Kelebihan dan Kekurangan Civic Hatchback

Alex · 27 Mei, 2020 17:00

Kelebihan dan Kekurangan Civic Hatchback 01

Honda Civic Hatchback RS yang kini dibanderol Rp 499 juta menjadi model yang sangat menarik dalam opsi mobil baru. Dengan banderol yang berada di kelas Rp 500 jutaan kecil ini, Honda tetap mengedepankan unsur sporty pada mobil ini.

Mobil New Honda Civic Indonesia tersedia dalam 3 varian, yakni Honda Civic Hatchback S, E, dan RS. Harga Honda Civic terbaru Hatchback ini berkisar Rp 431,6 jutaan hingga Rp 499 jutaan. Ini merupakan harga Civic 2020.

Pada awal tahun 2020 ini Honda Indonesia meluncurkan varian RS untuk model ini dan varian lainnya berhenti dijual. Dengan demikian, Anda tak punya opsi varian selain RS dalam menentukan pembelian Honda Civic Hatchback.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Walau kelas yang dihuni Honda Civic Hatchback kini sepi pemainnya, namun harga tersebut tergolong mahal. Saat ini New Honda Civic Hatchback berhadapan langsung dengan Mazda 3 hatchback yang dibanderol Rp 497,8 juta.

Seolah sadar akan banderolnya yang lebih tinggi, PT Honda Prospect Motor menyodorkan produknya ini dengan "menu" yang tak cuma ada di sektor performa. Mulai dari kelengkapan fitur keselamatan, kenyamanan hingga keselamatan jadi bekalnya memikat konsumen.

Namun bukan berarti ia tak punya kelemahan dan sisi yang perlu Anda pertimbangkan jika hendak memilikinya. Berikut kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangan Civic Hatchback RS.

Kelebihan

Mesin yang bertenaga

Bisa dibilang menu New Honda Civic Hatchback ada di balik kap mesin. Dapur pacu berkapasitas bersih 1.498 cc itu mampu merilis daya maksimum mencapai 173 dk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 220 Nm.

Hal ini berkat teknologi VTEC kebanggaan Honda pada mesin tersebut. Karena doping turbo, maka daya mobil Honda Civic baru yang bisa tersembur menjadi lebih tinggi dibanding mesin Mazda 3 yang hanya bisa merilis daya maksimum 145 dk.

Irit bahan bakar

Lagi-lagi perangkat turbocharger memainkan peran vital dalam membuat klaim konsumsi bahan bakar. Mesin berpenggerak depan tersebut juga didukung oleh transmisi CVT yang terkenal halus dan mampu membuat konsumsi BBM optimal. Ditambah lagi adanya fitur ECON Mode mampu membuat sisi kehematan semakin baik.

Berdasarkan pengetesan pada tahun 2017, Honda Civic turbo Hatchback tercatat lebih irit daripada varian sedannya. Untuk rute dalam kota, konsumsi BBMnya tercatat 14,3 km/liter sedangkan pada pengukuran rute luar kota 20,8 km/liter.

Kelebihan dan Kekurangan Civic Hatchback 01

Fitur keselamatan lengkap

Dari luar saja bisa kita tahu bahwa New Honda Civic Hatchback sudah siap mengimbangi tenaga besar dalam manuver deselerasi dengan adanya empat rem cakram. Tak sampai di situ, fitur keselamatan aktif yakni Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist menjadi nilai plus dalam sisi safety.

Untuk kantung udara, Honda juga tak mau setengah-setengah. Karena penumpang mobil ini mendapat perlindungan dari enam titik kantung udara. Untuk meyakinkan tingkat keselamatannya, mobil ini juga memiliki hasil tes tabrak yang memuaskan. Dari hasil tes yang dilakukan Euro NCAP tahun 2017, New Honda Civic turbo Hatchback meraih 5 bintang alias sempurna.

Interior detail pada unsur sporty

Ada hal kecil yang menarik untuk diperhatikan, bagian pedal sudah menggunakan model pelat mirip yang digunakan mobil balap atau bahkan supercar. Tak cuma itu saja, penggunaan bahan kulit baik di jok, setir sampai tuas transmisi dengan baik dibungkus bahan gelap dengan aksen jahitan merah, padu padan warnanya pun menarik dilihat dan tak membuat mata cepat lelah.

Desain sporty khas keluarga Civic

Pada generasi kesepuluh ini wajah Civic bisa dibilang berubah sangat revolusioner. Tak ada lagi lekuk-lekuk dinamis untuk menuju bahasa sporty. Walau bisa dibilang banyak tarikan-tarikan tajam dan menyudut, namun ketampanan Civic Hatchback sulit disembunyikan. Bahkan bagian belakang sangat menarik, di mana diffuser dikombinasi dengan dua lubang knalpot di tengah sangat mendongkrak aura sangarnya.

Kekurangan

Hanya ada satu varian

Pada awal kemunculannya, Honda Civic Hatchback sebenarnya hadir dalam opsi 2 tipe, yakni E dan S. Sayangnya keduanya kini telah disuntik mati. Pada awal tahun ini, Civic Hatchback RS pun lahir dan Honda Indonesia hanya menawarkan tipe itu saja.

Hal ini tentu menjadi kelemahan dalam pembeli menentukan pilihan. Tak ada pilihan lain selain mengambil tipe RS yang harganya nyaris menyentuh setengah milyar Rupiah.

Kelebihan dan Kekurangan Civic Hatchback 02

Ventilasi palsu

Sesuai namanya yang punya embel-embel "RS", maka Civic Hatchback ini punya sejumlah body kit yang dilengkapi lubang-lubang ventilasi. Sayangnya, ventilasi tersebut tak berguna untuk menangkap udara maupun perangkat aerodinamika. Jadi hanya semata-mata untuk tujuan penunjang ketampanan eksterior saja.

Hanya tersedia dalam transmisi matic

Sebenarnya tak ada catatan negatif mengenai transmisi otomatisnya yang berteknologi CVT. Namun sayangnya Honda tak membuat versi transmisi manual pada model ini. Hal ini bukan cuma di Indonesia saja.

Agak disayangkan, mobil yang mengedepankan aura sporty namun tak bisa memuaskan kebutuhan penggemar kecepatan dengan transmisi tiga pedal. Sebagai informasi, versi transmisi manual dimiliki oleh New Honda Civic Type R yang harganya dua kali lipat lebih.

Tak ada Honda Sensing

Hadir ke Indonesia dalam bentuk CBU dari Thailand, Civic Hatchback RS tak bisa dikatakan murah. Apalagi Anda harus mendapati bahwa Civic Hatchback versi Indonesia ini tak memiliki fitur Honda Sensing seperti versi Thailand.

Kesimpulan

Bagi penggemar berat Civic, pada generasi kesepuluh ini memang sangat cocok untuk dimiliki. Segala kelebihannya yang dimiliki New Honda Civic Hatchback ini lebih cocok bagi yang mengincar kenikmatan berkendara dengan teknologi VTEC plus turbo kebanggaan Honda.

Namun dengan catatan, Anda tak ada masalah dengan banderolnya yang mencapai Rp 499 juta. Harga tersebut lebih mahal dibanding rivalnya dari Mazda.

Di samping itu, Anda juga harus ikhlas mendapati mobil ini mengalami sunat fitur. Pasalnya di negara asal Civic Hatchback dibuat, yakni Thailand, tersedia fitur keselamatan canggih bernama Honda Sensing. Entah apa yang dipikirkan Honda Indonesia sampai meniadakan fitur tersebut, yang jelas banderol mobil ini tak bisa disebut murah.

Maka, New Honda Civic turbo Hatchback RS generasi kesepuluh ini sekedar cocok bagi yang mau merasakan kehebatan mesin turbo Honda dan menjadikannya sebagai mobil kedua atau kesekian.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Civic Hatchback S CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru