Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi!

Enda · 20 Sep, 2021 18:00

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi! 01

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS pikup

Selain L300, PT MMKSI juga mempunyai Mitsubishi T120SS yang merupakan kendaraan niaga di segmen muatan ringan. Perlu kalian ketahui, seluruh dealer Mitsubishi kini sudah tak lagi menyediakan dan menjual T120SS pikup. Produksi terakhir model ini terjadi pada akhir Januari 2019.

Sebagai rebadge dari Suzuki Carry, alasan mengapa mobil ini tak lagi dijajakan oleh MMKSI kepada konsumen Tanah Air karena sepinya minat serta adanya penerapan aturan mesin berstandard Euro4. Seperti yang diketahui, dapur pacu yang digunakan Mitsubishi T120SS generasi terakhir masih mengaplikasikan standar Euro2 walaupun sudah menggunakan kombusi injeksi.

Baca juga: Adu Spesifikasi DFSK Super Cab Vs Suzuki Carry, Mana yang Lebih Bisa Diandalkan?

Tertarik meminang Mitsubishi T120SS dalam kondisi bekas untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari? Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Mitsubishi T120SS pikup berikut ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kelebihan Mitsubishi T120SS Pikup

1. Performa Mitsubishi T120SS Cukup Bisa Diandalkan

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi! 01

Mitsubishi T120SS mengandalkan mesin 4G15 Euro2

Meskipun jantung pacu yang digunakan hanya lolos uji emisi standar Euro2, kenyataannya tingkat performa yang dihasilkan mobil ini terbilang cukup bisa diandalkan. Secara data, T120SS generasi terakhir dibenamkan mesin berkodekan 4G15 Multi Point Injection (MPI) yang memiliki 4 silinder segaris, 12 valve, 1.468 cc dengan meraup tenaga 86 PS @5.750 rpm serta torsi puncak yang dihasilkan sebesar 120 Nm @3.750 rpm. Bicara tingkat percepatannya, mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Dari segi mesin dan tenaga, mobil ini sangat mumpuni untuk digunakan sebagai kegiatan usaha. Dengan mesin yang bertenaga, tentunya bisa menjadi sebuah nilai lebih yang ditawarkan oleh mobil ini untuk membantu kelancaran bisnis sehari-hari.

2. Mitsubishi T120SS Diklaim Lebih Irit Bahan Bakar Dibandingkan Beberapa Rivalnya

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi! 02

Mitsubishi T120SS diklaim lebih irit bahan bakar

Konsumsi bahan bakar yang efisien merupakan salah satu daya tarik konsumen untuk meminang suatu produk dijajakan.

Bicara konsumsi bahan bakar, Mitsubishi T120SS terbilang cukup irit bila dibandingkan dengan beberapa rivalnya. Seperti beberapa sumber menyebutkan, untuk penggunaan BBM jenis bensin, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 13 km/liter.

Bahan bakar irit yang diperoleh mobil ini tentunya didukung dengan sistem pembakaran multi point injection (MPI). Meskipun efisien, performa yang dihasilkan tetap selalu bisa diandalkan.

3. Mampu Menahan Beban Hingga 800 Kg, Mitsubishi T120SS Hadir dengan Bak 3-Way

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi! 03

Kargo Mitsubishi T120SS pikup

Dimensi kargo Mitsubishi T120SS memiliki lebar panjang 2.200 mm, 1.480 mm, dan tinggi 300 mm. Dengan deck tersebut, mobil ini mempunyai kapasitas volume 976 liter. Untuk berat beban yang ditanggung, mobil ini mampu menampung berat hingga 800 kg.

Agar akomodasi menaikan dan menurunkan barang pada bak terasa lebih mudah, beberapa modelnya sudah mengaplikasikan bukaan 3-way yang selain dari belakang, juga bisa dibuka dari sisi sebelah kanan maupun kiri.

4. Ketersediaan Suku Cadang Mitsubishi T120SS Melimpah

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi! 04

Spare part Mitsubishi T120SS pikup melimpah

Bicara soal suku cadang, ketersediaan spare parts Mitsubishi T120SS ini masih sangat melimpah meskipun mobilnya sudah tak lagi diproduksi. Jika tidak menemukan spare part yang dicari, kalian bisa mencari persamaan milik Suzuki Carry. Mengingat mobil ini memakai platform serta beberapa peranti yang sama dengan Carry lama.

Bukan cuma itu saja, harga spare part yang dijajakan juga terbilang sangat terjangkau, sehingga kalian tidak perlu khawatir akan menguras isi dompet terlalu dalam.

5. Kaki-kaki Mitsubishi T120SS Terbukti Badak

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi! 05

Kaki-kaki Mitsubishi T120SS pikup handal

Pada bagian kaki-kaki, Mitsubishi T120SS disematkan suspensi model Mac Pherson Strut Coil Independent pada bagian depan, serta Semi Elliptic Leaf Spring di roda belakangnya. Untuk lingkar rodanya sendiri memakai velg R13 yang diselimuti ban berprofil165/R13-8PR. Bicara kaki-kakinya, mobil ini memiliki tingkat durabilitas yang cukup tinggi.

Baca juga: Wujudnya Terlihat Sama, Ini Perbedaan Isuzu Bison dengan Mitsubishi L300

Kekurangan Mitsubishi T120SS

1. Tarikan Awal Terbilang Lemot

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi! 06

Tarikan awal Mitsubishi T120SS pikup lemot

Bila membandingkan dengan beberapa rivalnya, angkatan awal Mitsubishi T120SS ini terasa lebih lemot. Dengan begitu apabila dimuati beban yang sangat berat, khawatir mobil tidak bisa melajutkan perjalanannya.

2. Fitur Keselamatan Sangat Minim

Sebagai kendaraan niaga, Mitsubishi TS120SS memang tidak memiliki banyak fitur bagi penggunanya. Secara keseluruhan, mobil ini hanya memilliki fitur standar bagi penggunanya baik dari segi keselamatan, keamanan maupun kenyamanan.

Untuk keselamatan pengguna, Mitsubishi T120SS hanya dilengkapi dengan seatbelt saja tanpa ada tambahan keamanan lainnya.

Bicara dari segi keamanan dan kenyamanan, mobil ini jauh dari kesan mewah dan nyaman. Karena pada dasarnya T120SS dihadirkan secara khusus dengan tingkat durabilitas yang baik untuk menunjang kegiatan bisnis sehari-hari.

Namun sebagai catatan, mobil ini telah menggunakan rem cakram di roda depan dan drum brake di roda belakang. Dengan begitu pengguna akan merasa lebih nyaman ketika melakukan deselerasi terlebih sedang membawa muatan yang cukup berat.

3. Beban Ringan Membuat Mitsubishi T120SS Seperti Melayang dan Mudah Selip

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi! 07

Dalam muatan kosong Mitsubishi T120SS pikup terasa sangat ringan

Bobot daripada Mitsubishi T120SS terbilang ringan. Tak ayal apabila dalam keadaan tanpa muatan penggunananya merasakan limbung ketika memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi. Bukan hanya itu saja, beban yang ringan disaat tidak membawa barang acap kali membuat pengemudi kehilang traksi ketika menanjak.

Kesimpulan

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi T120SS pikup berhasil kami jelaskan di atas. Pikup muatan ringan pesaing Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max ini untuk generasi terakhirnya yang diproduksi pada 2019 harga bekasnya kini ditawarkan Rp75 jutaan.

Menurut kami, mobil niaga ini masih sangat layak dipilih untuk menunjang kegiatan bisnis sehari-hari. Selain efisien dalam hal konsumsi Bahan bakar, memiliki tingkat durabilitas yang cukup tinggi, spare part mobil ini juga masih melimpah di pasaran.

Hanya saja mobil ini memiliki torsi yang lebih kecil dibandingkan kompetitornya sehingga akan terasa cukup lemot pada tarikan awalnya. Disis lain, beban mobil ini juga terbilang ringan sehingga mudah spin disaat tidak membawa muatan.

Baca juga: Daihatsu Gran Max Pick Up 1.3 Vs 1.5, Mana yang Cocok Untuk Bisnis?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru