window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kalau Mur dan Baut Roda Mobil Macet Jangan Dibuka Paksa, Coba Pakai Cara Ini

Prasetyo · 18 Jul, 2021 10:06

Mur dan baut Roda Mobil

Salah satu komponen pada roda mobil adalah mur dan baut. Keduanya saling melengkapi untuk bisa membuat roda mobil selalu dalam posisinya. Mur berguna mengikat velg mobil sementara baut untuk dudukan velg ke as roda mobil.

Untuk mengencangkan mur dan baut roda mobil dengan cara diputar searah jarum jam. Sebaiknya kalau mau melepas putar berlawanan arah jarum jam. Namun kadang muncul masalah mur dan baut roda macet sehingga sulit dipasang kembali atau dilepaskan.

Mur dan Baut Roda Macet -1

Kalau sudah karat seperti ini lebih sulit dilepas pasang

Mur dan baur roda macet biasanya disebabkan drat atau ulir pada baut maupun mur tersebut muncul karat. Karat dapat bersarang akibat terjadi oksidasi pada sela-sela ulir akibat sering terkena air dan tidak lekas dilap atau dikeringkan. Tapi bisa juga mur dan baut roda macet akibat terlalu kuat saat proses pemasangan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apabila kondisi ini terjadi pada saat Anda sedang ingin membuka roda mobil di rumah, pastinya akan jadi merepotkan. Kalau sudah begini, sebaiknya jangan paksakan memasang atau membuka baut tersebut. Coba dulu beberapa langkah berikut.

Baca juga : Jangan Maksa Pakai Jalan Tikus Buat Hindari Macet Saat PPKM Darurat 2021, Malah Lebih Ribet!

1. Pakai Alat Bantu Buat Putar Mur

Mur dan Baut Roda Macet -2

Pakai alat bantu memutar mur jadi lebih ringan

Langkah paling sederhana apabila mur dan baut roda mobil macet adalah menggunakan alat bantu. Anda bisa gunakan besi atau pipa panjang yang disambungkan ke kunci roda. Dengan begini daya yang dibutuhkan untuk memutar mur jadi lebih ringan dari sebelumnya.

2. Disemport Dulu Pakai Cairan Penetran

Mur dan Baut Roda Macet -3

Cairan penetran akan merontokkan karat

Kalau pakai alat bantu masih terasa keras, coba Anda semprotkan dulu mur dan baut roda tersebut dengan cairan penetran. Cairan ini berguna untuk menghilangkan debu halus dan karat sehingga mur bisa lebih mudah diputar.

Baca juga : Kerap Menemui Karat Pada Piringan Rem Cakram? Jangan Biarkan, Ini Cara Menghilangkannya!

3. Pasang Mur dan Baut Secara Menyilang

Mur dan Baut Roda Macet -4

Pasang mur secara menyilang

Kalau mur dan baut yang macet sudah berhasil dilepas, maka pada saat akan memasangnya lagi usahakan jangan dilakukan berurutan. Pemasangan mur roda mobil harus dilakuakn secara menyilang agar daya tekan pada baut seimbang serta menghindari risiko roda mobil bergoyang pada saat kecepatan tinggi yang pada akhirnya membuat baut roda patah.

4. Jangan Putar Mur Terlalu Kuat

Mur dan Baut Roda Macet -5

Lebih bagus kalau punya kunci torsi

Pada saat proses mengencangkan mur ke baut roda, sebaiknya jangan diputar sekuat mungkin. Cukup sampai dirasa mur tidak dapat perputar lagi. Jika Anda punya kunci momen atau kunci torsi, maka sebaiknya gunakan alat ini agar putaran mur ke baut lebih presisi.

Baca juga : Tips: Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Mobil

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil