window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kalah Bersaing dan Terhimpit Kebijakan Pemerintah Setempat, GWM Tutup Kantor Pusat di Eropa

Herdi · 4 Jun, 2024 09:03

great wall motors

Raksasa otomotif asal China, Great Wall Motor (GMW) berencana menutup kantor pusat regional Eropa yang berada di Munich, Jerman, mulai 1 Agustus 2024 mendatang. 

Akibat dari rencana penutupan kantor pusatnya ini, setidaknya akan ada 100 tenaga kerja yang ikut diberhentikan. 

Tentu saja ini berbanding terbalik dengan rencana GWM di Indonesia, karena mereka sedang merancang strategi untuk memasarkan produknya, melalui brand Tank, Haval, hingga Ora yang juga akan segera dipasarkan di Tanah Air.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Teruji Kuat, GWM Tank 500 Dapat 5 Bintang Uji Tabrakan

Kalah Bersaing dan Terhimpit Kebijakan Pemerintah Setempat, GWM Tutup Kantor Pusat di Eropa 01

Koleksi mobil GWM Ora dan Wey untuk pasar Eropa

Lantas apa yang membuat GWM akan menutup kantor pusatnya regional di Eropa?

Menurut sejumlah sumber, penutupan kantor Great Wall Motor di Eropa, tak lepas dari penjualan yang tak terlalu membaik seperti di wilayah lainnya. 

Lihat saja, pada tahun 2023, dari total penjualan GWM yang mencapai 316.018 unit di pasar global, namun khusus di Eropa hanya laku 6.300 unit. 

Selain itu, tak sedikit yang menyebutkan langkah GWM untuk mundur karena adanya gerakan proteksionis Uni Eropa, yang menyasar khusus pada produsen otomotif Tiongkok.

Baca juga: Sudah Dipajang di GIIAS 2023, Kapan GWM Luncurkan Mobil Listrik Ora 03 di Indonesia?

Kalah Bersaing dan Terhimpit Kebijakan Pemerintah Setempat, GWM Tutup Kantor Pusat di Eropa 02

GWM Ora 03

Sebelumnya, kebijakan yang dianggap merugikan perusahaan otomotif China di pasar Eropa ini telah dilakukan pemerintah Amerika Serikat. 

Tak sampai disitu, beberapa kebijakan yang membuat pabrikan China untuk memasarkan produknya di Eropa memang tak karuan, satu diantaranya adalah memberikan tarif impor mobil yang dianggap memberatkan. 

Karena beberapa alasan inilah, niatan GWM untuk melakukan ekspansi di Benua Biru, mulai dari penjualan hingga pembuatan pabrik diurungkan. 

Bahkan mereka juga menunda target penjualan global sebesar satu juta unit di luar China, yang awalnya dilakukan antara 2025 sampai 2030. 

Baca juga: GWM Indonesia Tegaskan Bukan Cuma Punya Produk Berkualitas Tapi Juga Layanan yang Lengkap

Great Wall Motor Tak Sepenuhnya Mundur

Kalah Bersaing dan Terhimpit Kebijakan Pemerintah Setempat, GWM Tutup Kantor Pusat di Eropa 03

GWM Wey 03 SUV

Meski sudah ketok palu untuk menutup kantor pusat di Eropa, namun hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya dilakukan. 

Sebab, melansir media Jerman, Manager Magazin, meskipun ada kabar buruk ini, GWM masih memiliki komitmen untuk menjual produknya di pasar Eropa yang sudah mulai terbentuk.

Akan tetapi, mereka mengakui harus melakukan penyesuaian di tengah pasar yang bergejolak. 

Kalah Bersaing dan Terhimpit Kebijakan Pemerintah Setempat, GWM Tutup Kantor Pusat di Eropa 04

Mobil listrik Ora 03

Diketahui, pada tahun 2023, GWM merencanakan ekspansi ke pasar Eropa seperti Spanyol, Italia, Portugal, Belgia, Luksemburg, Belanda, Austria, Swiss, Denmark, Islandia, dan Bulgaria.

Di sisi lain, GWM akan menghormati perjanjian kemitraan yang telah terjalin, khususnya di pasar otomotif Jerman, Inggris, Irlandia, dan Swedia. 

Adapun manajemen pengoperasian di Eropa untuk keseluruhan akan dikendalikan secara langsung dari kantor pusat mereka di Baoding, Tiongkok.

@autofun.indonesia Udah cukup mewah kah Wey Gaoshan ini? #mobilcina #gwm #mobilbaru #reviewmobil ♬ Jazz(262270) - And More Music

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

TANK 500 HEV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil