window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kaleidoskop 2022: Daftar Mobil Baru yang Bikin Heboh di Indonesia (Part 1)

Herdi · 16 Des, 2022 09:04

Kaleidoskop 2022: Daftar Mobil Baru yang Bikin Heboh di Indonesia (Part 1) 01

Mobil baru 2022 yang tercatat meluncur di Indonesia begitu banyak. Kondisi ini seakan menjadi indikator kalau otomotif nasional di tahun ini mengalami kebangkitan setelah dua tahun sebelumnya semua pabrikan terjun bebas dalam hal penjualan akibat pandemi Covid-19.

Nah, gairah otomotif pada tahun 2022 ditandai dengan munculnya brand-brand baru, serta beragam mobil baru 2022 yang sudah dijejali fitur dan teknologi lebih lengkap dari generasi sebelumnya.

Kaleidoskop 2022: Daftar Mobil Baru yang Bikin Heboh di Indonesia (Part 1) 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, di tahun ini kendaraaan elektrifikasi juga semakin ramai bermunculan, mulai dari jenis hybrid hingga Battery Electric Vehicle (BEV) atau mobil full listrik.

Dengan munculnya deretan mobil elektrifikasi, maka ini sejalan dengan upaya pemerintah yang terus mendorong untuk terciptanya Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai (KBLBB).

Oia, sebenarnya banyak mobil baru yang diluncurkan pada tahun 2022. Namun AutoFun akan merangkumnya, dimana mobil yang diulas bisa dikatakan spesial, karena hadir dengan benar-benar baru atau All New.

Tanpa panjang lebar, berikut ini daftar mobil baru 2022 yang bikin heboh dan meluncur di Indonesia.

Baca juga: Honda Brio Geser Toyota Avanza di Mobil Terlaris Oktober 2022, Wuling Air EV Singkirkan Mobil Diesel

1. BMW iX dan BMW i4

BMW iX dan i4 meluncur di GIIAS 2022

BMW iX dan i4 meluncur di GIIAS 2022

Pada tahun 2022, pabrikan mobil mewah BMW banyak meluncurkan sejumlah mobil baru. Dari sekian banyak mobil dirilis, ada mobil yang sangat istimewa, yaitu dua mobil listrik, BMW i4 dan iX.

Saat pertama kali diluncurkan di Indonesia, kedua mobil ini harganya cukup fantastis, dimana untuk BMW i4 dijual sekitar Rp1,9 miliar dan iX dibanderol Rp2,2 miliar. Harga tersebut berstatus off the road.

Selain i4 dan iX, BMW juga menghadirkan sederet mobil mewah lainnya, seperti 220i Coupe, 218i Gran Coupe,  5 Series Touring, X3 M, dan juga X4 M.  

2. Chery Tiggo 7 Pro & Cherry 8 Pro

Chery Tiggo 7 Pro dann Tiggo 8 Pro

Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro

Chery, pabrikan mobil asal China ini memutuskan kembali menancapkan kuku bisnisnya di Indonesia, setelah sempat hengkang beberapa tahun lalu. Selain akan menawarkan berbagai produk, Chery kabarnya akan membangun pabrik di Indonesia.

Untuk menandai kembalinya Chery, mereka meluncurkan dua mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang tak kalah menarik, yaitu Chery Tiggo 7 Pro dan juga Tiggo 8 Pro.

Menyoal harga, Chery Tiggo 7 Pro yang memiliki varian Comfort dijual Rp368,5 juta, Luxury Rp398,5 juta, Premium Rp428,5 juta, dan varian Premium Two Tone Rp433,5 juta. Sedangkan Tiggo 8 Pro yang memiliki varian Luxury dilepas Rp518,5 juta dan Premium Rp548,5 juta. Semua harga tersebut berstatus on the road Jabodetabek.

Baca juga: Daftar Mobil Terlaris di Indonesia Periode November 2022: Honda Brio Masih Jadi Raja, Avanza Tersungkur

3. Citroen C3, C5 dan e-C4

Citroen C3, C5 dan e-C4

Citroen e-C4, C3, dan C5 

Merek mobil asal Prancis, Citroen juga jadi brand otomotif yang kembali hadir di kancah otomotif nasional. Dalam peluncurannya di awal Desember 2022 lalu, Citroen langsung menghadirkan tiga mobil andalan berupa, Citroen C3 yang masuk segmen B-Hatchback, C5 Aircross  berjenis SUV, dan juga e-C4 yang tak lain adalah mobil listrik.

Mobil-mobil Citroen yang dijual di Indonesia untuk tahap pertama masih diimpor utuh atau Completely Built Up (CBU). Bahkan untuk model C3 atau berjenis hatchback dipastikan dikapalkan dari India, dan nantinya tidak menutup kemungkinan akan rakit secara lokal.

Menyoal harga Citroen C3, kabarnya dibanderol Rp225 juta, untuk C5 Aircross dijual Rp1 miliar lebih, dan e-C4 mencapai Rp1,18 miliar.

4. Ford Everest dan Ford Ranger

Mobil double cabin Ford Ranger hadir kembali

Mobil Ford hadir kembali di Indonesia

Di tahun 2022, Ford juga kembali hadir di Indonesia, karena sebelumnya pada tahun 2016 pabrikan mobil asal Amerika Serikat memutuskan menghentikan penjualannya dari pasar otomotif nasional.

Nah, kehadiran Ford di Tanah Air sejatinya berkat RMA Group sebagai pemegang layanan aftersales. Untuk menjadi penanda, Ford menghadirkan beberapa mobil andalannya yaitu Ford Everest, dan Ford Ranger.

Selain itu, Ford juga menawarkan fasilitas layanan purna jual, dengan menyediakan service dan spare part, dengan tujuan menunjukan komitmennya untuk melayani konsumen di Indonesia.

5. Honda WR-V dan Honda HR-V

Honda WR-V siap tantang Toyota Riaze-Daihatsu Rocky

Honda WR-V siap tantang Toyota Riaze-Daihatsu Rocky

Honda tahu betul cara menarik perhatian masyarakat Indonesia. Ya, ini karena pabrikan berlogo huruf H mengumumkan untuk meluncurkan mobil paling baru yaitu Honda WR-V. Mobil ini digadang-gadang jadi Small SUV yang juga akan bersaing dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Selain WR-V, Honda juga menghadirkan sederet mobil yang tak kalah menarik yaitu Honda HR-V generasi terbaru dengan sederet perubahan yang tampak lebih menarik dari model sebelumnya. 

Selain itu, Honda juga menghadirkan Brio RS Urbanite, City Hatchback yang dilengkapi fitur Honda Sensing, dan juga Honda Accord yang memiliki fitur lebih lengkap dari model sebelumnya.

6. Hyundai Stargazer dan IONIQ 5

Hyundai Stargazer diuji Surabaya-Solooleh awak media

Hyundai Stargazer masuk ke segmen LMPV yang "panas"

Pada tahun 2022, pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai menggebrak ranah otomotif nasional dengan menghadirkan Multi Purpose Vehicle (MPV) berupa Stargazer.

Ya, mobil ini turut hadir di pasar yang hingga saat ini menjadi  target para pabrikan untuk mencari cuan. Hyundai Stargazer langsung bersaing menghadapi Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander dan juga Suzuki Ertiga.

Namun tak hanya Hyundai Stargazer, pada tahun 2022, Hyundai akhirnya meresmikan penjualan mobil listrik buatan Cikarang, Jawa Barat, yaitu Hyundai IONIQ 5. Hyundai juga meluncurkan model Palisade Facelift.

7. Kia Carens

KIA Carens meluncur di GIIAS 2022

KIA Carens meluncur di GIIAS 2022

Mobil baru 2022 lainnya ada dari kubu Kia yang kembali beroperasi namun kali ini di bawah PT Kreta Indo Artha. Pabrikan Korea ini kemudian menghadirkan lagi mobil dengan kapasitas tujuh penumpang, yaitu Kia Carens tepat di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Namun selain menghadirkan Carens, Kia juga langsung membawa sederet mobil andalan lainnya seperti Kia Sportage dan juga Sorento Hybrid untuk pasar Indonesia.

Tak hanya itu, pabrikan mobil asal Korea Selatan juga turut menghadirkan mobil listrik yang digadang-gadang menjadi penantang Hyundai IONIQ 5, yaitu EV6 GT dengan banderol Rp1,29 miliar.

Artikel selanjutnya >>>

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil