Kelebihan dan Kekurangan Mazda VX-1, Saudara Kembar Ertiga dengan Harga Bekas Lebih Murah

Enda · 1 Okt, 2021 19:00

Kelebihan dan Kekurangan Mazda VX-1, Saudara Kembar Ertiga dengan Harga Bekas Lebih Murah 01

Kelebihan dan kekurangan Mazda VX-1

Selang satu tahun setelah Suzuki meluncurkan Ertiga di Tanah Air, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) selaku agen pemegang merek Mazda saat itu, berkesempatan memperkenalkan Mazda VX-1 yang diketahui merupakan rebadgenya. Saat diluncurkan, Low MPV 7-seater tersebut dibandrol mulai dari Rp178,8 juta hingga Rp191 juta on the road Jakarta.

Walaupun dibangun menggunakan basis yang sama dengan Ertiga, Mazda VX-1 diketahui memiliki beberapa perbedaan pada tampilan eksterior dan interior sebagai ciri khasnya.

Untuk kalian ketahui, perbedaan penampilan terjadi berkat adanya sedikit ubahan pada grille dengan aksen krom lebih besar di bagian atas, housing foglamp dengan bentuk yang lebih prestisius, tambahan Spoiler pada bumper depan dan belakang, logo Mazda di bagian depan belakang, serta adanya side moulding dan side skirt pada sisi sampingnya.

Bicara tampilan interior, Mazda VX-1 juga mendapatkan upgrade berupa jok kulit premium, dan lapisan wood panel dibeberapa bagian yang membuatnya terkesan lebih luxury dibandingkan saudara kembarnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mengetahui pasaran harga bekas Mazda VX-1 per Oktober 2021 dari salah satu situs jual beli mobil bekas, mobil ini kini ditawarkan mulai dari Rp85 jutaan.

Tertarik untuk membelinya? Sebelum berniat meminangnya, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Mazda VX-1 berikut ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Ertiga Dreza, MPV Mewah yang Harganya Tak Kunjung Murah

Kelebihan Mazda VX-1

1. Selain Bertenaga, Mesin Mazda VX-1 Memiliki Tingkat Durabilitas yang Tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Mazda VX-1, Saudara Kembar Ertiga dengan Harga Bekas Lebih Murah 01

Mazda VX-1 dibenamkan mesin K14B

Mazda VX-1 ini disematkan jantung pacu berkodekan K14B kepunyaan Ertiga. Secara data, mesin DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 valve Multi Point Injection ini mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 95 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 130 Nm @4.000 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Bicara dapur pacu K14B yang ada di Mazda VX-1, selain bertenaga untuk menaklukkan berbagai medan, mesin ini juga memiliki tingkat durabilitas yang tinggi.

2. Konsumsi BBM Mazda VX-1 Tergolong Irit!

Kelebihan dan Kekurangan Mazda VX-1, Saudara Kembar Ertiga dengan Harga Bekas Lebih Murah 02

Konsumsi BBM Mazda VX-1 terbilang irit

Bila dibandingkan dengan Avanza dan Xenia, konsusmsi bahan bakar Mazda VX-1 terbilang lebih efisien. Untuk penggunaan dalam kota, diketahui mobil ini mampu menempuh jarak 12-13 km/liter. Berbeda jika mengemudikannya di jalur bebas hambatan dengan kecepatan konstan, Mazda VX-1 dapat meraih angka konsumsi BBM mencapai 18 km/liter.

3. Mazda VX-1 Memiliki Suspensi yang Empuk dan Handling Cukup Baik

Kelebihan dan Kekurangan Mazda VX-1, Saudara Kembar Ertiga dengan Harga Bekas Lebih Murah 03

Suspensi Mazda VX-1 terbilang empuk dan stabil

Memakai suspensi berjeniskan MacPherson Strut with Coil Spring di roda depan serta Torsion Beam with Coil Spring di bagian belakang, terbukti menghasilkan ayunan yang empuk ketika melewati jalanan berkontur. Hebatnya, meskipun suspensinya ini terbilang empuk, ternyata handling yang dihasilkan cukup baik. Dengan begitu, kejadiaan understeer maupun body roll pada mobil ini bisa dikatakan minim.

4. Fitur Mazda VX-1 Tergolong Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Mazda VX-1, Saudara Kembar Ertiga dengan Harga Bekas Lebih Murah 04

Interior Mazda VX-1

Sebagai mobil keluarga jenis Low MPV, Mazda VX-1 disematkan fitur yang terbilang cukup lengkap. Mengenai fitur unggulan yang dimiliki, mobil ini telah mendapatkan Head Unit Double Din yang didukung dengan format CD Player, MP3 Player, USB maupun AUX in iPod/iPhone. Di bagian setir, terdapat Audio Steering Switch yang akan memudahkan pengemudi untuk melakukan pengaturan pada sistem audio tanpa harus melepas lingkar kemudi.

Selain itu, mobil ini juga berhasil disematkan layar MID pada Instrument Cluster, Power Window, Electric Mirror with Retractable, AC Double Blower, Tilt Steering, Electric Power Steering, Seat Sliding, reclining dan height adjuster (driver).

Mengenai fitur keselamatan, Mazda VX-1 mendapatkan Side Impact Beam, Collapsible Steering Column, Dual Front SRS Airbags, Anti-Lock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta seatbelt di setiap bangkunya.

Untuk keamannnya, mobil ini mendapatkan Power Door Locks, Immobilizer dan Security Alarm.

5. Spare part Mazda VX-1 Murah dan Mudah Ditemukan

Kelebihan dan Kekurangan Mazda VX-1, Saudara Kembar Ertiga dengan Harga Bekas Lebih Murah 05

Spare part Mazda VX-1 sama seperti Ertiga mudah ditemukan dimana-mana

Bicara spare part, kalian tidak perlu khawatir. Walaupun mobil ini menggunakan logo Mazda, spare part yang digunakan sama seperti yang dipakai oleh Suzuki Ertiga. Selain mudah ditemukan dimana-mana, harga spare part Mazda VX-1 terbilang terjangkau meksipun sedikit lebih mahal dibandingkan Avanza-Xenia.

Baca juga: Bingung Pilih Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bekas atau Daihatsu Sigra 1.2 R AT Baru di Budget Rp150 Jutaan? Ini Jawabannya!

Kekurangan Mazda VX-1

1. Kaki-kaki Depan Lemah

Kelebihan dan Kekurangan Mazda VX-1, Saudara Kembar Ertiga dengan Harga Bekas Lebih Murah 06

Kaki-kaki Mazda VX-1 terbilang lemah

Sama seperti Suzuki Ertiga, Mazda VX-1 memiliki kelemahan di bagian kaki-kaki depannya. Mengingat bobot kendaraan ini cenderung lebih berat di depan selain kontruksi mesin yang diletakan di depan, mobil ini juga menggunakan penggerak FWD.

Kaki-kaki bagian depan Mazda VX-1 yang seringkali mengalami perbaikan adalah ball joint, bushing, tie rod serta shockbreaker.

2. Jok Baris Ketiga Terbilang Sempit

Secara dimensi, Mazda VX-1 memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Hadir sebagai Low MPV 7-seater, baris ketiga mobil ini terbilang sempit untuk penumpang dengan tinggi badan di atas 170 cm. Dengan begitu, baris ketiga mobil ini sangat cocok disinggahi anak-anak ketika berpergian bersama keluarga.

3. Jok Baris Kedua Tidak Bisa Dilipat

Kelebihan dan Kekurangan Mazda VX-1, Saudara Kembar Ertiga dengan Harga Bekas Lebih Murah 07

Jok baris kedua Mazda VX-1 tidak bisa dilipat

Biasanya jok baris kedua mobil jenis Low MPV bisa dilipat untuk mengakomodir keluar masuk penumpang baris ketiga dengan mudah.

Tidak dengan Mazda VX-1, mobil ini yang bisa dilipat hanyalah jok pada baris ketiganya. Untuk memudahkan keluar masuk penumpang baris ketiga, jok baris keduanya hanya bisa digerakan maju dan mundur.

Kesimpulan

Mengenai kelebihan dan kekurangan Mazda VX-1 berhasil kami sampaikan di atas. Pada intinya, mobil ini memiliki fitur, performa, serta gaya berkendara yang sama persis dengan Suzuki Ertiga. Untuk kelemahannya, mobil keluarga ini pada umumnya kerap kali muncul dari bagian kaki-kakinya.

Perlu kalian ketahui, untuk harga bekas Mazda VX-1 saat ini dibandrol sedikit lebih murah dari Suzuki Ertiga. Apabila kalian tidak terlalu memperdulikan merek, Mazda VX-1 bisa menjadi pilihan mobil keluarga yang tepat.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Ertiga Dreza, MPV Mewah yang Harganya Tak Kunjung Murah

 

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Suzuki Ertiga GA MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru