window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta

Nussa · 1 Agu, 2022 08:08

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta 01

  • Toyota Sienta saat ini masih dijual di Indonesia.
  • Pilihan MPV berpintu geser dengan desain sporty.
  • Fitur Toyota Sienta juga tak kalah dengan MPV kekinian.

Mobil jenis multi purpos vehicle (MPV) dengan pintu geser atau sliding door banyak juga diminati oleh konsumen di Indonesia. Sebab, tampilannya terlihat elegan dan berkelas serta memiliki kemudahan untuk akses masuk dna keluar kabin mobil.

Mobil MPV pintu geser di Indonesia juga cukup beragam pilihannya. Satu diantaranya adalah Toyota Sienta. Mobil yang satu ini pertama kali diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 2016 lalu. Toyota meluncurkannya pada saat pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta 02

Sienta jadi pilihan MPV pintu geser yang cukup banyak diminati

Namun, sebenarnya mobil ini sudah mengaspal duluan di Jepang sejak tahun 2013. Saat pertama kali diluncurkan, mobil ini banyak menarik perhatian konsumen di Indonesia. Tak hanya desain eksteriornya yang cukup unik, fitur sliding door juga menjadi salah satu jurus Sienta dalam memikat hati konsumen.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain pintu gesernya, hal lain yang membuat konsumen tertarik adalah harganya yang cukup kompetitif. Sebab, mobil ini menjadi mobil Sienta pertama yang dirakit di luar Jepang. Dengan status Completely Knock Down (CKD), tentunya harganya sangat bersaing dengan kompetitor lainnya. Pada tahun 2019, Toyota Sienta mendapat penyegaran pada bagian eksterior dan interiornya.

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta 01

Pintu geser pada Sienta menjadi salah satu daya tarik untuk konsumen

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), catatan penjualan Toyota Sienta kurang baik. Secara wholesales (dari pabrik ke dealer), pada tiga bulan pertama (Januari - Maret) tahun 2022, distribusi Toyota Sienta hanya berjumlah 17 unit. Penurunannya sangat signifikan dibandingkan dengan tahun lalu dengan periode yang sama yang tercatat mencapai 123 unit.

Meski demikian, PT TAM masih memasarkan Sienta hingga saat ini. Mobil ini hadir dalam tiga varian, yakni Sienta Welcab dengan harga Rp416,6 juta (on the road Jakarta), Sienta Q Type dengan harga Rp343,7 juta (on the road Jakarta), dan Sienta V Type yang dibanderol Rp322,1 juta (on the road Jakarta).

Bagi yang masih penasaran ingin meminang MPV pintu geser tersebut, berikut ini kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta.

Baca juga : Wujud Asli Toyota Sienta 2022 Akhirnya Terkuak, Jadi Lebih Imut dan Lucu

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta 02

Toyota Sienta punya desain yang cukup agresif dan modern

Kelebihan Toyota Sienta

1. Desainnya Unik

Toyota Sienta didesain cukup berbeda dengan mobil Toyota pada umumnya. Sebab, mobil MPV pada umumnya memiliki desain yang mengotak, tapi Sienta malah memiliki desain yang sedikit membulat.

Tapi, dengan desain tersebut justru membuat Toyota Sienta jadi menarik. Selain itu, desainnya juga membuat mobil ini lebih menonjol dibanding mobil lain sekelasnya.

2. Transmisi CVT

Saat ini, Toyota Sienta hadir dalam tiga varian. Semua varian tersebut mendapatkan sistem transmisi CVT. Transmisi tersebut terkenal dengan karakternya yang halus pada setiap perpindahan giginya. Selain itu, juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta 03

Kabin Toyota Sienta dinilai cukup lapang

3. Kabin yang Lapang

Dari luar, dimensi Toyota Sienta terlihat kompak. Tapi, saat masuk ke kabinnya, bagian dalamnya terasa cukup lapang. Akomodasi tersebut yang membuat Sienta jadi salah satu pilihan konsumen. Khususnya, konsumen yang sudah berkeluarga. Mobil ini bisa menjadi mobil impian untuk keluarga baru dengan satu anak maupun yang sudah memiliki tiga anak.

Sienta diklaim dapat memuat tujuh penumpang dan masih memberikan ruang gerak yang cukup nyaman. Sedangkan untuk barang bawaan, mobil ini juga masih menawarkan ruang bagasi yang cukup luas. Jika masih kurang, tempat duduk pada baris ketiga bisa dilipat untuk menambah kapasitas ruang bagasi.

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta 04

Bangku di baris kedua dan ketiga bisa dilipat untuk memaksimalkan volume bagasi

4. Mesin yang Andal

Untuk dapur pacunya, Toyota mengandalkan mesin berkode 2NR-FE yang sudah terkenal kompetitif dan tangguh. Selain mesinnya andal, dari segi konsumsi bahan bakar juga Sienta dikenal cukup irit.

Mesin 2NR-FE merupakan mesin 4 silinder segaris, 16 katup, dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Lalu, Toyota juga menyematkan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Dari mesin tersebut, tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mencapai 105 HP dengan torsi maksimum sebesar 140 Nm.

5. Fitur yang Cukup Lengkap

Terkait fitur, Sienta sudah memiliki head unit yang dapat memutar radio, CD, MP3, dan memiliki konektivitas USB dan Bluetooth.

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta 05

Fitur yang disematkan pada Toyota Sienta terbilang cukup lengkap

Selain itu, terdapat fitur keselamatan yang cukup lengkap, yakni airbag di bagian depan, kamera parkir atau kamera mundur, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Baca juga : 5 Fakta Menarik Toyota Sienta Bekas, Harganya Kini Nggak Lagi Jatuh!

Kekurangan Toyota Sienta

1. Material Pada Interior

Meski terlihat elegan dengan pintu geser otomatis, tapi jika memperhatikan bagian interiornya dengan detail, New Sienta dianggap kurang memuaskan oleh sebagian konsumen. Sebab, beberapa material plastik yang digunakan terkesan murah. Sayangnya, material plastik tersebut cukup mendominasi interior mobil ini.

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta 06

Tampilan menarik di luar, kabinnya dinilai kurang berkelas

2. Radius Putar Setir

Jika diperhatikan, dimensi Sienta tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang. Banyak yang menyangka kemampuan manuvernya cukup baik, tapi ternyata radius putar setirnya tidak maksimal. Sehingga, untuk berbelok di jalanan yang sempit atau putar balik, cukup merepotkan pengemudinya.

3. Ruang Kaki Baris Ketiga Sempit

Toyota Sienta menawarkan konfigurasi tujuh penumpang. Dua orang di depan, tiga orang di tengah, dan dua orang lagi di belakang. Sayangnya, ruang kaki pada baris ketiga tidak memadai alias sempit, khususnya bagi orang dewasa.

Jeli Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Sienta 07

Mesin Sienta dinilai kurang bertenaga di rpm bawah

4. Tarikan Awal Mesin Berat

Sienta saat ini sudah dibekali dengan sistem transmisi CVT. Transmisi ini memiliki beberapa kelebihan. Tapi, ada juga kekurangannya, yakni tarikan bawahnya yang berat atau kurang responsif.

5. Inden yang Lama

Saat ini, Sienta masuk dalam kategori Spot Order. Jadi, mobil baru akan diproduksi ketika ada pesananyang masuk. Artinya, konsumen harus inden dan waktu pemesanannya pun minimal 3 bulan.

Baca juga : Alasan Kenapa Honda Freed Bekas Lebih Disukai Daripada Toyota Sienta

 

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Sienta ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Sienta 1.5 V MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil