window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu GranMax, Andalan Sejati Para Pengusaha Travel

Enda · 18 Apr, 2022 16:00

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, Daihatsu Gran Max hingga kini terus diminati konsumen Tanah Air berkat ketangguhan yang dimiliki. Ditawarkan dalam dua model, yakni pick up dan minibus, varian penumpangnya secara kapasitas juga memiliki daya tampung yang banyak.

Harga terjangkau serta mempunyai daya tampung yang banyak, Daihatsu Gran Max bukan cuma dimanfaatkan sebagai mobil keluarga. Memiliki beragam keunggulan yang ditawarkan, tak sedikit para pemilik mobil ini memanfaatkannya untuk melakukan berbagai kegiatan bisnis, salah satunya travel.

Tertarik membeli Daihatsu Gran Max baik untuk mobil keluarga atau mendukung kegiatan bisnis sehar-hari? Sebelum meminangnya, simak lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 11.734 Unit Daihatsu Gran Max dan Luxio Terkena Recall ECU, Catat Periode Produksinya

Kelebihan Daihatsu Gran Max

1. Sanggup Dimuati Hingga 11 Orang Sekaligus

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max sanggup dimuati hingga 11 orang

Sebagai MPV berpenampilan boxy, secara kapasitas daya angkut penumpang Daihatsu Gran Max sanggup dimuati hingga 8 orang. Namun tak sedikit para pemiliknya terkadang membawa 11 orang dalam melakukan satu kali perjalanan berkat kabinnya yang besar serta bangku baris ketiga yang dibuat saling berhadapan.

2. Daihatsu Gran Max Mampu Membawa Barang dengan Jumlah Cukup Banyak

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max bisa membawa barang dengan jumlah cukup banyak

Postur tubuh yang tinggi serta mengadopsi sasis model monokok dengan kabin rata, Daihatsu Gran Max bukan cuma dimanfaatkan sebagai mobil penumpang. Di luar sana banyak pemiliknya memanfaatkannya sebagai mobil usaha, salah satunya untuk membawa sembako serta logistik.

Bicara daya angkutnya, baik saat membawa penumpang maupun barang mobil ini sanggup menahan beban hingga 1 ton.

3. Daihatsu Gran Max Punya Dua Pilihan Mesin yang Bertenaga Sekaligus Bisa Diandalkan

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max

Punya dua pilihan mesin, Daihatsu Gran Max dapat diandalkan

Menggantikan posisi Daihatsu Zebra Master, Gran Max hadir dengan dua pilihan mesin 1.3L dan 1.5L yang terkenal akan ketangguhan namun tetap irit BBM berkat teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) yang dianutnya.

Secara data, varian 1.3L sendiri mengadopsi mesin K3-DE DOHC 4 silinder segaris 1.298 cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 88 PS serta torsi 114 Nm. Sedangkan mesin 1.5L nya yang berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-i 1.495 cc sanggup memeras tenaga hingga 97 PS dengan torsi maksimum di angka 134 Nm.

Untuk pemakaian dalam kotanya sendiri mobil ini mampu menempuh jarak 11 km/liter serta 13 km/liter saat mobil digunakan berperkian keluar kota.

4. Kaki-kaki Daihatsu Gran Max Tangguh

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max

Kaki-kaki Daihatsu Gran Max terbilang tangguh

Kelebihan lain daripada Daihatsu Gran Max ada pada bagian kaki-kakinya. Meski sering melewati jalan berkontur serta dimuati beban berat, kaki-kaki mobil ini tidak mudah rusak. Hal ini dikarenakan Daihatsu juga menjual varian pick up nya yang hingga kini masih menjadi produk favorit di segmen kendaraan niaga muatan ringan.

5. Spare Part Murah dan Mudah Ditemukan

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max

Suku cadang Daihatsu Gran Max mudah dan mudah ditemukan

Bicara soal spare part Daihatsu Gran Max tampaknya kalian tidak perlu khawatir. Selain sangat bersahabat di kantong, untuk ketersediaannya sendiri mudah ditemukan di seluruh penjuru Tanah Air. Tak hanya itu, suku cadang aslinya juga memiliki masa pemakaian yang panjang.

Baca juga: Kulik Perbedaan Daihatsu Gran Max vs Toyota Town Ace, Ada Matiknya Plus Sudah Pakai TSS

Kekurangan Daihatsu Gran Max

1. Material Body Terkesan Tipis

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max

Body Daihatsu Gran Max terbilang tipis

Menggunakan plat yang tipis, ketika kalian mencoba mengetuk bagian body nya maka suara yang ditimbulkan terdengar nyaring. Selain itu, body mobil ini mudah penyok ketika ditekan cukup kuat.

2. Peredam Kabin Tipis

Bukan cuma plat body, peredam kabin mobil ini juga terbilang tipis. Dengan begitu suara dari luar kendaraan masih bisa terdengar jelas disaat kalian berpergian menggunakan mobil ini.

3. Suspensi Daihatsu Gran Max Keras

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max

Suspensi Daihatsu Gran Max terbilang keras

Meskipun sudah menggunakan suspensi model spiral berjenis kan Mac Pherson Struts bagian depan, serta 5-link, rigid-axio pada bagian belakang, untuk bantingan yang dihasilkan Daihatsu Gran Max terasa keras ketika melewati jalan yang berkontur. Dengan begitu penumpang tentunya merasa kurang nyaman dan mudah lelah ketika melakukan perjalanan jauh.

4. Kurang Stabil Ketika Dipacu Kecepatan Tinggi

Memiliki bentuk yang mengotak, saat digunakan pada kecepatan tinggi Daihatsu Gran Max terasa begitu limbung. Hal tersebut dikarenakan mobil ini memiliki atap yang tinggi serta tingkat keaerodinamisan yang dimiliki tidak cukup baik.

5. Mesin di Bawah Membuat Kabin Terasa Panas

Mesin yang diletakan berada tepat di bawah pengemudi dan penumpang ini membuat kenyamanan berkendara menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan suhu panas pada mesin merangsek masuk ke dalam kabin yang membuat kabin terasa panas ketika berkendara di siang hari.

6. Daihatsu Gran Max Minim Fitur

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max minim fitur

Daihatsu Gran Max terbilang pelit akan fitur. Seperti yang terlihat, mobil ini tidak dilengkapi dengan double blower, power window, serta electric mirror. Untuk joknya sendiri juga terasa tipis. Dari segi keselamatan, mobil ini hanya mengandalkan seatbelt tanpa dilengkapi ABS dan airbag.

Kesimpulan

Harganya yang terjangkau, Daihatsu Gran Max sangat layak dipilih untuk kalian yang lebih mementingkan daya angkut penumpang serta barang tanpa memperhatikan faktor kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Sebagai informasi, untuk kalian yang sering melintasi jalanan berbukit sebaiknya memilih varian 1.3L. Pasalnya mesin tersebut lebih bisa diandalkan di jalan menanjak dan menurun ketimbang varian 1.5L nya.

Baca juga: Nissan Evalia Vs Daihatsu Gran Max Bekas di Harga Rp60 Jutaan, Unggul Mana?

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Gran Max ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Gran Max MB 1.3 D FH

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil