Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Creta 2022 yang Bikin Honda HR-V Tak Menarik Lagi

Prasetyo · 12 Nov, 2021 20:04

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Creta 2022 yang Bikin Honda HR-V Tak Menarik Lagi 01

Hyundai Creta 2022 telah resmi mendebut. SUV compact ini digadang bakal menjadi model pertama dari Hyundai yang akan di produksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat. Tentunya kehadiran Creta akan memanaskan segmen SUV crossover di Tanah Air.

Untuk kelas ini, kita ketahui penguasanya adalah Honda HR-V. Sayangnya, meski di Jepang bahkan Thailand sudah kedapatan Honda HR-V 2022, namun model anyar itu belum masuk ke Indonesia. Alhasil, HR-V generasi kedua pun harus menghadapi Creta.

Lalu bagaimana potensi Creta untuk menghadapi Honda HR-V generasi kedua yang saat ini masih dijual PT Honda Porspect Motor (HPM)? Tentunya Hyundai berbekal banyak poin penting agar mampu lebih unggul dari Honda. Yuk kita intip apa saja keunggulan dan kelebihan Hyundai Creta dibanding kompetitornya dari Jepang itu. 

Harga Hyundai Creta 2022 Masih Lebih Murah dari HR-V

Hyundai Creta 2022

Harganya mulai Rp279 juta

Baca juga : Fitur dan Spesifikasi Hyundai Creta 2022 Terkuak Jelang Peluncuran, Honda HR-V Wajib Waspada!

Perbandingan Harga
Hyundai Creta Honda HR-V
Tipe Harga Tipe Harga
Active MT 6-speed Rp279.000.000 1.5L S M/T Rp294.700.000
Trend MT 6-speed Rp299.000.000 1.5L S CVT Rp305.000.000
Trend IVT Rp319.000.000 1.5L E CVT Rp327.400.000
Style IVT Rp359.000.000 1.5L E CVT SE Rp344.600.000
Prime IVT Rp397.500.000 1.8L Prestige Rp409.800.000
Prime IVT Two Tone Roof Rp399.000.000    

Dilihat dari segi harga, jelas sekali kalau HR-V banderolnya leboh tinggi dari Creta. Untuk tipe terendah saja yang sama-sama masih bertransmisi manual, harga Hyundai Creta 2022 lebih murah Rp15 jutaan. Jadi rasanya kalau mau cari SUV Compact yang lebih terjangkau, Creta-lah jawabannya.

Desain Honda HR-V Mungkin Sudah Membosankan

Hyundai Creta 2022

Lampu DRL tersamar dengan gril

Soal urusan desian kembali kami harus menyerahkan lagi pada selera masing-masing pembaca. Namun karena unit yang kami komparasi kali ini adalah HR-V genersi kedua, maka rasanya sudah terlalu lama Honda tak memoles desain SUV compact andalannya itu. Padahal secara global, Honda HR-V 2022 sudah melantai dibanyak negara tetangga. Dan pada generasi terbaru HR-V ini, Honda merubahnya secara radikal.

Disatu sisi, Creta memberikan banyak nuansa baru. Desain yang ditawarkan tentunya masih sangat baru, mengingat selama ini Hyundai di Indonesia hanya menawarkan SUV dengan ukuran medium melalui Tucson. Kemudian satu kelas di atasnya ada Sante Fe. Jadi Creta seakan membuka kelas baru bagi seluruh lini produk Hyundai.

Desain Parametric Jewel Grille yang terlihat membetot atensi saat pertama kali melihat sosok Creta. Kemudian ditiap bagian sisinya ada desain DRL yang pakai teknologi Parametric Jewel Hidden. Yaitu ketika lampu DRL ini padam, maka sosoknya akan tersamar engan gril. Sementara lampu utamanya sendiri ada di bagian bemper.

Hyundai Creta 2022

Lampu belakang juga unik

Kemudian Creta juga punya kap mesin cukup panjang dengan fender depan lebar. Tarikan garis bodinya pun punya karakter kuat. Lantas di belakang, model lampuya juga unik dimana terlihat mirip boomerang.

Material Interior Hyundai Creta Lebih Baik dari HR-V?

Hyundai Creta 2022

Pakai kombinasi warna yang unik

Kini kita bandingkan dari sisi interior. Secara layout, tentu saja, kabin Honda HR-V masih terlihat modern sampai saat ini. Material yang digunakan juga tetap berkelas dibanding Creta yang masih pakai kombinasi plastik dibanding leather dan soft touch.

Tapi Creta punya dua monitor lebar. Satu berpenampang 10,25 inci sebagai meter cluster di sisi pengemudi, satu lagi menjadi headunit infotainment dengan ukuran 8 inci. Kemudian kapasitas bagasi belakang mobil ini juga mencapai 416 liter, dan kalau jok baris kedua ditekuk rata, kemampuannya jadi meningkat hingga 1.384 liter.

Hyundai Creta 2022

Jok depan sudah ada ventilasi udara

Satu lagi keunggulan Hyundai Creta, yakni untuk tipe tertinggi sudah dilengkapi audio system BOSE dengan 8 speaker. Kemudian ada ambient mood lamp, dan panoramic sunroof. Lalu kursi penumpang depan dan pengemudi sudah dilengkapi ventilasi dan ada Air Purifier di konsol tengah.

Hyundai Creta Cuma Punya 1 Mesin

Hyundai Creta 2022

Mesin Smartstream G1.5 dengan transmisi IVT

Hyundai menggunakan mesin Smartstream G1.5 untuk Creta. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm dengan torsi 143,8 Nm di 4.500 rpm. Mesin tersebut kemudain dikombinasikan transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT) dan ada juga pilihan transmisi manual 6 percepatan.

Sementara Honda memiliki dua pilihan meisn untuk HR-V. Yaitu mesin 1.5L SOHC i-VTEC berdaya 120 PS dan mesin 1.8L SOHC i-VTEC bertenaga 139 PS. Kedua mesin ini sama-sama digandengkan dengan transmisi CVT, namun pada varian terendah disediakan tipe transmisi manual 6-speed.

Fitur Hyundai SmartSense Bikin Honda HR-V Bertekuk Lutut

Hyundai Creta 2022

Sudah ada EPB dan Auto Hold serta Drive Mode

Yang paling diunggulkan dari Creta dibanding HR-V adalah keberadana fitur Hyundai SmartSense. Ini adalah paket fitur keselamatan dan keamanan aktif yang sudah dijejalkan apda beberapa model Hyundai terbaru seperti Staria atau Santa Fe. Berikut beberapa fitur di Hyundai Creta yang termasuk dalam Hyundai SmartSense :

  • Forward Collision Avoidance Assist (FCA)
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)
  • Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA)
  • Driver Attention Warning (DAW)
  • Driver Rear View Monitor (DRVM)
  • Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA)
  • Safe Exit Warning (SEW)
  • High Beam Assist (HBA)
  • Rear Occupant Alert (ROA)
  • Hill-start Assist Control (HAC)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Vehicle Stability Management (VSM)

Kesimpulan

Dengan harga selisih belasan juta lebih murah, Hyundai Creta 2022 ternyata menaarkan banyak hal menarik. Bukan saja dari segi desain, namun juga teknologi dan fiturnya. Mungkin Honda HR-V memang sudah waktunya untuk segera ganti generasi kalau tak ingin dikalahkan banyak kompetitor lain.

Baca juga : Hyundai Creta 2022 Dirilis dengan Harga Mulai dari Rp279 Juta, Alternatif Menarik daripada Honda HR-V

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Hyundai Creta Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru