Kaleidoskop 2021 : 5 Mobil Termahal dan Terlangka di Indonesia, Ada BMW Satu-satunya di ASEAN

Prasetyo · 14 Des, 2021 17:02

Kaleidoskop 2021 : 5 Mobil Termahal dan Terlangka di Indonesia, Ada BMW Satu-satunya di ASEAN 01

  • Mobil-mobil ini harganya di atas Rp2 miliar
  • Ada yang cuma satu-satunya di Indonesia

Indonesia memiliki pasar otomotif yang menjanjikan. Buktinya bukan cuma produsen mobil massal saja yang menjajaki, tapi deretan mobil mobil termahal di Indonesia pun bisa ditemukan. Bahkan beberapa diantaranya cuma masuk dalam jumlah sangat terbatas. Apa saja?

Kalau bicara mobil berharga selangit, tentulah pabrikan kendaraan premium dari Eropa yang menguasai. Antara lain BMW, Mercedes-Benz, dan Porsche. Tapi kalau mencari mobil terlangka di Indonesia karena hanya masuk dalam jumlah sangat terbatas, maka tidak semua pabrikan berani menyediakannya.

Mobil-mobil berstatus limited edition inilah yang jadi incaran bukan dari sembarangan orang. Sebab untuk memilikinya, ia tak cukup hanya kaya raya, namun juga memiliki minat sangat besar terhadap otomotif khususnya brand tersebut. Ini supaya si konsumen mempunyai ikatan emosional dengan unit yang ia beli lantaran proses pembuatannya juga istimewa dan penuh latar belakang sejarah.

Lalu apa saja mobil termahal di Indonesia serta yang jumlahnya terkadang sebatas jumlah jari tangan? Inilah kaleidoskop 2021 yang coba AutoFun Indonesia rangkum dari mobil-mobil yang sudah rilis secara resmi di Tanah Air selama tahun ini.

Baca juga : Satu-satunya di Asia Tenggara, BMW M4 x KITH Dibandrol Rp2.9 Miliar Off The Road Jakarta

1. BMW M4 x KITH Edition, Cuma Ada Satu di Indonesia

Harga : Rp2,9 miliar off the road

Kaleidoskop 2021 : 5 Mobil Termahal dan Terlangka di Indonesia, Ada BMW Satu-satunya di ASEAN 01

Hanya ada 150 unit di dunia dan 1 untuk Indonesia

Mobil terlangka di Indonesia yang menurut kami paling spektakuler tahun ini adalah BMW M4 x KITH. Ini merupakan kolaborasi antara BMW dengan KITH sebagai brand street wear ternama di dunia. Unit yang diproduksi totalnya cuma 150. Sementara untuk wilayah ASEAN, mobil ini hanya dipasarkan di Indonesia. Itu pun cuma satu unit alias the only one.

Alhasil Anda tak akan menemukan mobil yang berbasis BMW M4 Competition tersebut selain unit yang pernah di pajang di pameran GIIAS 2021 lalu. Lalu apakah sudah ada pemiliknya? Jelas. Tetapi pihak BMW Indonesia tak mau membocorkannya.

2. Porsche Taycan

Harga : Rp2,5 miliar - Rp6 miliar off the road

Kaleidoskop 2021 : 5 Mobil Termahal dan Terlangka di Indonesia, Ada BMW Satu-satunya di ASEAN 02

Taycan juga bisa diajak light off road

Porsche bertenaga listrik ini sudah mendarat di Indonesia sejak Februari 2021. Pertama-tama yang ditawarkan ada Porsche Taycan 4S, Taycan Turbo, dan Taycan Turbo S. Namun di Oktober 2021, Porsche Indonesia menambah lini produknya dengan meluncurkan Taycan Cross Turismo.

Sedikit berbeda dengan Taycan model sport saloon, Taycan Cross Turismo didesain untuk mampu menaklukkan lebih banyak tipe median jalan. Mobil ini pun menggunakan sasis yang dibuat sedikit lebih rigid, serta dipadukan penggerak semua roda (All Wheel Drive) dan sistem suspensi udara adiptif. Jarak bodi mobil ke tanah juga 30 mm lebih tinggi. Kemudian pengemudi pun disajikan mode berkendara "Gravel Mode".

Baca juga : Porsche Taycan Cross Turismo Resmi Masuk Indonesia, Mobil Listrik Rp3 Miliar Buat Off Road

3. BMW Seri 8 Golden Thunder Edition, Hanya 1 di Indonesia

Harga : Rp2,94 miliar off the road

Kaleidoskop 2021 : 5 Mobil Termahal dan Terlangka di Indonesia, Ada BMW Satu-satunya di ASEAN 03

Dibuat custom made untuk Indonesia

BMW memang menjadi pabrikan yang gemar menawarkan edisi terbatas untuk konsumennya di dalam negeri. Satu diantaranya melalui BMW Seri 8 Golden Thunder Edition yang dipasarkan bertepatan dengan IIMS 2021. Keberadaan mobil ini pun cuma satu-satunya di Indonesia dan hanya dibuat khusus oleh BMW bagi penggemarnya di Nusantara.

Menggunakan basis dari BMW 840i Gran Coupe, sosoknya hadir dengan aksentuasi desain khusus dalam warna emas pada eksterior dan interior. Corak emas mewarnai sisi mirror caps, BMW M rear spoiler, dan velg alloy ringan 20 inch M double-spoke. Sementara sekujur tubuhnya diberi warna Frozen Black metallic dan tambahan aksen Matt Gold.

4. BMW M3 dan M4 Competition

Harga : Rp2,05 miliar - Rp2,65 miliar off the road

Kaleidoskop 2021 : 5 Mobil Termahal dan Terlangka di Indonesia, Ada BMW Satu-satunya di ASEAN 04

Dua jagoan drifting dari BMW

Daftar mobil termahal di Indonesia masih datang dari kubu BMW. Pada Juni 2021 yang diboyong adalah BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupe Competition terbaru. Untuk M3 merupakan sedan sport empat pintu, sementara M4 adalah varian coupe dua pintunya.

Mesin yang tersimpan di balik kap BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupe Competition terbaru mampu menghasilkan power maksimum 510 hp pada 6.250 rpm serta torsi puncak 650 Nm mulai dari 2.750 rpm hingga 5.500 rpm. Kedua mobil ini hanya membutuhkan 3,9 detik untuk berakselerasi 0-100 km/jam. Dan dari 0 hingga 200 km/jam cuma tercatat 12,5 detik. 

5. MINI Frozen Brass Edition, Hanya dibuat 10 Unit, Satu untuk ASEAN Ada di Indonesia

Harga : Rp690 juta off the road

Kaleidoskop 2021 : 5 Mobil Termahal dan Terlangka di Indonesia, Ada BMW Satu-satunya di ASEAN 05

Hanya ada 10 unit di dunia

Mobil terlangka di Indonesia lainnya yang diluncurkan sepanjang 2021 ada MINI Frozen Brass Edition. Ini merupakan MINI edisi khusus yang terinspirasi dari logam kuningan unik yang banyak ditemukan di ragam karya seni dan menjadi simbol kemewahan dari masa ke masa.

Total MINI cuma memproduksi mobil ini 10 unit, dan untuk pasar kawasan Asia Tenggara hanya menerima jatah satu diantaranya. Yang mencengangkan, satu unit tersebut malah dikirim ke Indonesia, bukan negara lain seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand.

Baca juga : MINI Frozen Brass Edition Disediakan Hanya 10 Unit, Buat ASEAN Cuma Ada di Indonesia

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 BMW M3 Competition

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru