Kaya Akan Fitur dan Mengandalkan Penggerak Roda Depan, Toyota Avanza Mestinya Bisa Ditaklukkan Wuling Cortez

Enda · 19 Apr, 2021 15:00

Kaya Akan Fitur dan Mengandalkan Penggerak Roda Depan, Toyota Avanza Mestinya Bisa Ditaklukkan Wuling Cortez 01

Toyota Avanza Vs Wuling Cortez

Memiliki tampilan sederhana dan minim fitur, Toyota Avanza hingga kini terbukti masih mampu memikat hati masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk alasan LMPV pabrikan tiga oval ini terus diminati karena mengaplikasikan sistem penggerak Rear-Wheel Drive (RWD), yang terkenal akan ketangguhan disegala medan berkontur curam.

Dibandrol mulai dari Rp187.6 juta hingga Rp235.4 juta, sebenarnya terdapat opsi menarik selain Avanza yang bisa kalian pilih apablia sedang mencari mobil keluarga terjangkau dengan tampilan yang lebih eye-catching dan kaya akan fitur.

Model lainnya datang dari pabrikan otomotif asal China. Meski secara segmentasi kurang tepat, Wuling Cortez hadir sebagai model dengan tampilan maupun fitur lebih baik di harga baru yang cukup terjangkau. Bicara mengenai harga, MPV berpenggerak Front-Wheel Drive (FWD) ini ditawarkan Rp203.8 juta sampai dengan Rp281.8 juta.

Meski Wuling Cortez menyuguhkan kesan tampilan lebih segar dan nyaman berkat sistem penggerak yang dianutnya, sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggemari penggerak RWD. Penggerak roda belakang dianggap lebih mudah dalam menaklukan berbagai medan. Namun begitu, Cortez juga tidak bisa disepelekan dalam banyak hal berikut ini. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga: 5 Hal Tentang Toyota Avanza

Adu Sistem Penggerak RWD di Toyota Avanza dengan FWD di Wuling Cortez, Unggul Cortez?

Keunggulan Penggerak RWD

Kaya Akan Fitur dan Mengandalkan Penggerak Roda Depan, Toyota Avanza Mestinya Bisa Ditaklukkan Wuling Cortez 01

Penggerak RWD

Mobil dengan sistem penggerak RWD seperti Toyota Avanza diketahui dapat dengan mudah melakukan akselerasi. Hal ini terjadi lantaran ketika mobil melakukan akselerasi, secara rasional beban akan pindah ke bagian belakang.

Hal seperti ini tentunya membuat daya cengkram padan ban belakang akan lebih rigid untuk melakukan putaran roda.

Disisi lain, RWD ini lebih mudah dalam melakukan manuver. Mengingat, peranti pada roda bagian depannya tak sebanyak penggerak FWD. Tak ayal sebagian besar mobil RWD lebih mudah melakukan handling ataupun memutar balik karena memiliki radius putar yang kecil.

Kelebihan lainnya dari RWD yakni, dianggap lebih baik dalam proses pengereman. Semua ini terjadi karena sasis lebih seimbang dalam menyebarkan bobot mobil secara merata selain dari posisi mesin yang ditanamkan model longitudinal atau sejajar.

Dengan bobot yang tersebar secara merata, maka bagian depan tidak akan mendapatkan beban berlebih sehingga mobil dapat dikendalikan ketika melakukan pengereman secara mendadak.

Kekurangan Penggerak RWD

Mobil penggerak RWD pada umumnya memiliki kabin yang lebih sempit. Hal ini terjadi lantaran drive shaft yang mengghubungkan transmisi dan differential membutuhkan ruang untuk meletakan bagian ini. Tak heran bila kalian sering menemukan seperti gundukan di tengah kabin mobil yang membuat lantainya terasa menjadi sempit.

Mobil RWD juga memiliki harga jual baru yang lebih mahal dari mobil FWD. Karena dalam produksinya, mobil ini membutuhkan lebih banyak parts untuk menyalurkan putaran daya dari mesin ke roda belakang.

Bicara mengenai konsumsi bahan bakar, mobil ini juga lebih boros karena harus melewati banyak bagian yang menyebabkan kerugian mekanis saat harus mentransfer tenaga ke rodanya.

Keunggulan Penggerak FWD

Kaya Akan Fitur dan Mengandalkan Penggerak Roda Depan, Toyota Avanza Mestinya Bisa Ditaklukkan Wuling Cortez 02

Penggerak FWD

Penggerak FWD ini sebagian besar menyuguhkan tampilan kabin mobil yang lebih besar dan nyaman. Seperti yang bisa dilihat, Wuling Cortez memiliki kabin lebih merata dan lapang sehingga memberikan kesan leluasa serta memudahkan pengguna untuk keluar masuk baris ketiga melewati lorong tengahnya.

Bukan hanya itu saja, sistem FWD diklaim lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Karena untuk menggerakan roda depan tidak memerlukan putaran atau traksi yang lebih besar. Tenaga tidak perlu melewati as kopel seperti RWD. 

Dalam hal perawatan juga sangat mudah, karena kalian tidak perlu mengganti pelumas gardan seperti yang dilakukan para pengguna RWD.

Oh iya, mobil dengan sistem penggerak FWD juga cenderung lebih murah dikarenakan dalam cost produksinya tidak perlu mengeluarkan biaya parts lebih banyak.

Kekurangan Penggerak FWD

Mobil dengan penggerak FWD umumnya lemah di sektor kaki-kaki depan. Hal ini diakibatkan banyaknya peranti pada roda depannya yang juga sekaligus membuat bobot kendaraan lebih besar di depan.

Dengan adanya distribusi berat kendaraan yang dianggap masih kurang merata, membuat kestabilan mobil ini juga dianggap tidak sebaik mobil penggerak RWD.

Selain memiliki handling yang dianggap kurang baik akibat roda depan yang berfungsi sebagai kemudi sekaligus harus menyalurkan tenaga mesin, FWD juga mempunyai radius putar yang besar. Sehingga kalian perlu mengambil haluan lebih jauh ketika ingin melakukan putar balik.

Wuling Cortez Hadir dengan Fitur Lebih Unggul

Kaya Akan Fitur dan Mengandalkan Penggerak Roda Depan, Toyota Avanza Mestinya Bisa Ditaklukkan Wuling Cortez 03

Fitur Wuling Cortez

Wuling Cortez saat ini memiliki fitur unggulan berupa Classy Electric Sunroof dan pengaturan jok elektrik pada baris pertama. Selain itu ada juga Double Blower AC, Digital AC Control, Auto AC, tombol Start/Stop Engine, layar Multi Information Display (MID) berukuran 7 inci, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Steering Switch dan Head Unit 8 inci Touchscreen.

Bicara sektor keselamatan, Wuling Cortez berkesempatan mendapatkan ABS, EBD, BA, Electronic Stability Control (ESC) serta Traction Control System (TCS). Tersedia pula fitur tambahan Tire Pressure Monitoring System, Isofix, Immobilizer, All-seat Safety Belt Indicator, Electric Parking Brake, Auto Vehicle Hold, Electronic Stability Control, Automatic Vehicle Holding dan Fatigue Driving Warning.

Tidak hanya itu, MPV ini juga telah mengusung sejumlah fitur canggih seperti Rear Parking Camera, Front and Rear Parking Sensor, Hill Hold Control yang mencegah kendaraan mundur saat berada di tanjakan, hingga Dual SRS Airbag di depan dan samping. Demi memberikan daya pengereman yang maksimal, Wuling Cortez mendapatkan rem model cakram di seluruh rodanya.

Mengenai fitur, Toyota Avanza behasil disematkan Dual Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Mesin Toyota Avanza Vs Wuling Cortez

Kaya Akan Fitur dan Mengandalkan Penggerak Roda Depan, Toyota Avanza Mestinya Bisa Ditaklukkan Wuling Cortez 04

Mesin Toyota Avanza

Diketahui saat ini Wuling Cortez hanya menawarkan varian mesin 1.5L saja. Secara data, jantung pacu yang dibenamkan MPV ini berhasil disokong turbocharged 4 silinder segaris DOHC, DVVT berkapasitas 1.451 cc dengan teknologi Turbocharger by Honeywell. Mesin di balik bonnetnya tersebut mampu menghasilkan tenaga setara 142 PS @5.200 rpm dan torsi 250 Nm 1.600-3.600 rpm yang disalurkan ke roda depan.

Dengan kemampuan mesin yang tangguh, kalian tak perlu khawatir jika mobil ini dibawa bepergian jauh. Terlebih Wuling menawarkan transmisi manual 6-percepatan dan CVT yang menawarkan kenyamanan dan ketangguhan.

Kaya Akan Fitur dan Mengandalkan Penggerak Roda Depan, Toyota Avanza Mestinya Bisa Ditaklukkan Wuling Cortez 05

Mesin Toyota Avanza

Bicara Avanza, produk andalan Toyota ini juga menawarkan mesin 1.5L yang kini hanya bisa dijumpai pada varian Veloz. Mengenai spesifikasi, mesin yang digunakan berkubikasi 1.496 cc 2NR-VE IL, 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-i yang dapat melecutkan tenaga sampai dengan 104 PS @6.000 rpm di angka torsi 136 Nm @4.200 rpm. Mengenai tingkat percepatan, mobil ini ditawarkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Perbandingan Rasio Gear Transmisi Toyota Avanza Vs Wuling Cortez

Rasio Transmisi Toyota Avanza
Keterangan Otomatis CVT Manual 5-percepatan
Gigi 1

2.631 ~ 0.378

3.769
Gigi 2 2.045
Gigi 3 1.376
Gigi 4 1.000
Gigi 5 0.838
Perbandingan gigi 1.754 4.128
Perbandingan gigi akhir 5.511 4.875

 

Rasio Transmisi Wuling Cortez
Keterangan Otomatis 4-percepatan Manual 5-percepatan
Gigi 1 2.731 3.727
Gigi 2 1.526 2.211
Gigi 3 1.000 1.414
Gigi 4 0.696 1.061
Gigi 5   0.814
Gigi 6   0.723
Perbandingan gigi 2.290 3.545
Perbandingan gigi akhir 5.125 4.176

Kesimpulan

Sebagian besar masyarakat Indonesia hingga kini lebih tertarik membeli Toyota Avanza karena menggunakan penggerak RWD yang terbukti tangguh dalam menaklukan berbagai medan yang berkontur relatif curam. Padahal secara tampilan, Avanza terlihat begitu sederhana dan minim akan fitur. Mungkin untuk di daerah terpencil dengan kondisi perbukitan dan jalan tanah atau gravel, Avanza juaranya karena lebih gesit.

Akan tetapi, tidak ada salahnya juga memilih Wuling Cortez sebagai mobil idaman saat ini. Selain memiliki harga baru yang sangat bersaing dengan Avanza, mobil ini terasa begitu nyaman dengan sistem penggerak FWD.

Dengan penggerak yang dianutnya dan infrastruktur tol yang semakin luas, Cortez terasa nyaman untuk perjalanan jauh melintasi berbagai kota di Indonesia. Tidak hanya itu, fitur yang disuguhkan mobil ini juga memberikan kesan berkendara yang lebih nyaman dan aman.

Baca juga: Setelah Almaz RS dan Confero Facelift, Wuling Cortez Facelift Bakal Meluncur? Simak Dulu Kelebihannya

Baca juga: Ketahui Kekurangan Wuling Cortez Ini, Sebelum Putuskan Ganti Toyota Avanza Kesayangan Anda!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru