window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kadang Bikin Kesel Sendiri, Ini Penyebab Klakson Mobil Mati dan Cara Memperbaikinya

Prasetyo · 7 Jun, 2021 20:30

Klakson mobil mati

Klakson mati memang bukan sesuatu yang sering terjadi. Tapi apabila kondisi ini menimpa Anda tiba-tiba saat di perjalanan, pastinya bikin kesal bukan kepalang.

Bagaimana tidak, manakalah Anda membutuhkannya saat hendak memberi tanda kepada pengguna jalan lain, klakson mobil yang mati membuat Anda tak bisa berkutik. Pada akhirnya Anda cuma bisa pasrah atau bahkan ngomel-ngomel sendiri.

Sering kali, penyebab klakson mobil mati dikaitkan dengan kondisi aki yang soak atau alternator yang rusak. Padahal bisa saja klakson mati pada mobil lantaran kerusakan yang terjadi pada rangkaian komponen yang dapat mengeluarkan suara itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah berikut ini tips dari Auto2000 tentang penyebab klakson mati serta cara mengatasinya.

Baca juga : 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Jika Mobil Mogok di Tol Biar Tetap Aman

Kabel klakson

Periksa juga soket kabel klakson

1. Klakson Mati Hidup karena Masalah pada kabelnya

Jika And amenemukan kondisi klakson mati hidup maka coba pertama-tama periksa kabel klakson tersebut. Kondisi kabel yang mengalami terkelupas pada beberapa bagian atau mungkin muncul jamur dan kotoran yang sangat menumpuk pada bagain soket kabelnya adalah penyebab masalah ini.

Pada kondisi demikian, klakson bisa mati tapi kadang-kadang dapat pula dibunyikan. Untuk mengatasinya, lakukan pengetesan jalur kabel dengan menggunakan alat test lamp.

Hubungkan test lamp dengan kabel klakson, lalu tekan saklarnya. Apabila lampu alat tes tidak menyala, itu berarti dapat dipastikan kabel klakson mobil rusak. Sebaiknya ganti dengan kabel baru agar masalah dapat teratasi.

Relay Klakson Mobil

Beberapa mobil klaksonnya dilengkapi relay

2. Relay Rusak Bikin Klakson Mobil Mati

Komponen klakson di beberapa mobil kerap dibekali pula dengan relay. Fungsi alat yang sering kali berbentuk kotak hitam itu bertugas sebagai penghubung antara arus listrik mobil dengan aki. Tapi seiring pemakaiannya, komponen ini bisa pula kotor, berkarat akibat terkena cipratan air, atau bahkan rusak.

Bila relay telah rusak maka komponen ini tidak akan maksimal dalam menghubungkan klakson dengan sumber listrik. Inilah yang tekadang menyebabkan klakson mati atau mungkin suara klakson tidak senyaring sebelumnya.

Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti menggunakan relay baru. Namun pastikan jenis relay yang akan digunakan sesuai dengan spesifikasi relay yang telah rusak tadi.

Baca juga : Rekomendasi 5 Oli yang Cocok untuk mobil Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, Awas Jangan Asal Isi!

Box sekring mobil

Sekring klakson umunya terletak di dalam box sekring

3. Periksa Sekring Jika Klakson Mati

Kerusakan pada bagian klakson mbil juga bisa disebabkan oleh sekring. Sekring dalam instalasi klakson mobil berperan sebagai pengaman rangkaian listrik agar tidak kelebihan muatan.

Sekring untuk klakson mobil biasanya ditempatkan di ruang mesin atau di bagian dasbor di sisi pengemudi. Umumnya sekring ini diletakkan dalam sebuah box tertutup berwarna hitam. Untuk mengetahui mana sekring untuk jalur klakson Anda harus membuka box tersebut dan melihat tabel jalur sekring yang ada di balik tutup box tersebut.

Jika sudah menemukan sekring yang dimaksud, maka perhatikan kondisi sekring. Jika sekring terlihat ada salah satu bagain kabelnya yang putus, maka seluruh sistem kelistrikan akan ikut bermasalah. Karena itulah Anda harus mengganti dengan sekring yang baru. Namun pastikan Anda harus mengganti dengan sekring yang sesuai spesifikasinya.

Bongkar klakson mobil

Pastikan pembongkaran dilakukan montir yang profesional

4. Klakson Mati pada Mobil Akibat Switch

Switch adalah komponen yang terletak pada tombol klakson dan terhubung dengan setir kendaraan. Bagian ini berfungsi sebagai penghubung tekanan yang diberikan pada tombol klakson di setir ke sumber bunyi.

Saat komponen tersebut macet, maka berapa sering dan kerasnya tekanan ke tombol klakson, maka tidak akan ada suara yang bunyi. Untuk memperbaiki switch klakson ini perlu membongkar bagian setir. karena itulah sebaiknya lakukan di bengkel yang terpercaya atau di bengkel resmi.

Servis klakson mobil

Anda bisa lakukan perbaikan klakson di bengkel resmi

5. Saklar Berkarat Juga Jadi Penyebab Klakson Mobil Mati Hidup

Saklar pun dapat menjadi penyebab klakson mobil mati. Biasanya hal tersebut diakibatkan oleh kotoran yang menumpuk di dalamnya, atau karat pada lempengan tembaga saklar.

Namun sama seperti memperbaiki switch, Anda harus mendatangi bengkel atau montir yang sudah dipercaya. Sebab untuk memperbaiki atau mengganti komponen tersebut butuh proses pembongkaran bagian setir.

Baca juga : 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memanaskan Mesin Mobil, Biar Gak Buang-buang Bensin

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil