window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kalau Cuma Mau Fitur Honda Sensing, Mending BR-V Prestige daripada City Hatchback RS

Prasetyo · 21 Apr, 2022 14:09

Kalau Cuma Mau Fitur Honda Sensing, Mending BR-V Prestige daripada City Hatchback RS 01

  • Honda BR-V Prestige vs Honda City Hatchback RS sama-sama ada varian dengan fitur Honda Sensing.
  • Fitur keselamatannya mirip, mesin yang digunakan juga sama persis.
  • Tapi harga Honda BR-V Prestige with Honda Sensing lebih murah Rp16 juta dibanding Honda City Hatchback RS Honda Sensing.

Kehadiran Honda City Hatchback RS CVT with Honda Sensing memperlebar lini produk Honda di Indonesia yang dilengkapi fitur keselamatan aktif Honda Sensing. Teknologi ini sebelumnya sudah ada di Honda Accord, CR-V Turbo Prestige, Civic RS Turbo, dan juga di All New BR-V Prestige.

Meskipun beda kelas, namun menarik untuk membandingkan antara Honda BR-V Prestige vs City Hatchback RS. Karena sekarang di tipe tertinggi sama-sama sudah dibekali Honda sensing. Padahal harganya terpaut cukup jauh.

Kalau Cuma Mau Fitur Honda Sensing, Mending BR-V Prestige daripada City Hatchback RS 02

Harganya tembus Rp362 jutaan

Harga Honda BR-V Prestige Honda Sensing Rp346,6 juta sementara harga Honda City Hatchback RS Honda Sensing Rp362,6 juta. Artinya ada selisih Rp16 juta antara Honda BR-V vs City Hatchback RS. Padahal selain fitur keselamatan tadi, mesin dan platform yang dipakai juga serupa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Honda City Hatchback RS with Honda Sensing Ditawarkan Rp362,6 Juta, Masih Menarik?

Honda Sensing di BR-V vs City Hatchback

Kalau Cuma Mau Fitur Honda Sensing, Mending BR-V Prestige daripada City Hatchback RS 01

Interior Honda BR-V Prestige

Pertama-tama mari kita bandingkan kelengkapan fitur Honda Sensing di masing-masing produk. Di All New BR-V sudah ada Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), Lead Car Departure Notification System (LCDN), dan Auto High Beam (AHB).

Tak cuma itu, di BR-V juga ada 6 Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Emergency Stop Signal (ESS), Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), dan Walk Away Auto Lock. Ada juga fitur Rear Parking Camera, Honda LaneWatch, dan Remote Engine Start.

Kalau Cuma Mau Fitur Honda Sensing, Mending BR-V Prestige daripada City Hatchback RS 02

Interior Honda City Hatchback RS

Seluruh fitur yang ada di All New BR-V ini juga sebenarnya ada di City Hatchback RS Honda Sensing. Bedanya, untuk kamera belakang tampilannya multi angle alias bisa dari atas atau tampilan lebih lebar.

Perbandingan Fitur Keselamatan
  Honda BR-V Prestige Honda City Hatchback RS
Collision Mitigation Braking System v v
Lane Keeping Assist System v v
Road Departure Mitigation System v v
Adaptive Cruise Control v v
Lead Car Departure Notification System v v
Auto High Beam v v
Auto Headlight - v
Honda LaneWatch v v
Walk Away Auto Lock v v
Multi Angle Rear Camera - v
Remote Engine Start v v
6 Airbags v v
Anti-lock Braking System v v
Electronic Brake Distribution v v
Brake Assist v v
Emergency Stop Signal v v
Brake Override System v v
Vehicle Stability Assist v v
Hill Start Assist v v

Honda City Hatchback Punya Ultra Seat

Kalau Cuma Mau Fitur Honda Sensing, Mending BR-V Prestige daripada City Hatchback RS 03

Ultra Set di City Hatchback

Lanjut kita bandingkan fitur lainnya. Yakni untuk headunit yang terpasang di dasboard, pada BR-V menggunakan monitor 7 inci yang dikombinasikan 6 speakers. Sedangkan di City Hatchback monitornya 8 inci dan juga pakai 8 speakers.

Keunggulan berikutnya dari sisi interior Honda City Hatchback RS Honda Sensing yakni keberadaan fitur Ultra Seat. Ini memungkinkan jok diatur dalam empat mode, yakni Tall Mode, Refresh Mode, Utility Mode, dan Long Mode. Sayangnya sistem ini tak ada di BR-V, namun jok baris pertama dan kedua sudah dilengkapi armrest.\

Baca juga : Segmen Hatchback Masih Dikuasai Honda City, Sirion dan Baleno Sepi Peminat

Mesinnya Serupa

Kalau Cuma Mau Fitur Honda Sensing, Mending BR-V Prestige daripada City Hatchback RS 04

Mesin L15ZF yang ada di BR-V dan City Hatchback

Dari balik kap mesin masing-masing produk Honda ini, sebenarnya tersimpan unit yang sama persis. Kodenya L15ZF berkapasitas 1.498 cc 4 silinder segaris dengan teknologi DOHC, i-VTEC, dan Drive By Wire.

Mesin ini mampu menghasilkan daya puncak 121 PS pada 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm di 4.300 rpm. Keluaran tenaganya sama persis, karena perbandingan kompresinya pun setara yakni 10,6 : 1. Kemudian jenis transmisi CVT yang dipasang juga setipe. Bedanya, di City Hatchback sudah dilengkapi Paddle Shifter.

Honda BR-V Tawarkan Kepraktisan, City Hatchback Fun to Drive

Kalau Cuma Mau Fitur Honda Sensing, Mending BR-V Prestige daripada City Hatchback RS 05

Lebih tenang saat hadapi jalan jelek atau genangan air

Kini kita sedikit bahas soal desain bodi keduanya. Kalau BR-V masuk kategori LSUV jadi karaker tubuhnya lebih jangkung dari City Hatchback. BR-V punya ground clearance 220 mm atau lebih tinggi 19 mm dari BR-V sebelumnya. Ukuran ban 215/55/R17 yang disematkan juga turut membuat profil mobil ini jadi lebih tinggi.

Sementara itu ground clearance Honda City Hatchback 135 mm alias lebih pendek 85 mm dari BR-V. Ukuran ban yang digunakan juga hanya 185/55 R16 lebih kecil dari BR-V. Namun dengan profil tubuh lebih ceper, membuat pengendalian City Hatchback pastinya lebih baik ketimbang BR-V. Tetapi BR-V menawarkan kepraktisan untuk pemakian di berbagai kondisi medan.

Kesimpulan

Kalau Cuma Mau Fitur Honda Sensing, Mending BR-V Prestige daripada City Hatchback RS 06

Keduanya punya karakter berbeda

Jika Anda penggemar berat Honda dan mau mulai mencicipi fitur Honda Sensing, maka rasanya All New BR-V Prestige with Honda Sensing saat ini paling value for money untuk dimiliki. Pasalnya kelengkapan fitur keselamatannya hanya berbeda sangat sedikit dari City Hatchback RS Honda Sensing.

Padahal dari segi harga, BR-V Rp16 juta lebih murah dari City Hatchback. Selain itu dengan BR-V Anda mendapatkan satu SUV berkapasitas 7 penumpang yang juga bisa diajak berpetualang ke alam disaat akhir pekan. Tentunya ini tak bisa dilakukan pada City Hatchback yang bodinya ceper.

Baca juga : Mana Lebih Oke Antara Xpander Cross 2022 vs BR-V Prestige Non Honda Sensing?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil