window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kalahkan Renault, 3 Mobil Cina Ini Terbukti Aman Saat Uji Tabrak dari Euro NCAP

Prasetyo · 14 Des, 2021 11:08

Kalahkan Renault, 3 Mobil Cina Ini Terbukti Aman Saat Uji Tabrak dari Euro NCAP 01

Mobil Cina kerap dipandang sebelah mata karena dinilai produk yang asal dibuat demi harga murah. Stigma ini pun bukan hanya di Indonesia namun juga negara-negara maju seperti Eropa atau Amerika. Tapi apakah benar mobil asal Tiongkok seburuk yang dibayangkan orang-orang?

Belum lama ini lembaga pengujian keselamatan sebuah kendaraan bermotor, NCAP (New Car Assessment Programme) untuk wilayah Eropa baru saja merilis hasil penelitian mereka selama 2021. Tim Euro NCAP melaporkan selama tahun ini sudah menguji setidaknya 33 model kendaraan roda empat dari berbagai macam merek yang dipasarkan secara umum di Benua Biru.

Dari seluruh unit yang dilakukan uji tabrak selama proses pengetesannya itu, 22 model sukses mendapatkan bintang lima. Sebuah pencapaian dengan nilai tertinggi, dimana perolehan bintang dalam NCAP melambangkan tingkat keamanan dari kendaraan tersebut. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kalahkan Renault, 3 Mobil Cina Ini Terbukti Aman Saat Uji Tabrak dari Euro NCAP 01

Uji tabrak NCAP dilakukan terhadap mobil-mobil baru

Dengan skala 0-5, makin banyak bintang yang diperoleh maka makin tinggi kemampuan kendaraan itu melindungi seluruh penumpang di dalamnya ketika dilakukan tes kecelakaan dengan simulasi benturan dari berbagai sisi.

Ternyata dari 22 kendaraan yang memperoleh bintang 5 Euro NCAP tersebut, tiga diantaranya adalah mobil Cina. Ini tentu sungguh mengejutkan lantaran kendaraan-kendaraan tersebut mampu mengalahkan mobil brand Eropa yang selama ini dianggap begitu memperhatikan faktor keselamatan.

Baca juga : All New Honda Civic 2022 Dapat Rating Terbaik Uji Tabrakan ASEAN NCAP, Terbukti Lindungi Penumpang Dewasa dan Anak-anak

Mobil Cina Ini Urutannya di Belakang Subaru dan Mercedes-Benz

Kalahkan Renault, 3 Mobil Cina Ini Terbukti Aman Saat Uji Tabrak dari Euro NCAP 02

Uji tabrak Polestar 2

Tiga mobil asal Cina yang memperoleh bintang 5 uji tabrak Euro NCAP adalah Polestar 2, Lynk & Co 01, serta Nio ES8. Bahkan Polestar 2 posisinya hanya satu tingkat di bawah Subaru Outback yang menjadi mobil paling aman versi Euro NCAP 2021. Sementara Link & Co 01 ada diurutan setelah Mercedes-Benz EQS untuk pengujian kendaraan elektrik.

Prestasi yang diraih Polestar sebenarnya bisa melihat dari latar belakang pabrikan Cina ini. Mengingat baik Polestar maupun Lynk & Co berada di bawah payung Geely Group. Produsen otomotif ini juga kini memegang merk Proton dan Volvo. Di Swedia, saat ini Polestar dimiliki oleh Geely dan Volvo Cars. Namun khusus Polestar 2 merupakan mobil yang khusus dibuat di pabrik Luqiao CMA Super Factory di Cina.

Baca juga : Sedih, 5 Mobil Ini Gak Lulus Uji Tabrakan NCAP Padahal Laris Dipasaran

Fitur ADAS Terbukti Bantu Skor Tes Lebih Baik

Kalahkan Renault, 3 Mobil Cina Ini Terbukti Aman Saat Uji Tabrak dari Euro NCAP 03

Uji tabrak Nio ES8

Catatan nilai yang mengesankan juga diraih oleh Nio ES8. Mobil Cina ini bisa mencetak skor total 92%. Pencapaian ini sedikit di bawah nilai 95% yang berhasil diraih Subaru Outback dan Nissan Qashqai.

Apa yang berhasil ditorehkan Nio adalah dalam hal pengujian fitur bantuan keselamatan. Menggunakan sistem ADAS (Advanced Driver Assistance System) terbaru yang dikembangkan Nio, terbukti mampu memberikan perlindungan kepada seluruh penumpang dengan lebih baik.

Mobil Eropa Kalah Aman dari Mobil Cina

Kalahkan Renault, 3 Mobil Cina Ini Terbukti Aman Saat Uji Tabrak dari Euro NCAP 04

Renault Zoe dapat bintang nol

Apa yang berhasil dibuktikan oleh Polestar 2, Lynk & Co 01, dan Nio ES8 membuktikan kalau mobil Cina bukan lagi dianggap sebagai produk asal-asalan. Bahkan para produsen ini bisa mengalahkan brand asal Eropa ketika dilakukan uji tabrakan.

Satu diantaranya Renault Zoe, mobil asal Perancis yang tak sanggup meraih bintang apapun dari uji Euro NCAP. Kemudian Renault Spring yang juga sama-sama kendaraan berjenis EV, pun cuma mendapat satu bintang dalam pengujian lembaga resmi ini.

Jadi, masih anggap mobil Cina mobil kaleng?

Baca juga : 3 Mobil yang Fitur Keselamatannya Rendah dan Diganjar Bintang 0 ASEAN NCAP, Yakin Masih Mau Beli?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2020 Renault Kwid MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia