Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V, Mesin Lama tapi Sistem Keamanan Terbaik

Samuel Tito · 18 Okt 2020 03:30

Setelah pertama kali diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015, Honda BR-V langsung lepas landas setelah Honda memasarkan Low Sport Utility Vehicle (LSUV) ini pada 2016. Namun, tak selamanya mulus, penjualan BR -V menurun tahun lalu dengan rata-rata penjualan. 700 unit per bulan. Berusaha menggaet pasar SUV kelas bawah lagi di Tanah Air, akhirnya Honda memperkenalkan Honda BR-V terbaru di pameran otomotif tahun lalu.

BR-V merupakan low SUV yang cukup diminati masyarakat Indonesia terutama di awal kemunculannya. Bahkan, mobil ini telah menyabet 12 penghargaan dari berbagai media otomotif Indonesia sejak pertama kali dipasarkan, seperti ASEAN Car of The Year 2016. Memang desain yang tangguh, kabin yang lapang, dan mesin yang irit menjadi daya tarik Honda untuk bersaing. dalam segmen yang cukup. sibuk tahun ini.

Dan kali ini, Honda memberikan beberapa ubahan pada tampilan eksterior baik depan maupun belakang dengan mengusung konsep yang sporty. Beberapa fitur tambahan juga disediakan untuk memudahkan pengguna dalam penggunaan sehari-hari yaitu One Push Ignition System hingga fitur keyless entry.

Dengan segala ubahan yang diberikan, Honda mengungkapkan bahwa versi facelift kali ini sudah bisa dipesan. Namun sebelumnya yuk kita simak kelebihan dan kekurangan Honda BR-V berikut ini.

Kelebihan Honda BR-V

Tampilan Lebih Sporty

Dengan berbagai penambahan pada eksterior dan interior, Honda BR-V memang menghadirkan ubahan yang mengesankan. Meski tidak sebanyak itu, setidaknya tampilan baru memberikan penyegaran yang pas untuk mobil ini.

Perubahan terlihat jelas pada tampilan depan mobil yang dibuat lebih tegas dan sporty dari sebelumnya. Seperti yang dijelaskan oleh pihak Honda, terdapat sesuatu yang baru pada bagian eksterior depan Honda BR-V, terdapat desain grille depan dengan aksen warna hitam yang pada fasia barunya lebih gelap dari sebelumnya, jika dilihat agak mirip piano black warna ya.

Melengkapi fasia depan mobil ini terdapat bumper yang lebih padat dan desain spoiler bawah serta LED Daytime Running Light. Honda juga menyisipkan aksen chrome pada housing fog lamp sehingga lebih tampil beda dan unik dari sebelumnya. Sedangkan di bagian atas, lampu depan tidak mengalami perubahan apapun pada edisi facelift kali ini.

Tidak ada perubahan yang signifikan pada tampilan samping mobil ini dimana pahatan yang gagah masih terlihat untuk kesan sporty. Dan mengingat mobil ini dipasarkan untuk mereka yang suka berpetualang, maka ground clearance 201 mm terbilang cukup mudah saat membawa mobil ini di kondisi jalan yang tidak rata.

Penambahan Fitur Baru Lebih Nyaman dan Aman

Melengkapi fitur-fitur pada eksterior sisi Honda BR-V yaitu sistem keyless entry yang memudahkan Anda dalam membuka pintu tanpa kunci dan desain pelek 16 inci yang berbeda dengan edisi sebelumnya. Selain itu, roof rail juga masih disediakan untuk memudahkan Anda membawa barang di atap mobil.

Mobil Teraman oleh Honda Dalam Hal Peredam Tabrakan

Struktur rangka G-CON plus ACETM memberikan daya serap bentuk yang cukup baik jika terjadi kecelakaan. Fitur keselamatan aktif New Honda BR-V juga dilengkapi dengan sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Start Assist untuk stabilitas tinggi dan Hill Start Assist yang memudahkan Anda dalam berkendara setelah berhenti di tanjakan. Honda mengatakan telah memasang Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System untuk melindungi mobil Anda.

Kekurangan Honda BR-V

Tidak ada Ubahan Teknis

Memang tidak ada perubahan teknis pada mobil ini. Selain mesin yang tetap sama, sistem transmisinya masih menggunakan CVT dan manual 6 percepatan. Selain itu, BR-V juga memiliki sistem bahan bakar PGM FI yang memenuhi standar emisi gas buang Euro IV, sesuai keinginan pemerintah Indonesia untuk mobil baru di tanah air.

Beberapa Fitur Hanya di Varian Tertinggi

Edisi facelift baru memberikan fitur tambahan yang tidak ditemukan pada model sebelumnya. Kenyamanan di dalam kabin semakin lengkap dengan head unit 8 inci Floating Capacitive Touchscreen Display Audio, kompatibel untuk memutar musik seperti Radio AM / FM, MP3 / WMA, Bluetooth, koneksi di smartphone, Aux Input dan USB Port.

Yang baru dari fitur New Honda BR-V adalah One Push Ignition System yang memudahkan Anda untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari. Cukup praktis dan umum digunakan pada kendaraan baru belakangan ini. BR-V juga akhirnya mendapatkan Auto A / C yang dilengkapi fitur pengatur suhu demi kenyamanan Anda dan penumpang di belakang.

Bentuknya Mulai Kuno

Ada sedikit rasa kecewa dari konsumen Indonesia saat mengetahui kalau Honda BR-V terbaru hanya sebatas facellift. Karena sejatinya mobil ini sudah harus ganti model yang lebih modern.

Performa Honda BR-V

Honda menjelaskan, BR-V dibekali mesin berperforma tinggi dan konsumsi bahan bakar yang efisien untuk mengantar Anda menjelajah segala kondisi jalan raya. Masih menggunakan mesin 1.5L i-VTEC dengan teknologi Earth Dreams khas Honda, sistem operasi New Honda BR-V mampu menghasilkan tenaga maksimal 118 tenaga kuda pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.6 rpm.

Mesin Honda BR-V 2020
Tipe Mesin L15 1.5L 4-silinder segaris SOHC o-VTECC + DBW
Kapasitas Silinder 1.497 cc
Tenaga Maksimal 120 PS @ 6.600 rpm
Torsi Maksimal 145 Nm @ 4.600 rpm
Transmisi 6-percepatan manual dan CVT
Sistem Penggerak Front-wheel drive

Daftar Harga Honda BR-V

Honda BR-V tersedia dalam empat varian yang terbagi menjadi dua transmisi, manual 6 percepatan dan CVT. Honda juga menyampaikan bahwa Anda bisa mendapatkan enam pilihan warna, yakni Premium Amber Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Taffeeta White, Coffee Cherry Red Metallic, dan Lunar Silver Metallic.

Sedangkan harga Honda BR-V yang diungkap Honda adalah:

Model Harga
Honda BR-V S M/T Rp 248.900.000
Honda BR-V EM/T Rp 264.200.000
Honda BR-V E CVT Rp 274.400.000
Honda BR-V Prestige Rp 291.300.000

Selain itu, Honda BR-V juga dilengkapi dengan fasilitas purna jual, termasuk layanan perawatan berkala gratis hingga 50.000 km atau 4 tahun. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan suku cadang perawatan berkala 4 tahun / 50.000 km atau 8 tahun / 100.000 km.

Honda BR-V juga dilengkapi dengan fasilitas Experience Honda, yang memberikan layanan darurat 24 jam bagi konsumen dalam perjalanan termasuk penggantian ban, aktivasi baterai, pengisian bahan bakar, dan derek kendaraan 24 jam.

Kesimpulan Honda BR-V

Honda BR-V adalah salah satu LSUV andalan Honda. Akibat penurunan penjualan tersebut, banyak yang melontarkan pertanyaan seputar Honda BR-V generasi terbaru. Namun tanpa banyak ubahan akhirnya Honda merilis Honda BR-V edisi facelift dengan berbagai penambahan dan tampilan baru pada eksterior dan interior kendaraan.

Perubahan eksterior yang lebih sporty dengan aksen warna hitam dan interior yang lebih elegan melalui lis baru beraksen merah marun menjadi poin penting dalam facelift Honda BR-V.

Tidak ada perubahan teknis, seperti mesin dan transmisi yang masih menggunakan edisi lama. Namun, tentunya facelift ini setidaknya bisa memberikan penyegaran untuk mendongkrak penjualan LSUV fashionable besutan Honda ini.

Komentar

Mobil Terbaru