window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kapasitas Mesin Sama, Mana Lebih Oke Antara Honda WR-V 2022 dan Kia Sonet?

Yongki Sanjaya · 3 Nov, 2022 16:30

Kapasitas Mesin Sama, Mana Lebih Oke Antara Honda WR-V 2022 dan Kia Sonet? 01

Honda semakin menunjukkan dominasinya di kancah otomotif nasional dengan melakukan debut perdana secara global untuk WR-V di Indonesia. Secara segmentasi, Honda WR-V ini bermain di kelas Small SUV, sepadan dengan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan masih banyak lagi. Melihat dimensi maupun spesifikasinya, Honda WR-V ini bahkan cuma beda tipis dengan Kia Sonet.

Baca juga:

5 Hal Menarik Honda WR-V 2023, Pesaing Baru Toyota Raize

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pakai Mesin BR-V, Harga Honda WR-V 2023 Lebih Menarik dari Rivalnya?

Honda WR-V 2023 Akhirnya Resmi Dirilis, Ini Daftar Tipe dan Harganya

Apa sebab? Ini karena Honda WR-V maupun Kia Sonet sama-sama bermesin 1.500 cc. Dimensinya juga 'hanya' selisih 60 mm atau 6 cm, dimana Sonet sedikit lebih panjang dari WR-V. Sebelum lebih jauh membandingkan spesifikasi maupun fitur, kita bandingkan dulu harga kedua mobil ini.

Harga Kia Sonet 2022:

  • 1.5 L 5s PREMIERE IVT    RP 343.000.000
  • 1.5 L 5s DYNAMIC IVT    RP 318.000.000
  • 1.5 L 5s SMART IVT    RP 300.500.000
  • 1.5 L 5s SMART MT    RP 266.800.000
  • 1.5 L 5s ACTIVE MT    RP 231.600.000
  • 1.5 L 5s STANDARD    RP 220.600.000

Honda WR-V tersedia dalam varian dan harga sebagai berikut:

  • Honda WR-V Tipe E CVT dengan harga Rp. 271.900.000*
  • Honda WR-V Tipe RS CVT dengan harga Rp. 289.900.000*
  • Honda WR-V Tipe RS CVT with Honda SENSING dengan harga Rp. 309.900.000*

Membandingkan harga antara Kia Sonet Premiere IVT, selisih harganya mencapai Rp33,1 juta. Apakah Kia Sonet Premiere IVT ini begitu paripurna di segmen small SUV? Berikut ini perbandingan keduanya.

Perbandingan Dimensi dan Spesifikasi Honda WR-V vs Kia Sonet

Kapasitas Mesin Sama, Mana Lebih Oke Antara Honda WR-V 2022 dan Kia Sonet? 01

Menyoal dimensi yang dimiliki, Honda WR-V 2023 mempunyai panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.608 mm. Untuk wheelbasenya 2.485 mm serta ground clearance 220 mm.  

Powertrain WR-V menggunakan mesin bensin L15ZF 1.5L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris yang sama persis dipakai BR-V dan City terbaru, dan hanya tersedia dalam transmisi CVT. Di atas kertas WR-V 2023 sanggup memproduksi tenaga hingga 121 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm.

Kemudian pada rivalnya dari pabrikan Korea Selatan yaitu Kia Sonet memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.615 mm dengan ground clearance 205 mm. Menyoal mesin Kia Sonet untuk Indonesia, mesin 1.5L tersebut mampu menghasilkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm dengan torsi puncak 144 Nm di 4.500 rpm. Cukup bertenaga untuk pemacu sebesar itu.

Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT Intelligent Variable Transmission dengan simulasi delapan percepatan ke penggerak roda depan. Menariknya, karakter berkendara dapat disesuaikan dengan seleksi mode berkendara dan traksi.

Honda WR-V, Adopsi Kombinasi Desain Beberapa Model Terdahulu

Kapasitas Mesin Sama, Mana Lebih Oke Antara Honda WR-V 2022 dan Kia Sonet? 02

Melihat desain Honda WR-V pasti kalian langsung familiar kalau mobil terbaru keluaran PT Honda Prospect Motor desainnya mengadopsi beberapa model Honda yang sudah eksis lebih dahulu. Desain Bagian belakang dan dashboard serupa Honda BR-V dan Pada bagian depan grillnya serupa dengan milik Honda Civic.

Tentu ada plus minusnya desain seperti ini, dimana kelebihannya bisa saling substitusi komponen kalau terjadi kecelakaan. Nah minusnya jelas desainnya yang menjadi ciri khas malah terlihat membosankan.

Tampilan depan Honda WR-V pada model ini hadir dengan gril depan yang mengusung desain tesselated bernuansa futuristik, dengan ampu depan LED tipis, tajam dan panjang.  Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu sein Sequential yang modern dan membuat tampilan depan WR-V terlihat menarik. 

Terdapat fitur Auto Headlight pada Honda WR-V RS with Honda SENSING, yaitu lampu depan yang dapat menyala secara otomatis saat kondisi pencahayaan rendah. Itu tadi kesan eksteriornya, bagaimana dengan interior dan fitur kenyamanan di Honda WR-V?

Dimensi Compact, Interior Honda WR-V Diklaim Paling Lega

Kapasitas Mesin Sama, Mana Lebih Oke Antara Honda WR-V 2022 dan Kia Sonet? 03

Meskipun secara tampilan Honda WR-V terlihat ramping, namun kabinnya dapat memberikan ruang yang lebih nyaman dan lapang. Ruang lutut dibuat lebar, ruang jarak kepala serta ruang kaki dibuat lebih luas yang disebut oleh Honda merupakan terbesar di kelasnya.

Material di interior Honda WR-V menggunakan bahan kursi kombinasi leather dan fabric serta tersedia center console box berbahan kulit dengan armrest. Honda WR-V tipe RS dan RS with Honda SENSING mempunyai kompartemen penyimpanan seat back pocket di belakang kursi penumpang depan dan dapat ditemukan juga di kursi pengemudi, juga ada  mempunyai total 6 tempat botol air dan kursi baris kedua yang dapat dilipat hingga 40:60. 

Bicara teknologi multimedia,  Honda WR-V dilengkapi dengan 7" Capacitive Touchscreen Display Audio, AM/FM Radio, Bluetooth, Hands-Free Telephone, Voice Command Switch, USB Player, hingga Smartphone Connection. Fitur pendukung kenyamanan lainnya berupa Digital A/C, 6 Speakers, Auto Foldable Door Mirror dengan LED Turning Signal, Meter Cluster dengan 4.2" TFT Display.

Fitur Keselamatan di Honda WR-V Menang Banyak

Kapasitas Mesin Sama, Mana Lebih Oke Antara Honda WR-V 2022 dan Kia Sonet? 04

Dengan harga yang jauh lebih murah, kita disodori Honda WR-V tipe RS dengan Honda Sensing. Jelas, fitur keselamatan aktif ini memberi rasa aman saat berkendara. Khusus Honda WR-V RS with Honda Sensing, varian ini mendapat tambahan fitur berupa 6 Airbags (Dual Front SRS, Side & Side Curtain), Honda LaneWatch, TFT Meter dengan informasi Honda SENSING.

Menyoal fitur keselamatan Honda SENSING yang terdapat di varian teratas WR-V 2023 meliputi; Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), dan terakhir Adaptive Cruise Control (ACC).

Desain Kia Sonet, Kombinasi Eropa dengan Cita Rasa India

Kapasitas Mesin Sama, Mana Lebih Oke Antara Honda WR-V 2022 dan Kia Sonet? 05

Kia Sonet ini karena berkiblat pada konsumen barat maka cenderung bercita rasa Eropa dengan kombinasi India. Sonet bergaya mini SUV dengan postur yang lebar dan tinggi. Desainnya begitu khas dengan grill honeycomb dengan aksen Tiger Nose sebagai ciri khas dari mobil baru milik KIA yang dipasarkan di pasar global. 

Desain headlamp HR-V tetap sipit meruncing ke tepi, dengan lampu projector LED yang semakin mempertegas kesan mewah. Di bagian bawah, terdapat LED DRL berwarna putih yang berfungsi sebagai lampu senja dan kabut di saat malam hari.

Interior Kia Sonet Bertabur Fitur Mewah

Kapasitas Mesin Sama, Mana Lebih Oke Antara Honda WR-V 2022 dan Kia Sonet? 06

Kia ini tidak pelit bahkan royal urusan fitur di Kia Sonet yang masuk ke Indonesia. Interiornya disuguhi head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Konektivitas dapat terhubung secara nirkabel alias wireless melalui Bluetooth. 

Fitur lain yang tersedia di dalam kabin yaitu pengaturan AC digital. Pada tipe Premiere tersedia juga ventilated seat, yang memungkinkan udara segar mengalir lewat serangkaian lubang tipis di sandaran punggung dan bokong. Varian tertinggi ini juga dipersenjatai dengan kursi elektrik dan juga cruise control. 

Tak kalah menarik yaitu soal sound system pada Kia Sonet, karena memakai Bose dengan empat speaker, dua tweeter, dan satu subwoofer. Dan satu fitur keren yang tak dimiliki Honda WR-V tapi dimiliki Sonet yaitu sunroof. 

Membahas fitur keselamatan pada mobil ini, Kia menawarkan Sonet 5-seater dengan 6 buah Airbags, ABD, EBD, Hill Assist Control, Vehicle Stability Control, serta rear camera dengan dynamic guide. Namun harus kalian ingat, Kia Sonet sendiri belum mendapatkan fitur keselamatan dengan teknologi terdepan saat ini yang kita ketahui dengan sebutan ADAS.

Kesimpulan

Melihat wujudnya, Sonet sedikit lebih besar, namun agak pendek dari ground clearance dibanding WR-V. Selisih dimensinya beda tipis, namun akan berdampak pada keleluasaan kabin Sonet yang lebih luas. Wajar saja, dengan dimensi segitu Kia Indonesia juga merilis Sonet 7, yang berkonfigurasi kursi 5+2. 

Sonet boleh jumawa soal fitur kenyamanan yang jauh lebih menarik, dengan hadirnya sunroof dan sistem audio yang didukung oleh brand kenamaan BOSE. Namun bicara aspek performa maupun fitur keselamatan, WR-V unggul telak karena sudah memiliki Honda Sensing serta harganya jauh lebih murah ketimbang Sonet Premiere IVT.

Mengutip kata seorang kawan yang cukup ekspert soal mobil, beli mobil Honda itu beli fitur. Ini bisa diinterpretasikan karena Honda ini mampu membuat mobil dengan kombinasi fitur yang lengkap dan harga kompetitif. Kelemahan yang kerap ditemukan hanyalah pada built quality material body atau plastik interior yang cenderung kurang kokoh.
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda WR-V 1.5L E 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil