window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey

Anissa · 11 Agu, 2020 20:00

Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey 01

Honda Odyssey adalah sebuah mobil MPV yang diproduksi oleh pabrikan otomotif Honda sejak tahun 1994. Mobil yang masuk ke dalam segmen MPV premium ini hanya memasarkan satu variannya saja di Indonesia, yakni Honda Odyssey 2.5L Prestige. MPV dengan pintu geser ini dibanderol dengan harga Rp776 jutaan.

New Honda Odyssey hanya tersedia dalam 1 varian saja. Harga Honda Odyssey dibanderol dengan biaya sekitar Rp 781 jutaan. Ini merupakan harga Odyssey 2020. Dilihat dari harga Odyssey baru, bisa dikatakan New Odyssey ini termasuk dalam mobil kelas premium. Mobil mewah ini banyak peminatnya, bahkan Honda Odyssey bekas pun banyak yang minat. Harga Honda Odyssey bekas itu bervarian dan tergantung kondisi mobil tersebut. Para caln pembeli bisa mencari harga Honda Odyssey baru maupun bekas di situs otomotif.

Di segmen yang sama, Honda Odyssey bersaing dengan Toyota Alphard dan Nissan Elgrand. Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire. Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Banderol harganya yang tidak menyentuh angka 1 miliar membuat mobil ini memiliki kelebihan tersendiri, tapi sama seperti mobil pada umumnya, Honda Odyssey juga memiliki kekurangan.

Apa saja kekurangan dan kelebihan Honda Odyssey? Berikut ini informasinya.

Kelebihan Honda Odyssey

1. Desain Mewah dan Berkelas

Honda Odyssey tampak mewah dan berkelas dengan grille baru di bagian depan. Desain grille yang meningkat dan menyatu dengan LED Projector Headlamp juga telah dibekali dengan LED Daytime Running Light (DRL). Ada pula air intake dan LED fog lamp di bagian bumper bawah yang memberikan kesan sporty.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey 01

Desain bagian samping Honda Odyssey terlihat mewah karena menggunakan pintu geser atau sliding door yang dilengkapi outer courtesy light sebagai akses penerangan saat naik dan turun kendaraan. Sedangkan untuk bagian belakangnya dibekali dengan LED Rear Comvi Lamp dengan LED Light, dan rear lower garnish.

2. Interior Mewah dan Nyaman

Kabin Honda New Odyssey cukup leluasa dan mampu menampung 7 penumpang. Penggunaan material kulit di berbagai sisi termasuk kursinya menambah kesan mewah pada interiornya.

Kursi baris kedua New Odyssey menggunakan premium cradle seat dengan tambahan ottoman. Otoman seat ini bisa diatur sesuai keinginan penumpang. Tidak hanya itu, di samping kursi pengemudi juga terdapat arm rest yang nyaman.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey 02

Banyaknya power outlet untuk mengisi baterai Smartphone, adanya power sunroof dan pengaturan AC trizone menambah kemewahan pada kabin Honda Odyssey ini. Dashboard-nya sendiri menggunakan desain futuristik yang juga terlihat mewah. Setirnya juga dilapisi bahan kulit sehingga nyaman digenggam.

3. Fitur Lengkap

Fitur yang terdapat pada Honda New Odyssey ini bisa dibilang cukup lengkap. Untuk fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan head unit 7 inci yang mendukung berbagai format musik dan konektivitas, seperti pemutar CD/ DVD, Bluetooth, dan juga FM Radio. Head unit ini juga terhubung dengan smartphone, bluetooth, multi camera, dan sensor parkir.

Pada Honda Odyssey juga terdapat built-in GPS Navigasi. Ada pula fitur lainnya, seperti roof monitor, one push ignition system, audio steering switch, paddle shift, cruise control, ECON Mode, seat adjustment driver, seat adjustment passenger, dan sunroof.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey 03

Untuk menjaga keselamatan penumpangnya, mobil ini mengandalkan teknologi G-Con ACE dan Side Impact Beam yang bisa menyalurkan getaran jika terjadi benturan keras, sehingga meminimalisir resiko benturan.

Ada pula fitur keselamatan lainnya, seperti fitur Smart Parking Assist System, View Camera Assist, dan Hill Start Assist (HSA). Honda Odyssey juga dilengkapi dengan 6 Airbags, yakni Dual SRS Airbags, Side Airbags, dan Side Curtain Airbags untuk menjaga penumpang dari benturan.

Selain fitur pengereman ABS + EBD + BA yang menjadi sistem pengereman standar, Honda Odyssey juga dilengkapi beragam fitur canggih lainnya, seperti Active Cornering Light, Cross Traffic Monitor, Blind Spot Information, Parking Sensor, Emergency Stop Signals, dan kursi Isofix. Untuk keamanannya, pada mobil New Odyssey ini juga disematkan fitur immobilizer, alarm, auto down lock speed, dan smart key access.

4. Mesin Bertenaga

New Honda Odyssey generasi terbaru memiliki mesin 4 silinder segaris, i-VTEC DOHC, 16 katup + DBW berkapasitas 2.4 liter. Mesin ini diklaim bisa menghasilkan tenaga sebesar 172 HP pada putaran mesin 6.200 rpm dan torsi 225 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey 04

Kemudian untuk transmisinya sendiri, mobil MPV premium ini menggunakan sistem transmisi otomatis CVT dengan teknologi Earth Dream Technology dengan sistem penggerak front wheel drive. Penggunaan transmisi ini dinilai bisa memberikan pengendaraan yang lebih halus dan efisien bahan bakar.

5. Harga Lebih Murah Dibandingkan Pesaingnya

Meskipun Honda Odyssey menyasar segmen MPV premium di Indonesia yang terkenal dengan banderol harga fantastis, tetapi mobil ini bisa dibilang cukup murah dibandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya saja Toyota Alphard.

Saat ini, Toyota Alphard dipasarkan dengan harga sekitar Rp961,5 jutaan untuk model Toyota Alphard 2.5 X A/T. Sementara Honda Odyssey hanya dibanderol dengan harga Rp776 jutaan.

Kekurangan Honda Odyssey

1. Hanya Memiliki 1 Varian

Meskipun memiliki beragam fitur mewah yang memanjakan penggunanya, banyak yang menyayangkan hanya ada satu varian Honda Odyssey saja yang dipasarkan di Indonesia. Jika ada varian lainnya, tentu para konsumen akan memiliki pilihan yang lebih banyak dan bisa menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan mereka masing-masing.

2. Body Besar dan Berat

Honda Odyssey memiliki dimensi panjang 4.840 mm, lebar 1.820 mm, dan 1.695 mm. Jarak sumbu rodanya sendiri adalah 2.900 mm. Bodi mobil New Odyssey memang cukup besar. Selain itu, mobil ini juga memiliki bobot yang cukup berat. Berat kosongnya saja mencapai 1.855 kg.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey 05

Bodi mobil yang besar ini membuat Honda Odyssey kurang gesit dan akan sulit jika harus dibawa berkendara melewati jalan yang sempit.

Kesimpulan

Menyandang status sebagai salah satu MPV premium, Honda Odyssey memang memiliki kelebihan pada harganya yang cukup murah dibanding para kompetitornya di pasaran. Kendati demikian, mobil ini memiliki fitur hiburan dan fitur keselamatan yang cukup canggih dan sangat mumpuni untuk MPV seharga Rp700 jutaan.

Sayangnya, mobil New Odyssey ini hanya tersedia dalam satu varian saja. Selain itu, bodinya yang besar membuat Honda Odyssey kurang gesit dan sulit melewati jalanan sempit.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Honda Odyssey 2.4L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil