetap elegan sebagai SUV 7-seater. Untuk menekankan identitas, terdapat tulisan Grand Commander. Sedangkan logo PHEV telah digantikan dengan huruf ‘e’ sebagai lambang varian Plug-in Hybrid.

Jeep Grand Commander Versi 7-seater Siap Tantang Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner 03

Performa Jeep Grand Commander 2021 7-seater

Jeep Grand Commander 2021 7-seater akan hadir dalam mesin 2,0 liter yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 9-percepatan. Kemampuan yang diunggulkan yaitu pengaturan low-end dapat digunakan demi menunjang beban dari body yang lebih bongsor.

Untuk Jeep Grand Commander 2021 7-seater PHEV dapat menghasilkan tenaga mencapai 229 PS berkat motor listrik yang digunakan. Tentunya kemampuan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen setia dari mobil buatan Amerika Serikat ini.

Harga Jeep 7-seater di Indonesia

Jeep hadir di Indonesia melalui PT DAS Indonesia Motor memang telah berencana menghadirkan varian Jeep dengan kapasitas 7 penumpang pada April lalu. Namun sesuai informasi, kehadirannya masih tertunda karena sesuatu hal.

Alasan yang paling mencuat adalah posisi dari sistem kemudi. Untuk pasar global, Jeep hadir dengan Left Hand Drive (kemudi sisi kiri). Sedangkan di Indonesia menggunakan kemudi di sisi kanan.

Jeep Grand Commander Versi 7-seater Siap Tantang Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner 04

Harga Jeep Compass 7-seater Rp600 jutaan

“Saat ini dalam proses produksi karena sebelumnya kami masih menunggu dari pihak principal. Ada proses dalam mengubah mobil Jeep dari kemudi sisi kiri menjad Right Hand Drive (RHD).” Ungkap Indra Kurniawan, Marketing Manager Jeep Indonesia, PT DAS Indonesia Motor.

Dengan demikian, PT DAS Indonesia Motor memastikan akan segera menghadirkan Jeep Compass 5-seater pada bulan Agustus 2021, sementara untuk Jeep Compass versi 7 penumpang akan hadir pada kuartal keempat di tahun 2021.

Hadirnya dua versi dari Jeep Compass 2021, tentunya akan menjadi pesaing dari Toyota Fortuner dan juga Mitsubishi Pajero Sport yang saat ini menguasai segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia. Persaingan tentu akan memanas, terlebih diperkirakan harga Jeep Compas 5-seater maupun 7-seater berkisar Rp600 juta hingga Rp700 juta.

Jadi anda pilih SUV buatan Amerika atau Jepang?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Jeep Compass Longitude

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru