window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Honda City Type Z, Motuba yang Nggak Habis Dimakan Zaman

Enda · 8 Mar, 2023 08:30

Kelebihan dan kekurangan Honda City Type Z

Honda City Type Z merupakan salah satu sedan sub-kompak yang hingga kini masih ramai peminat. Meski usianya sudah lebih dari 2 dekade, secara tampilan mobil ini tidak ketinggalan zaman dan nggak ngebosenin.

Dihadirkan secara khusus untuk negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, generasi ketiga City ini dijual di Indonesia pada tahun 2000 yang merupakan versi penyegaran dari City SX8. Mobil yang dibuat menggunakan platform Honda Civic (Spesifikasi | Berita) generasi ke 4 atau EF tersebut untuk pasar Tanah Air ditawarkan dalam dua varian, yakni EXi (Persona) dan Type Z (VTEC). Sebagai informasi, varian terendahnya (Persona) saat itu banyak digunakan sebagai armada taksi di beberapa daerah.  

Di Indonesia, City Type Z mendapat perlawanan hebat dari pesaing terdekatnya, yakni Toyota Soluna dan Suzuki Baleno. Untuk pasaran harga bekas Honda City Type Z sendiri kini berada di angka Rp50 jutaan. Jika kalian tertarik membelinya, simak kelebihan dan kekurangannya melalui ulasan di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • 2017 Honda CITY E 1.5

    Rp 219,00 Juta
    Rp 3,96 Juta
    /bulan

    88.149 km

    6,5 tahun

    Jawa Barat

  • 2016 Honda CITY E 1.5

    Rp 202,54 Juta
    Rp 3,66 Juta
    /bulan

    64.921 km

    7 tahun

    Jakarta

  • 2014 Honda CITY E 1.5

    Rp 189,10 Juta
    Rp 3,42 Juta
    /bulan

    46.161 km

    9,5 tahun

    Banten

Kelebihan Honda City Type Z

1. Desain Modern

Kelebihan dan kekurangan Honda City Type Z

Eksterior Honda City Type Z

Kelebihan pertama yang dimiliki Honda City Type Z yakni desain eksterior yang terkesan modern gak habis dimakan zaman. Memiliki desain serta bentuk yang proper, di bagian depan mobil ini sudah menggunakan lampu multi-reflektor. Tampak minimalis, sekeliling grillnya dilapisi aksen krom, dan bumpernya memperoleh tambahan foglamp.

Melihat sisi samping, lekukan body yang diterimanya terlihat dinamis tidak menampilkan kesan neko-neko. Kesan modern lainnya juga tampak dari bagian belakang dimana stoplampnya juga menganut teknologi multi-reflektor.

2. Fun To Drive dan Hemat Bahan Bakar

Kelebihan dan kekurangan Honda City Type Z

Dari segi berkendara, Honda City Type Z terasa fun to drive. Menurut beberapa pemilik, untuk handlingnya terasa rigid, stabil dan jauh dari kesan limbung. Sebagai informasi, untuk suspensi di bagian depan mobil ini menggunakan MacPherson Strut with stabilizer dan independent coil spring dengan stabilizer pada roda belakangnya. Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki karakter yang responsif pada putaran menengah ke atas. Khusus Type Z, pada putaran atas yang diberikan terasa lebih ngejambak.

Untuk mesin yang digunakan, keduanya dibekali jantung pacu berkode D15 4-silinder segaris 16 valve SOHC. Pada varian terendah, tenaga yang diperoleh sebesar 106 Hp di 6.500 rpm dan torsi 134 Nm pada 4.600 rpm. Sedangkan varian Type Z, performa yang dihasilkan jauh lebih besar. Berkat teknologi VTEC yang digunakan, di atas kertas dapat memeras tenaga 115 Hp pada 6.800 rpm dengan torsi sebesar 139 Nm di putaran 4.600 rpm.

Perlu diketahui, varian terendahnya hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan untuk Type Z ditawarkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Bicara konsumsi bahan bakar, penggunaan dalam kotanya City Type Z sanggup menempuh jarak hingga 13 km/liter, dan 15-17 km/liter untuk pemakaian luar kota.

3. Perawatan Mudah, Spare Part Honda City Type Z Murah

Kelebihan dan kekurangan Honda City Type Z

Selanjutnya kelebihan yang dimiliki Honda City Type Z yakni perawatan yang mudah. Karena mengusung teknologi injeksi, kalian hanya cukup melakukan tune up serta penggantian pelumas secara teratur. Untuk spare part, mobil ini murah dan mudah ditemukan di pasaran. Sebagai contoh kampas kopling, untuk disc clutch nya ini dibandrol Rp500 ribu.

Baca juga: Bebas Image Taksi Seperti Toyota Vios, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda City Gen 3

Kekurangan Honda City Type Z

1. Kaki-kaki Depan Lemah

Kelebihan dan kekurangan Honda City Type Z

Seperti mobil berpenggerak roda depan kebanyakan, Honda City Type Z memiliki kelemahan di kaki-kaki depan yang mana kerap kali timbul suara ‘gluduk’ ketika melewati jalan berkontur. Suara asing yang muncul bisa disebabkan dari beberapa faktor seperti tie rod atau ball joint yang lemah, serta rack steer dan karet support yang rusak termakan usia.

2. Banting Suspensi Stiff

Guna mendapatkan handling yang stabil, untuk bantingan suspensinya Honda City Type Z dibuat sedikit stiff. Dengan begitu efek yang diberikan ketika melewati jalan keriting mobil ini terasa keras.

3. Lemah di Putaran Bawah

Kelebihan dan kekurangan Honda City Type Z

Bermain di putaran menengah hingga atas, pada RPM rendah mobil ini cenderung lemot. Dengan begitu pemilik diharuskan memiliki celah untuk mendapatkan performa pada putaran bawahnya.

Kesimpulan

Honda City Type Z menjadi pilihan menarik untuk kalian yang sedang mencari sedan di harga Rp50 jutaan. Memiliki tampilan yang nggak kemakan zaman, secara gaya berkendara mobil ini terasa fun to drive berkat performa, handling serta BBM yang dihasilkan. Namun untuk kekurangannya mobil ini lemah di kaki-kaki depan, RPM bawah cenderung lemot dan terakhir bantingan yang keras.

Baca juga: Intip Sejarah Honda City, Berawal dari Hatchback 3 Pintu Bermesin Turbo

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda City Sedan 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil