Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata

Enda · 4 Okt, 2021 19:00

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 01

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna merupakan kendaraan keluarga yang masuk dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (SUV) cikal bakal kemunculan Daihatsu Terios di Tanah Air.

Sedikit mengetahui sejarahnya, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 yang diberi kode C-series dengan membawa 3 varian, yaitu CL, CX dan CSX, menggunakan mesin 1.600 cc HD-C berkombusi karburator.

Satu tahun setelah peluncuran pertama di Bumi Pertiwi, ADM kemudian menawarkan Taruna dengan mesin 1.600 cc HD-E berteknologi injeksi guna memberikan kemudahan dalam perawatan serta konsumsi BBM yang lebih efisien.

Kemudian pada tahun 2001, Daihatsu memperkenalkan Taruna dengan sasis panjang yang mampu menampung hingga 7 orang sekaligus dengan diberi kode F-series. Untuk trim C-series dan F-Series, di tahun yang sama Taruna mendapatkan improvement pada jantung yang mana telah menggunakan mesin 1.500 cc HE-E Electronic Fuel Injection (EFI).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Agar Taruna semakin diminati, maka ADM beberapa kali melakukan penyegaran terhadap mobil ini. Dan terakhir pada tahun 2005, Daihatsu memperkenalkan Taruna OXXY yang diketahui memiliki bentuk lebih adventure. Namun pada 2006, ADM menyuntik mati Taruna lalu menggantikannya dengan Terios seperti yang kita kenal sekarang ini.

Mengetahui harga bekas Daihatsu Taruna, menurut salah satu situs jual beli mobil bekas, Taruna kini ditawarkan mulai dari Rp40 jutaan. Tertarik untuk meminangnya? Sebelum berniat membelinya, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna berikut ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh

Kelebihan Daihatsu Taruna

1. Mesin Daihatsu Taruna Bisa Diandalkan

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 01

Mesin Daihatsu Taruna dengan teknologi injeksi

Selama meramaikan kancah otomotif Tanah Air, tercatat Daihatsu Taruna ini hadir dengan tiga pilihan mesin, yaitu 1.6L HD-C karburator, 1.6L HD-E injeksi serta 1.5L HE-E injeksi.

Menurut data di atas kertas, mesin 1.6L HD-C karburator mampu memuntahkan tenaga 96 PS @5.700 rpm dengan torsi 127 Nm @4.800 rpm. Sedangkan 1.6L HD-E injeksi, diketahui dapat memeras tenaga 105 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 134 Nm @4.800 rpm.

Bagaimana dengan mesin 1.5L HE-E nya? Jantung pacu berteknologikan Electronic Fuel Injection ini diketahui dapat menghasilkan tenaga 100 PS @5.800 rpm di angka torsi 127 Nm @4.700 rpm.

Sebagai informasi. semua varian yang dijajakan hanya ditawarkan transmisi manual 5-percepatan. Meski demikian, semua mesin yang ada diketahui sangat bisa diandalkan terlebih ketika melewati medan yang menanjak dan menurun.

2. Konsumsi BBM Daihatsu Taruna dengan Mesin Injeksi Terbilang Irit

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 02

Konsumsi BBM Daihatsu Taruna dengan mesin injeksi terbilang irit

Bicara konsumsi BBM, dari beberapa sumber menyebutkan bahwa untuk varian karburator mampu menempuh jarak 7 km/liter penggunaan dalam kota. Sedangkan untuk luar kota, mobil ini dapat meraih angka 10 km/liter.

Berbeda dengan mesin karburator, jantung pacu Taruna 1.6L dan 1.5L dengan teknologi injeksi diketahui dapat mencatatkan angka konsumsi BBM 9-10 km/liter untuk penggunaan dalam kota-nya. Berpergian ke luar kota melaju dalam kecepatan konstan, angka konsumsi BBM yang diraihnya akan terasa lebih irit, yakni 12-14 km/liter.

3. Suspensi Daihatsu Taruna Lebih Nyaman Dibanding Avanza-Xenia

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 03

Suspensi Daihatsu Taruna terbilang lembut dan nyaman

Meskipun masuk dalam kategori SUV, beberapa pengguna setia Daihatsu Taruna menganggap bahwa bantingan yang dimiliki mobil ini terasa lebih nyaman dibandingkan Avanza maupun Xenia.

Untuk jenis suspensi yang digunakan, pada bagian depannya memakai Double wishbone independen. Sedangkan pada roda belakang, Daihatsu mempercayakan suspensi jenis Rigid axle pada mobil ini.

4. Plat Body Daihatsu Taruna Terasa Tebal

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 04

Tidak seperti mobil sekarang ini, Daihatsu Taruna ini memiliki plat body yang tebal. Tak heran apabila body mobil ini terkesan begitu kokoh dan tidak mudah penyok.

5. Spare Part Cukup Melimpah

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 05

Spare part Daihatsu Taruna melimpah dimana-mana

Meskipun usia Daihatsu Taruna di Indonesia tercatat hanya mampu bertahan 6 tahun, ternyata spare part daripada mobil ini masih sangat mudah ditemukan dimana-mana. Bukan hanya itu, harga suku cadang yang ditawarkan juga terbilang cukup terjangkau sehingga tidak akan merogoh kocek kalian terlalu dalam.

6. Daihatsu Taruna Dilengkapi Beberapa Fitur Hebat di Zamannya

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 06

Fitur Daihatsu Taruna cukup lengkap

Sekelas mobil keluarga di era 2000-an awal, Daihatsu Taruna bisa dibilang memiliki fitur yang hebar di zamannya. Seperti yang diketahui, mobil ini telah mendapatkan power window, electric mirror, sistem audio 1DIN dan AC yang dilengkapi dengan blower pada bagian tengah. Dengan fitur yang dimiliknya tersebut setidaknya dapat memberikan rasa nyaman kepada para penggunanya ketika sedang dalam melakukan perjalanan.

Baca juga: Ini Keunggulan Toyota Kijang Krista, Varian Termewah Kijang Kapsul di Jamannya

Kekurangan Daihatsu Taruna

1. Limbung di Kecepatan Tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 07

Daihatsu Taruna terasa limbung di kecepatan tinggi

Seperti kebanyakan SUV lainnya, Daihatsu Taruna ini terasa limbung ketika melaju di kecepatan tinggi, terlebih ketika sedikit bermanuver.

Hal tersebut dikarenakan Taruna sendiri memiliki ground clearance cukup tinggi serta karakter suspensinya yang cenderung lembut.

2. Kopling Daihatsu Taruna Terasa Keras

Kelemahan lainnya dari mobil ini adalah bagian kopling. Pedal kopling mobil ini bila dibandingkan dengan beberapa mobil sekelasnya terbilang keras.

3. Peredam Kabin Kurang Baik

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 08

Peredam kabin Daihatsu Taruna kurang begitu baik

Mengenai kesenyapan kabin, Daihatsu Taruna ini terasa sangat kurang. Dengan begitu suara mesin akan terdengar jelas ketika mobil melaju di kecepatan tinggi. Bukan hanya itu, suara asing dari luar kendaraan juga bisa kalian dengar dengan jelas dari dalam.

4. Waspada Ketika Overheat

Jantung pacu Daihatsu Taruna diketahui menggunakan material dari alumunium untuk blok mesinnya. Dengan begitu kalian perlu waspada apabila mengalami overheat pada mobil ini. terutama pada bagian sambungan blok serta kepala silinder.

5. Suara Gemuruh dari Bagian Belakang

Beberapa pemilik mobil ini mengeluhkan suara gemuruh yang timbul dari bagian belakang disaat melaju di kecepatan tinggi. Hal ini ditimbulkan karena gardan yang sudah aus termakan oleh usia dan masa pakai.

6. Mesin dengan Karburator Kerap Kali Dikeluhkan Pemiliknya

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata 09

Mesin Daihatsu Taruna dengan kombusi karburator

Daihatsu Taruna yang masih menggunakan karburator untuk sistem pengkabutannya, sering kali dikeluhkan oleh beberapa penggunannya. Hal tersebut dikarenakan membran di dalam karburator diklaim sering rusak. Dengan begitu secara otomatis juga dapat menyebabkan konsumsi BBM nya terasa lebih boros.

7. Model Injeksi Lemah di Kelistrikan

Selain mesin dengan karburator, mesin yang menggunakan teknologi injeksi juga seringkali dikeluhkan. Kerusakan yang menimpa pada mesin injeksi ini bersumber pada sistem kelistrikannya.

Kesimpulan

Mengenai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna berhasil kami sampaikan di atas. Bagi kami mobil ini masih layak digunakan sebagai mobil keluarga. Selain harga bekas yang terjangkau, model daripada Daihatsu Taruna juga tidak ketinggalan zaman.

Baca juga: Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru