window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu

Enda · 17 Jun, 2021 18:00

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu 01

Nissan Livina punya tampilan yang lebih elegan dibandingkan Mitsubishi Xpander

Dua tahun setelah kemunculan Xpander, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pada Februari 2019 memperkenalkan Nissan Livina yang diketahui sebagai rebadgenya saat ini.

Berbeda dengan Avanza-Xenia yang secara tampilan terlihat sama, Nissan Livina justru terlihat lebih kalem dengan beberapa ubahan tampilan sebagai ikoniknya.

Disuguhkan dengan bentuk yang sedikit berbeda dari saudara kembarnya, bagian fascia Nissan Livina punya ciri khas grille Nissan, yaitu V-Motion. Style grille V-Motion pada mobil ini terlihat begitu dinamis yang dikemas dengan konsep modern dan stylish untuk memberikan tampilan mobil ini terlihat lebih elegan dari saudara kembarnya tersebut.

Melihat pada bonnet, kalian juga bisa melihat perbedaan antara Nissan Livina dengan Mitsubishi Xpander. Dimana Livina mempunyai kap mesin yang lebih berotot dengan banyaknya lekukan garis di bagian tengah dan tepinya.  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu 01

Tampilan samping Nissan Livina

Sisi samping Livina juga mempunyai perbedaan pada lekukan garis di pintu. Dimana lekukan garis Low MPV tulang punggung Nissan ini dibuat lurus berbentuk diagonal. Bukan cuma itu saja, pada bagian buritannya mobil ini memiliki pintu bagasi yang lebih rata serta bumper belakang dengan under guard yang terbagi menjadi dua bilah.

Setelah mengetahui perbedaan tampilan luar Nissan Livina dengan saudara kembarnya tersebut, kami akan mengulas beberapa keunggulan Nissan Livina yang banyak orang belum mengetahuinya.

Terlihat Sama, Dimensi Nissan Livina Ternyata Lebih Panjang dari Mitsubishi Xpander

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu 02

Nissan Livina mempunyai dimensi lebih panjang dari Mistubishi Xpander

Dibangun menggunakan platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander, secara spesifikasi dimensi Nissan Livina ternyata memiliki ukuran yang lebih panjang dari saudara kembarnya.

Seperti yang diketahui, Nissan Livina sendiri mempunyai panjang 4.510 mm, lebar 1.175 mm dan tinggi 1.700 mm. Melihat Mitsubisihi Xpander, mobil ini memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.175 mm dan tinggi 1.700 mm.

Dimensi Nissan Livina yang lebih panjang dari Mitsubishi Xpander ini tak lepas dari bentuk bumpernya. Seperti yang bisa kalian lihat, bumper depan Livina memang terlihat lebih menjorok ke depan meskipun kabinnya ini terasa sama.

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Nissan Livina Generasi Pertama dan Kedua

Nissan Livina Punya Sistem Pencahayaan Lebih Canggih

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu 03

Sistem pencahayaan Nissan Livina berhasil disematkan Dual LED Signature with daytime running (DRL)

Jika melihat lampu utama Livina secara lebih detail, kalian bisa menemukan beberapa perbedaan dengan Xpander. Dimana mobil ini sudah dilengkapi dengan positioning lamp dan Dual LED Signature with daytime running (DRL) yang dapat memberikan tingkat visibilitas lebih baik.

Tidak hanya itu saja, lampu utama Livina juga memiliki relfektor yang terkesan lebih pipih dan menajam ke arah bagian tengah grill.

Oh iya, kalian juga perlu mengetahui bahwa stop lamp mobil ini punya tampilan yang berbeda dari saudara kembarnya. Dimana ketika kalian menginjak pedal rem, maka cahaya berwarna merah tersebut menyiratkan pola seperti anak panah yang saling berhadapan.

Fitur Entertaiment Nissan Livina Lebih Besar dan Lengkap

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu 04

Head unit 7 inci Nissan Livina sudah mendukung format Apple Carplay dan Android Auto

Varian teratas Nissan Livina, yakni VL, berhasil dibenamkan head unit 7 inci dengan pengoperasian layar sentuh yang dapat dikoneksikan dengan smartphone melalui format Apple Carplay dan Android Auto. Sementara ukuran head unit Mitsubishi Xpander diketahui memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu 6,2 inci dan hanya bisa mensuport konektivitas USB dan Bluetooth.

Melihat hal seperti itu, berkendara menggunakan Nissan Livina harusnya akan merasa lebih nyaman karena selalu ditemani oleh fitur hiburan yang lebih mendukung.

Tampilan Interior Nissan Livina Sudah Dilapisi Kulit dan Terkesan Lebih Sporty

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu 05

Interior Nissan Livina didominasi dengan warna hitam yang beberapa bagiannya dilapisi dengan bahan kulit

Bicara mengenai tampilan kabin, Nissan Livina ini didominasi oleh warna hitam. Bukan cuma warna hitam saja yang mampu memberikan kesan sporty dan premium, beberapa bagiannya seperti jok, tuas transmisi, lingkaran stir serta bagian dashboardnya, sudah dilapisi material berbahan dasar kulit dengan warna yang senada.

Berbeda dengan Mitsubishi Xpander, bagian interior mobil ini justru mengapilkasikan warna beige yang dikombinasikan dengan warna hitam. Joknya pun masih berbahan fabric dan beberapa bagiannya juga belum dilapisi material bebahan dasar kulit.

Kelebihan interior Livina ini sangat mudah dibersihkan apabila terkena noda baik tumpahan makanan atau minuman.

Nissan Livina Punya Warna Unggulan yang Terlihat Eyes-catching

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu 06

Sunset orange merupakan warna spesial pada Nissan Livina

Nissal Livina di Indonesia ini hadir dengan enam pilhan warna. Diantaranya Ruby Red, Sunset Orange, Black Knight, Timless Grey, Silver Tech dan White Pearl.

Sunset orange ini merupakan warna spesial pada mobil ini. Tentunya kalian tidak bisa menemukan pilihan warna yang serupa pada Mitsubishi Xpander.

Bicara pilihan warna pada Mitsubishi Xpander, PT MMKSI mernawarkan lima opsi warna, yaitu; Quartz White Pearl, Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic, dan Red Metallic.

Baca juga: Penyakit Khas Nissan Grand Livina, Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

Jangan Pernah Bingung Meletakan Barang, Nissan Livina Punya Laci Penyimpanan di Bawah Joknya

Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu 07

Laci penyimpanan barang di bawah jok

Ketika sedang membawa barang cukup banyak, kalian tidak perlu bingung untuk menaruhnya. Pasalnya kalian bisa memanfaatkan laci yang tersedia di bawah joknya tersebut.

Laci penyimpanan di kolong kursi ini bisa digunakan untuk meletakan barang seperti sepatu atau benda lainnya berukuran cukup besar.

Harga Baru Nissan Livina Lebih Murah dari Mitsubishi Xpander

Berbeda ketika pertama kali diluncurkan, Nissan Livina dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari saudara kembarnya tersebut. Untuk saat ini, Livina justru memiliki harga baru yang lebih murah dari Xpander.

Harga Nissan Livina 2021
Model Harga Baru
Livina 1.5 E MT Rp208,3 juta
Livina 1.5 EL MT Rp231,8 juta
Livina 1.5 EL AT Rp242,8 juta
Livina 1.5 VE AT Rp263.4 Juta
Livina 1.5 VL AT Rp276.05 Juta
Harga Mitsubishi Xpander 2021
Model Harga Baru
EXCEED A/T Rp 257.000.000
SPORT M/T Rp 265.000.000
SPORT A/T Rp 275.000.000
ULTIMATE A/T Rp 278.900.000

Kesimpulan

Secara konklusi, Nissan Livina saat ini lebih value for money bila dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander. Bukan cuma ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau, mobil ini juga memiliki beberapa keunggulan seperti yang kami sampaikan di atas.

Mengenai perawatannya, menurut kami kalian tidak perlu merasa terlalu khawatir. Meski berada di bawah brand Nissan yang terkenal dengan mahalnya biaya perawatan serta harga suku cadangnya, Livina ini mempunyai spare part yang sama seperti Xpander.

Sebagai informasi, Nissan Livina berhasil disematkan fitur keselamatan berupa dual SRS airbag, rem dengan ABS+EBD+BA, kendali traksi, kendali kestabilan (VDC) dan hill start assist. Minusnya, mobil ini belum dilengkapi dengan cruise control seperti yang ada di Xpander, berfungsi memberikan kenyamanan pengemudi ketika melaju secara konstan di jalan tol tanpa harus menginjak pedal gas.

Meski begitu, keduanya sudah didukung dengan teknologi keyless dan tombol start/stop untuk menyalakan atau mematikan mesin.

Melihat beberapa keunggulan yang dimiliki Nissan Livina, apakah tertarik membelinya sebagai mobil keluarga?

Baca juga: Simak Review Nissan Livina 2020, LMPV Pengusung Front Wheel Drive Pertama!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil