Kelebihan dan Kekurangan Nissan Livina X-Gear, Crossover Kompak yang Terjangkau

Enda · 20 Jun, 2022 16:00

Kelebihan dan kekurangan Nissan Livina X-Gear

Nissan Livina X-Gear dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan sebuah mobil hatchback kompak berpenampilan tangguh sekaligus macho. Pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2008, varian X-Gear ini dibangun berdasarkan Livina XR yang sanggup dimuati hingga 5 orang sekaligus dengan menyuguhkan ruang kabin lapang.

Secara penampilan, Nissan Livina X-Gear mendapat tambahan kosmetik di area fasadnya guna menampilkan kesan crossover. Seperti yang terlihat untuk eksteriornya, di bumper depan mendapat tambahan body kit serta diffuser.

Di sisi sampingnya juga mobil ini telah dilengkapi over fender serta body cladding yang membuatnya tampil gagah. Bukan cuma itu, dibagian atapnya pabrikan turut memberikan roof rail yang bisa dimanfaatkan untuk meletakan barang bawaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Untuk bagian buritannya, mobil ini tampak lebih gambot berkat disematkannya body kit pada bumper serta diffuser yang diberi sentuhan warna perak. Menengok sisi dalam kabin, Nissan Livina X-Gear tidak mendapatkan ubahan yang berarti bila dibandingkan dengan varian XR.

Bicara mengenai harga bekasnya, untuk pasarannya kini Nissan Livina X-Gear ditawarkan mulai dari Rp70 jutaan. Jika kalian tertarik membelinya, ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga: Bukan Cuma Nissan Grand Livina, Ini Deretan MPV 'Ceper' Buat Tampil Keren Ala Mobil Estate

Kelebihan Nissan Livina X-Gear

1. Berpenampilan Crossover, Nissan Livina X-Gear Lincah dan Nyaman Dikendarai

Kelebihan dan kekurangan Nissan Livina X-Gear

Nissan Livina X-Gear terasa nyaman digunakan

Dibangun berdasarkan model MPV nya yang dipendekan, Nissan Livina X-Gear ditujukan bagi kaum muda yang menyukai mobil kompak dengan tampilan tangguh. Memiliki panjang sekitar 4.175 mm, lebar 1.690 mm, serta tinggi 1.600 mm, mobil yang sanggup dimuati hingga 5 orang sekaligus ini terasa lincah untuk dikendarai berkat dimensinya yang kompak.

Melihat segi kapasitas daya angkutnya, mobil ini juga memiliki daya tampung besar di area bagasi sehingga mampu mengakomodir barang dengan jumlah banyak. Bicara akan gaya berkendara, Livina X-Gear terasa nyaman berbanding terbalik dengan crossover lain di zamannya yang terkesan stiff untuk ayunan suspensi yang dihasilkan.

Sebagai informasi, untuk suspensinya Nissan Livina X-Gear menggunakan McPherson Strut plus stabilizer di depan dan Torsion Beam di belakang yang dilengkapi fitur ripple control pada shockbreakernya.

Oh iya, untuk joknya mobil ini memiliki busa yang tebal sehingga membuat setiap orang yang berada didalamnya merasa nyaman dan tidak mudah lelah ketika sedang melakukan berpergian keluar kota. Saat membawa barang banyak pun tidak perlu khawatir, selain menyuguhkan ruang bagasi luas, jok baris keduanya juga bisa dilipat rata dengan lantai kabin.

2. Stabil Saat Diajak Bermanuver

Kelebihan dan kekurangan Nissan Livina X-Gear

Nissan Livina X-Gear terasa stabil

Racikan antara sistem peredam kejut serta sasis monokok yang digunakan, menjadi keunggulan lain dari mobil ini. Selain menghasilkan bantingan yang empuk, untuk rasa berkendara mobil ini pun cukup stabil saat melakukan manuver dengan minimnya gejala body roll.

Disisi lain, pengemudi juga merasa dimudahkan ketika memarkirkan kendaraan di tempat sempit karena putaran setirnya yang ringan serta memiliki tekukan tajam.

3. Fitur Nissan Livina X-Gear Cukup Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Nissan Livina X-Gear

Fitur Nissan Grand Livina X-Gear terbilang lengkap

Bisa dibilang Nissan Livina X-Gear memiliki fitur yang lengkap. Di zamannya mobil ini berhasil diaplikasikan head unit 2din dengan format CD Player, Radio AM/FM dengan koneksi AUX. Selain itu, didalamnya kalian juga bisa menjumpai adanya AC dengan beberapa arah semburan, deffoger, electric mirror dan tilt steering.

Tak hanya itu, guna memberikan perlindungan kepada penggunanya, pabrikan juga melengkapinya dengan SRS airbags serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS).

4. Nissan Livina X-Gear Pre-facelift Mudah dan Murah Dalam Perawatan

Kelebihan dan kekurangan Nissan Livina X-Gear

Mesin HR15DE Nissan Livina X-Gear

Sama seperti pesaing terdekatnya, Nissan Livina X-Gear turut dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc. Jantung pacu berkodekan HR15DE 4-silinder segaris DOHC 16 valve yang digunakan sanggup memeras tenaga 111 PS @6.000 rpm serta torsi 143 Nm @4.400 rpm. Untuk performa yang dihasilkan, pada tarikan atas mobil ini terasa responsif.

Bicara akan perawatannya, Livina X-Gear pre-facelift lebih mudah dan murah dalam perawatan. Pasalnya untuk transmisi maticnya masih konvensional 4-percepatan, berbeda dengan varian facelift yang telah menggunakan CVT. Pilihan lainnya, mobil ini juga ditawarkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

5. Konsumsi BBM Nissan Livina X-Gear Lumayan Irit

Kelebihan dan kekurangan Nissan Livina X-Gear

Konsumsi BBM Nissan Livina X-Gear cukup irit

Menyoal konsumsi bahan bakar, Nissan Grand Livina X-Gear terbilang irit. Seperti yang diketahui untuk pemakaian dalam kotanya mobil ini sanggup menempuh jarak 10-12 km/liter. Sedangkan untuk pemakaian luar kotanya, beberapa pengetesan yang pernah dilakukan mobil ini dapat mencatatkan jarak tempuh hingga 14-16 km/liter.

Baca juga: Penyakit Khas Nissan Grand Livina, Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

Kekurangan Nissan Grand Livina X-Gear

1. Mesin Mudah Ngelitik

Kelebihan dan kekurangan Nissan Livina X-Gear

Nissan Livina X-Gear sering timbul gejala ngelitik

Kekurangan yang kerap kali dialami pengguna Nissan Livina X-Gear yakni timbul suara ngelitik dari mesin atau knocking, yang tentunya juga dapat mengurangi performa kendaraan. Selain itu gejala tersebut jug bisa menyebabkan kerak karbon menumpuk di ruang bakar.

Guna menghindari kejadian timbul suara ngelitik, kalian diwajibkan untuk memakai bensin dengan RON di atas 91 minimal Pertamax. Bukan cuma itu, pemilik juga diharuskan melakukan tune up paling tidak 3 bulan sekali untuk menjaga performa pada mesin.

2. Nissan Livina X-Gear Lemah di Kaki-kaki Depan

Nissan Livina X-Gear juga punya beberapa penyakit khas, salah satunya kaki-kaki depan mudah rusak. Seperti yang sering dirasakan pemiliknya, kaki-kaki bagian depan timbul suara aneh menandakan bahwa bushing arm, ball joint, tie rod dan karet-karet lainnya membutuhkan peremajaan. Untuk menjaga keawetan, setiap melewati jalan yang berkeriting sebaiknya selalu mengurangi kecepatan serta jangan terlalu sering membawa beban berat.

3. Punya Banyak Sensor, Jangan Sembarangan Melakukan Modifikasi

Kelebihan dan kekurangan Nissan Livina X-Gear

Sensor transmisi Nissan Livina X-Gear

Dibandingkan dengan mobil Jepang lainnya, Nissan Livina X-Gear membutuhkan sedikit effort dalam hal perawatan. Karenanya mobil ini memiliki teknologi serta sensor yang lebih rumit.

Untuk itu kalian tidak boleh sembarangan melakukan modifikasi kelistrikan seperti menambah audio serta sistem pencahayaan jika tidak dilakukan oleh orang yang bergerak di bidangnya. Karena tidak cuma satu kejadian pemilik yang mencoba melakukan modifikasi pada sistem kelistrikannya justru membuat rusak sensor bahkan ECU.

Kesimpulan

Informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Nissan Livina X-Gear berhasil kami sampaikan melalui ulasan di atas. Secara konklusi, mobil ini masih cocok digunakan hingga saat ini untuk kalian yang sedang mencari sebuah hatchback perkotaan terjangkau, nyaman dengan penampilan crossover.

Namun yang perlu diperhatikan sebelum meminangnya, paling utama kalian diharuskan untuk mengecek kaki-kaki depan serta memastikan kelistrikan dalam kondisi standar. Oh iya, untuk spare part Nissan Livina X-Gear ini mempunyai kesamaan dengan model Low MPV nya. Di pasaran suku cadang mobil ini masih mudah ditemukan, namun terbilang sedikit lebih mahal untuk harganya jika dibandingkan dengan rivalnya.

Baca juga: Cek Komponen Ini Sebelum Beli Nissan Grand Livina

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru