Kasus Covid-19 Hantam Suplai Komponen, Toyota Tutup 3 Pabrik di Thailand. Bagaimana Nasib Toyota Corolla Cross dan Camry?

Budi · 23 Jul, 2021 16:00

Masih tingginya kasus Covid-19 di berbagai Negara mulai berdampak ke industri otomotif, termasuk Thailand. Berita terkini yang dilansir oleh rekan kami Autofun Thailand, saat ini setidaknya pabrik Toyota dan Isuzu di Negeri Gajah Putih tersebut harus menghentikan produksinya.

Kasus Covid-19 Hantam Suplai Komponen, Toyota Tutup 3 Pabrik di Thailand. Bagaimana Nasib Toyota Corolla Cross dan Camry? 01

Sebelumnya, saat gelombang pertama pandemic Covid-19 melanda Thailand pada kuartal kedua tahun 2020, hampir semua pabrikan otomotif menutup pabriknya selama seminggu untuk menghindari penularan virus di antara  para pekerjanya. Kini, diberitakan bahwa tindakan yang sama tampaknya akan kembali dilakukan.

Kasus Covid-19 Hantam Suplai Komponen, Toyota Tutup 3 Pabrik di Thailand. Bagaimana Nasib Toyota Corolla Cross dan Camry? 02

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Berdasarkan informasi dari Toyota yang dilansir oleh Reuters Kamis (22/7) lalu, penghentian produksi dilakukan segera dalam minggu ini, dan akan dipertimbangkan apakah akan dimulai lagi atau tidak di minggu depan. 

Baca juga: Krisis Chip Semikonduktor Bikin Produksi Toyota Terganggu, Bagaimana di Indonesia?

Model Toyota Apa Saja Yang Terdampak?

Sebelumnya, kasus seretnya suplai chip semikonduktor yang membuat produksi beberapa pabrikan menjadi lambat sebenarnya tak terlalu berpengaruh pada pabrikan yang ada di Thailand (dan juga Indonesia). Namun saat ini, alasan utama mengapa mereka harus menghentikan produksinya sementara adalah karena perusahaan supplier komponen mereka tak dapat mengantarkan barangnya tepat waktu.

Kasus Covid-19 Hantam Suplai Komponen, Toyota Tutup 3 Pabrik di Thailand. Bagaimana Nasib Toyota Corolla Cross dan Camry? 01

Toyota Camry menjadi salah satu model yang terdampak

Salah satu informasi yang didapat, bahwa pekerja pabrik pemasok kabel daya untuk Toyota di propinsi Chachoengsao, Thailand terbukti positif Covid-19. Hal ini membuat pabrik mereka harus ditutup selama 14 hari untuk menghindari terjadinya kluster baru, sehingga mereka tak dapat mengantarkan komponen yang diperlukan oleh pabrik Toyota.

Dilaporkan bahwa saat ini penghentian produksi yang dilakukan di tiga pabrik Toyota, yaitu pabrik di Ban Pho (Selasa, 20/7) Samrong dan Gateway (Rabu, 21/7) dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman mobil-mobil mereka ke dealer dan konsumen. Model yang terdampak dari ketiga pabrik tersebut adalah: Toyota Camry, Yaris ATIV (Toyota Vios di Indonesia), Toyota Yaris, Vios (untuk Australia), Toyota Corolla Altis, Toyota Corolla Cross, dan Toyota C-HR. Selain itu, pickup Toyota Hilux Revo dan SUV Toyota Fortuner juga turut terdampak.

Kasus Covid-19 Hantam Suplai Komponen, Toyota Tutup 3 Pabrik di Thailand. Bagaimana Nasib Toyota Corolla Cross dan Camry? 02

Toyota Hilux juga harus terhenti produksinya

Sementara di Jepang, pabrik Toyota di prefektur Aichi juga akan menghentikan produksinya pada 29-30 Juli serta 2-4 Agustus karena masalah terhambatnya pasokan komponen.

Baca juga: Ternyata Bukan Honda Brio atau Toyota Avanza, Ini Mobil Paling Laris Yang Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

Bagaimana Nasib Model Toyota CBU di Indonesia?

Beberapa produk Toyota di Indonesia hadir secara Completely Built-Up (CBU) dari Thailand, antara lain Toyota Camry, Toyota Corolla Altis, Toyota Corolla Cross, Toyota C-HR dan Toyota Hilux. Saat menghubungi pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk mengetahui dampak terhentinya pabrik di Thailand terhadap pasokan kepada Indonesia, menurut Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director TAM, mereka masih menunggu kabar selanjutnya.

Kasus Covid-19 Hantam Suplai Komponen, Toyota Tutup 3 Pabrik di Thailand. Bagaimana Nasib Toyota Corolla Cross dan Camry? 03

Bagaimana nasib produk Toyota CBU Thailand di Indonesia?

"Sebagian besar produk Toyota di Indonesia adalah produk CKD, Untuk kondisi produksi di Thailand, kami sudah mendengarnya, tapi detailnya seperti apa masih menunggu kabar selanjutnya," tukas Anton.

Di bawah ini adalah jumlah penjualan wholesales yang diraih oleh mobil-mobil CBU Toyota di Indonesia sepanjang semester 1 tahun 2021.

Penjualan Wholesales Produk Toyota CBU Thailand di Indonesia, Semester 1, Tahun 2021 
Model Jumlah
Toyota Corolla Cross 1.039 unit
Toyota Hilux 1.033 unit
Toyota Camry 473 unit
Toyota Corolla Altis 330 unit
Toyota C-HR 105 unit

Baca juga: Setelah Toyota Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Camry 2.5 G

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru